tips merawat laptop



Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi soal cara merawat laptop agar laptop anda lebih awet. Berikut tips-tipsnya :


7. Jangan pernah menginjak laptop anda


Jangan pernah menginjak laptop anda, jangan pernah merubah laptop kesayangan anda menjadi alas duduk, jangan pernah merubah laptop kesayangan anda menjadi bantal saat tidur, dan jangan biarkan laptop kesayangan anda tertimpa kamus kedokteran. Ingatlah monitor laptop anda sangat tipis dan bisa retak dalam waktu sekejap mata.

6.Jauhkan dari anak kecil


Berhati-hatilah karena menurut pengalaman saya, anak kecil adalah hacker terbaik sepanjang masa. Seorang hacker profesional sekiranya butuh waktu minimal 10 menit untuk merusak komputer seseorang. Sedangkan seorang anak kecil hanya butuh waktu 5 menit untuk merusak laptop saya dengan jurus air liurnya -_-“

5. Jauhkan dari magnet


Jauhkan laptop anda dari magnet, televisi,radio, atau apapun yang mengandung gelombang-gelombang yang bisa bereaksi dengan komponen-komponen laptop anda untuk mengurangi resiko kerusakan komponen secara mendadak.

4. Jauhkan laptop anda dari cairan apapun


Laptop adalah suatu alat yang komponen-komponennya menggunakan listrik. Apabila anda menumpahkan kopi ke laptop maka otomatis komponen-komponen yang ada di dalamnya akan mengalami konsleting. Dan apabila sudah terjadi kerusakan yang fatal seperti itu maka anda harus membawa laptop anda ke tukang servis untuk diperbaiki.

3.Jangan membongkar laptop anda sendirian


Percayakan pada tukang servis yang sudah ahli dalam memperbaiki laptop. Jangan coba-coba untuk memperbaiki sendiri laptop anda yang rusak !

2.Jangan miring !


Maksudnya pangku laptop anda  dengan benar. Mengapa? Karena di beberapa laptop, harddisk tidak dipasang dengan baik. Apabila anda memangku laptop anda dengan posisi “miring” , maka posisi harddisk anda pun akan bergeser kesana kemari. Apabila harddisk anda bergerak-gerak maka kemungkinan besar socket harddisk yang sangat tipis itu akan terlepas. Apabila socket itu terlepas, maka harddisk tidak akan bisa digunakan lagi ( tidak terdeteksi bios ). Apabila hal ini sudah terlanjur terjadi maka cepat bawa ke tempat servis laptop untuk segera diperbaiki.

1.Hindari “on/off”



Hindari penggunaan laptop secara terus menerus. Misalnya pagi ini anda mengetik skripsi, lalu dimatikan. Siangnya anda nyalakan lagi untuk bermain game, lalu dimatikan lagi. Malamnya anda nyalakan lagi untuk browsing, lalu dimatikan lagi. Laptop memang diciptakan untuk portabilitas, jadi sudah kebal dengan berbagai suhu. Tetapi sebenarnya penggunaan laptop yang membuat “panas dingin” lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada komponen internal pada laptop anda.


Hanya sebatas itu saya bisa membagi ilmu saya pada kali ini. Namun jangan khawatir. Apabila ada waktu saya akan terus berbagi ilmu dengan anda. Maka dari itu stay up to date ya, sahabat inspiratif!


Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.