tips merawat baterai laptop



Kemarin saya baru saja mendengar kabar buruk dari teman saya. Katanya laptopnya tidak mau menyala dan ia meminta saya yang memperbaikinya. Setelah saya periksa agak lama, ternyata motherboardnya benar-benar tidak berfungsi sama sekali. Pada awalnya saya bingung mengapa bisa terjadi hal seperti ini? Padahal ia bilang kalau sebelumya ia masih wi-fi an dengan santai di kampusnya

Setelah agak lama saya wawancara, ternyata ada sebuah kesalahan. Ia salah cara menggunakan baterai. Ingatlah bahwa baterai laptop itu ada sangkut pautnya dengan listrik. Dan apabila salah menggunakan, maka laptop anda lah yang akan menjadi korban. Ok,untuk membuka mata anda seputar masalah baterai laptop, pada kesempatan yang berharga ini saya akan berbagi ilmu tentang beberapa tips untuk merawat dan menggunakan baterai laptop yang benar agar baterai laptop anda awet dan tahan lama. OK, berikut tips-tipsnya:


7.Jangan pernah mencabut baterai

Jangan pernah mencabut baterai laptop. Kenapa? Bukannya penggunaan baterai laptop secara terus-menerus dapat merusak laptop? Bukannya pada charger terdapat kotak switching power supply yang berfungsi untuk menyaring daya dan melindungi laptop dari bahaya kontak listrik?

Begini ... saya akan jelaskan satu persatu.

Sebenarnya, switching power supply yang terdapat pada kabel charger itu berfungsi untuk mengkonversi daya agar asumsi listrik yang dipasok ke dalam laptop benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Sampai sini mengerti?

Lalu daya yang sudah di konversi di kotak switching power supply itu akan di kirim melalui kabel kecil yang kemudian akan di masukkan ke motherboard dan baterai. Motherboard dan baterai menggunakan sistem paralel, artinya apabila salah satu komponen rusak (baterai) , maka komponen yang lainnya (motherboard) masih berfungsi normal.

Namun, lama kelamaan motherboard ini akan mengalami kerusakan karena seluruh daya yang dipasok langsung dikirim ke motherboard tanpa ada pembagian daya. Satu-satunya cara adalah menggunakan baterai tanpa harus melepasnya.

Tetapi apabila anda menggunakan baterai secara terus menerus juga baterai anda akan rusak. Jadi? Harus bagaimana? Ini memang salah satu konsekuensi dalam menggunakan laptop. Setelah 3 atau 4 tahun anda akan mengalami masalah ini. Saya memberi sedikit bocoran;

-Apabila motherboard anda rusak, setidaknya anda harus mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli motherboard yang baru.

-Apabila baterai anda rusak, maka setidaknya anda harus mengeluarkan uang ratusan ribu untuk menyuntik baterai anda agar kembali pulih.

Silahkan anda pilih  :D

6. Gunakan kipas eksternal

Tahu benda yang satu ini kan? Ya,benda ini dijual dimana-mana. Terutama di toko laptop. Lantas apa hubungannya baterai laptop dengan kipas angin?

Kipas adalah mesin yang bisa membuat udara menjadi dingin. Betul tidak? Nah,salah satu hal yang bisa membuat laptop rusak adalah panas laptop yang panasnya bisa merambat ke baterai laptop. Dan pada akhirnya panas itu merambat hingga ke cairan yang ada di dalam baterai. Seperti yang anda ketahui, panas dapat bereaksi dengan cairan. Maka baterai anda akan mengalami kebocoran. Maka kipas eksternal akan membantu mengurangi panas yang di hasilkan laptop anda yang akan berpengaruh pada awet tidaknya baterai laptop anda.

5. Matikan laptop ketika dalam proses men-charge

Memang banyak teori yang berkata tentang “menyalakan laptop sambil mencharge laptop hukumnya sunnah (boleh dilakukan, boleh tidak)”. Tetapi saya yang berfikir secara realita dan melihat kenyataan orang-orang Indonesia yang menggunakan laptop secara “kurang manusiawi” , saya menyarankan anda untuk mematikan laptop anda ketika mencharge laptop agar proses supply daya menjadi lebih efisien.

4. Gunakan sistem operasi windows

Maaf nih, bukannya bermaksud promosi. Tetapi menurut penelitian saya, sistem operasi windows adalah sistem operasi berfitur perawatan baterai terbaik. Silahkan dicoba bila tidak percaya  :)

3. Gunakan software battery care dan local cooling

Saya akan jelaskan satu persatu.

Battery care adalah software khusus untuk memonitoring kemampuan baterai laptop anda. Alhasil kemampuan laptop anda tidak mudah berkurang.software battery care dapat anda download di sini

Sedangkan software local cooling sebenarnya ditujukan untuk para greeners seperti saya. Jadi software ini berguna untuk mengurangi penggunaan daya komputer anda. Alhasil baterai anda jadi lebih awet dan tahan lama. Software local cooling dapat anda download di sini

Apabila kedua software ini digunakan bersama-sama maka akan saling melengkapi.

2. Belajar “shortkey”

Apabila anda menggunakan netbook pasti anda akan menemukan tombol untuk menonaktifkan trackpad. Ya kan? Mengapa harus ada tombol itu? Orang awam pasti tidak akan menggunakan tombol itu dan akan berfikir bahwa tombol itu diciptakan hanya untuk melawak. Padahal tidak. Tombol ini sangat berguna untuk mengurangi konsumsi daya. Ya,tentu saja. Trackpad juga menyerap daya yang tidak sedikit. Dengan mematikan trackpad maka penggunaan baterai anda akan lebih efisien.

Lantas apabila tidak ada trackpad,apa yang bisa kita lakukan?

Banyak sekali

Maka dari itu saya ingin anda belajar shortkey. Sortkey adalah sebuah teknik pengoperasian komputer hanya dengan keyboard. Jadi anda mengoperasikan apapun dengan sebuah keyboard. Mungkin nanti saya akan memposting tentang shortkey yang lebih spesifik lagi. Maka dari itu, stay up to date ya!

1.Matikan hardware yang tidak perlu

Mematikan speaker,meredupkan layar,dan menonaktifkan fungsi usb (apabila sedang tidak dibutuhkan) adalah salah satu cara untuk mengawetkan kemampuan baterai anda. Dengan begitu konsumsi daya yang digunakan komputer anda akan semakin kecil dan kemampuan baterai anda dalam men-suppy daya ke laptop anda akan menjadi lebih efisien.


Itulah tips-tips sederhana  yang dapat saya berikan untuk mengawetkan baterai anda. Namun perlu diingat, sebesar apapun usaha anda mengawetkan baterai laptop anda, dalam jangka waktu 1 tahun setidaknya kemampuan baterai anda PASTI akan merosot sekitar 20 % . Tips-tips di atas hanya membantu anda untuk mengurangi resiko tersebut.


Semoga bermanfaat, salam SAHABAT INSPIRATIF !!!

4 komentar:

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.