hal yang harus dipersiapkan menjelang lebaran


lebaran sebentar lagi nih sahabat inspiratif. Mungkin ada yang sudah mudik,ada juga yang belum. Ngomong-ngomong udah ada persiapan apa nih? sebelum menyiapkan apa yang ada di otak kalian, sayogand punya beberapa hal pokok yang harus dipersiapkan saat lebaran. Mau tau? Cekidot :

1.Rapikan Rumah

Ini salah satu hal wajib agar saat bersilaturahmi tamu yang datang akan betah berlama lama di rumah kita.Bukan hanya ruang tamu, kalau perlu seluruh ruangan mulai dari kamar,gudang,ruang tengah,ruang makan,kamar mandi,taman, pokoknya semua deh! tamu memang singgah di ruang tamu, tapi tokh apa salahnya membuat tempat tinggal sama bersihnya dengan hati kita? Makanya,ajak keluarga kalian untuk bergotong royong membersihkan rumah

2.jangan membeli kue, buatlah sendiri bersama keluarga!


Ini juga salah satu hal yang harus dilakukan. Kan gak enak kalau tamu datang sedangkan di rumah tidak ada cemilan apapun. Maka dari itu,buatlah kue bersama keluarga. Di hari-hari biasa anggota keluarga sibuk dengan kesibukan masing-masing. Dengan membuat kue bersama, rasakan kebersamaan yang jarang dinikmati keluarga!

3.Baju baru? Yang lama juga tidak masalah

Cobalah berfikir untuk tidak menghambur-hamburkan uang orang tua. Gunakan baju yang lamapun tak masalah.Yang penting bisa bersilaturahmi dengan orang terdekat.
*Ada sedikit tips buat laki-laki.
Belilah baju koko yang kebesaran,jadi bisa dipakai 3 atau 4 kali lebaran. Bagian tangan kepanjangan? lipat sampai pergelangan tangan. Atau malah bagian lengan sudah terlihat kekecilan? jangan beli baru....lipat saja sampai mendekati sikut. Nah,setidaknya dengan begitu kita tidak harus membeli baju lebaran tiap tahunnya dan tidak membebani orang tua

4.Tidak harus pulang kampung

Saya yakin,pasti sahabat inspiratif banyak yang mudik. Apakah setiap tahun harus mudik? tidak.
Saya sarankan mudik cukup 2 atau 3 tahun sekali. Kenapa?
Tahukah kalian bahwa kendaraan yang kalian gunakan itu merusak lingkungan? belum lagi kalau macet... kendaraan tidak bergerak, asap yang di produksi sama banyaknya. Ozon menipis,bumipun semakin panas. Apakah kalian berfikir sampai kesana? Manfaatkanlah teknologi di zaman sekarang. Sudah ada chatting,handphone,3G,Facebook,Twitter,dan masih banyak alat komunikasi lainnya. Murah pula. Ayo dong, hilangkan kebiasaan mudik setiap tahun !

5.Belajarlah untuk saling memaafkan,meski merasa belum pernah punya kesalahan

apa salahnya meminta maaf dan memaafkan? Cobalah meringankan beban di pikiran kalian. Rasakan perbedaan ketika kalian bermaafan dengan kepala yang penat dengan kepala yang fresh .

6.Jangan Rakus!

Mentang-mentang tetangga sebelah kaya raya dan menawarkan makanan yang menggiurkan, kalian makan seenaknya dan lupa silaturahmi. Jangan begitu. Rasakan keindahan Idul Fitri, bukan "kenikmatan" Idul Fitri.

7.Telepon,bukan SMS

Ini juga sesuatu kebiasaan buruk anak muda yang mau murah. waktu lebaran malah kirim-kirim sms ke banyak orang atau bahasa gaulnya "SendAll". Padahal ini salah. Apakah yakin orang yang di "SendAll" itu akan memaafkan kesalahan kita? Fikirkan silaturahmi dan rasa kebersamaan, jangan cuma memikirkan pulsa!

8.Maafkan kesalahan saya, sahabat inspiratif....

Ini paling penting...hehe. Empunya blog juga ingin meminta maaf kepada para sahabat inspiratif terutama apabila sayogand pernah menyinggung kalian atau mungkin merasa dirugikan.....mohon dimaafkan...

"MINAL AIDIN WALFAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN"
-Sayoga de`Radeons-


3 komentar:

  1. aku mudik setahun sekali, malah orang tua aku bisa mudik ampe 2 kali setahun ==" haha

    ReplyDelete
  2. Mudik tanpa persiapan bisa bikin susah dikampung halaman

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.