Hati-hati dalam menyebut " GAN " !


Dari judulnya saja sudah terdengar sedikit konyol. Ya,sebutan kata "GAN" sudah begitu familiar di telinga para kask*ser. Meski saya sendiri bukan seorang kask*ser,tetapi saya juga rajin dalam menyabut rekan saya dengan panggilan "gan".

Suatu saat saya memanggil teman saya dengan sebutan "gan!". Tidak tahu kenapa,dia tiba-tiba marah. Loh? Apa yang salah? Setelah kejadian konyol itu,saya browsing di internet dan mencari tahu apa penyebabnya. Dan hasilnya ..... nothing.

Cuma sedikit pengetahuan yang saya dapat. Kata "Gan" atau "Agan" itu sebetulnya diambil dari sebutan JURAGAN. Saya juga tidak tahu kenapa kata "juragan" disebut-sebut terus di kask*s,mungkin saja kask*s dulunya adalah tempat nongkrongnya para juragan minyak tanah sembari menunggu setoran dari anak buahnya....hehehe :D

Karena hanya itu yang saya dapat dari internet,akhirnya saya menemui teman saya itu dan meminta maaf karena telah sembarangan memanggil nama orang. Sambil nongkrong bareng di sebuah kafe,saya menanyakan permasalahan konyol yang mengganjal terus di kepala saya.

(A=saya             B=teman saya)

A: "kenapa sih nggak mau dipanggil 'gan'?"

B: "orang tua gue udah susah payah bikinin nama buat gue. Lah,elu dengan enaknya manggil gue 'gan'...."

A: "Tapi elu kan kask*ser,di kask*s pasti elu biasa dipanggil 'gan' kan?"

B: "Ya itu di kask*s, di sana gue kask*ser. Orang mau manggil gue 'gan' kek, orang mau manggil gue 'bro' kek, terserah dah.... tapi di dunia nyata, gue itu tetep gue"

A: "Tapi kata 'gan' tu udah jadi mayoritas,apa salahnya?"

B: "Mayoritas? Jadi, kalo mayoritas orang-orang pada ngomong anj*ng gobl*k,  lu bakal ngikutin? Gitu? Elu harus bisa nyaring budaya,mana yang bagus dan mana yang nggak. Kita orang Indonesia,pake dong bahasa Indonesia yang bener. Kalo di Internet sih,terserah dah. Disana kita kan bebas berekpresi. Tapi kalo di dunia nyata, elu harus jadi elu sendiri."

A: "lha,kenapa kata 'gan' disama-samain ama anj*ng gobl*k? 'Gan' itu cuma singkatan dari juragan....ya kan?"

B: "lu tau gak juragan itu apaan?orang yang kerjaannya cuma duduk di teras rumah sambil nunggu sore. Pas udah mau maghrib,dia ngambil uang hasil kerja keras orang lain. Dan gue gak suka disama-samain ama orang kayak gitu."

Wow,luar biasa. Saya berdecak kagum. Benar juga, kasihan orang tua kita sudah bersusah payah menciptakan nama untuk kita agar berbeda dengan orang lain. Tidak sepantasnya kita dipanggil / memanggil kata 'juragan' di dunia nyata. Kalau di dunia maya kita bebas berekpresi. kita bisa menyebut kata 'gan' dimana-mana. Tetapi di dunia nyata, kita adalah kita. Jangan sembarangan menyebut 'gan'

Saya tidak bermaksud membuat kask*ser sakit hati, saya hanya ingin sedikit mengkritik kalau para kask*ser terlalu egois. Mereka menggunakan bahasa-bahasa (yang biasa mereka gunakan di kask*s) di sembarang tempat. Dan sebetulnya hal ini membuat orang-orang seperti saya (yang bukan kask*ser) kebingungan. Gunakanlah bahasa awam dan dimengerti orang banyak. Meskipun anda seorang kask*ser sejati. Saling menghargai lah,tokh pada kenyataannya tidak sedikit orang Indonesia yang marah ketika dipanggil 'gan'

Semoga bermanfaat, jangan tersinggung ya .... kask*ser atau bukan, we are friends  ^^

2 komentar:

  1. hhe, ya biasa lah mas..

    saya juga pernah dimarahin temen nyebut lol..

    dianggap nyebut tolol, padahal lol = ngakak..

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.