7 Tips Jitu Menghadapi Ulangan


Pasti ada yang merasa takut atau tegang saat menghadapi ulangan. Baik itu ulangan tengah semester,ulangan umum,ulangan harian,atau mungkin ujian nasional. Hal itu biasanya hanya kan terjadi pada anak yang tidak belajar. Dan alasan anak yang tidak belajar adalah : susah. Saya bingung,padahal belajar itu mengasyikkan kalau dibawa asik. Memang,ada beberapa anak yang susah menyerap pelajaran yang diberikan guru di sekolah. Untuk itu , saya akan memberikan tips agar pelajaran mudah diserap otak. Ok, lets check it out :

7.Belajar kelompok

Tahu kan? Belajar kelompok adalah cara belajar yang paling efisien karena kita bisa belajar dengan enjoy dan santai. Apabila penjelasan di buku kurang jelas,kalian bisa menanyakan teman kalian untuk menjelaskannya. Dan kalian akan merasakan ilmu yang cepat terserap dari pembicaraan teman kalian itu.Cobalah!

6.Mendengarkan instrumen musik saat belajar

Musik disini bukan musik–musik sejenis lagu lagu yang sedang hits. Ya,ini bukanlah lagu-lagu yang berlirik,tapi yang hanya berisi instrumental. Tanpa ada suara vokal. Kenapa? Karena musik instrumental terbukti meningkatkan kinerja otak kalian. Kalau kalian kesulitan mencari lagu yang pas,mungkin beberapa bulan lagi de`Radeons band akan meluncurkan album instrumental song. Wait for us!

5.Browsing

Apabila penjelasan di buku kurang jelas dan kalian tidak punya teman yang bisa ditanya,bertanyalah pada abah google. Wawasan kalian pasti akan bertambah pesat secara tidak sadar.

4.Belajar

Oh....yang ini sudah pasti. Baca buku.pelajaran seperti matematika butuh latihan. Carilah buku latihan dan latihan sebanyak-banyaknya agar kalian semakin mahir.Apabila ada yang harus dihafal,hafalkanlah. Dan apabila terlalu banyak yang harus dihafal,hafalkanlah jauh jauh hari sebelum ulangan. Semalam sebelum ulangan,ingat-ingat kembali apa yang kalian hafalkan.

3.Jaga kesehatan

Tidak terbayang apabila kalian belajar,menghafal,atau mengerjakan ulangan sambil terbatuk-batuk atau bersin-bersin. Kalian tidak akan bisa konsentrasi. Jangan sampai kelelahan,banyak istirahat dan jangan lupa makan makanan bergizi. Saya sarankan makan ikan. Saya kurang tahu spesifikasi gizi dari ikan,tetapi ikan memang terbukti bisa meningkatkan kinerja otak. Tidak percaya? Lihat orang Jepang.

2.Matikan handphone

Sadarkah kalian sudah diperdaya oleh teknologi?  Handphone adalah pengganggu prestasi nomor 1 bagi kalian. Tarif sms yang terlampau murah membuat kalian seenaknya mengirim sms kemanapun kalian mau. Padahal hal Ini sudah menyebabkan 60% orang Indonesia jadi kurang produktif.Lupakan handphone pada saat-saat dimana kalian harus belajar keras menghadapi ulangan!

1.Tingkatkan ibadah

Berdoa,berikhtiar,shalat malam,ayo tingkatkan ibadah!


Jangan lupa kepada sang Maha Pencipta. Berdoalah dan terus berdoa, Mudah-mudahan kalian diberi kemudahan dalam mengisi ulangan nanti dan mudah-mudahan hasilnya memuaskan.Selamat belajar Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.