Digital Audio Workstation Windows Terbaik



Kali ini saya akan membahas seputar dunia musik digital recording dalam ruang lingkup sistem operasi windows. Setelah postingan saya sebelumnya tentang persiapan alat alat untuk rekaman, tips memilih hardware komputer recording, dan tips memilih sistem operasi untuk recording, maka anda akan dihadapkan sebuah masalah baru : software apa yang akan digunakan?

Jawabannya : Sangat banyak

Hingga saat inipun saya masih asyik berburu software. Hal ini dikarenakan saya tinggal di Bandung yang mayoritas orang-orangnya hanya sekedar suka main musik tapi tidak suka dunia teknologi dan komputer. Dan pada akhirnya saya pusing 7 keliling saking susahnya mencari software yang saya inginkan.

Saya beri sedikit clue, hal utama yang harus anda beli adalah DAW atau digital audio workstation. Karena DAW itu seperti kamar tidur anda. Sebelum mempersiapkan kasur,meja,dll pasti anda menyiapkan kamarnya dulu kan? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit tentang DAW yang terbaik karena DAW dalam ruang lingkup windows itu sangat banyak dan saya yakin anda pasti kebingungan memilihnya. Mudah-mudahan postingan kali ini bisa membantu anda. Langsung saja, kita review satu persatu dari yang paling mudah digunakan sampai yang paling rumit :

1.Audacity

DAW ini adalah software paling mantab, karena sangat mudah dipelajari. Dalam waktu 2 jam anda pasti bisa menguasai software ini. Software ini tersedia gratis! Dan ukurannya sangat ringan, hanya 10 MB! Setelah itu anda pun bisa menyimpan software ringan ini di flashdisk, karena software ini bersifat portable alias bisa digunakan tanpa harus repot-repot menginstallnya. anda bisa mendownload software audacity ini dengan cara klik di sini.

2.Sony Acid


Kalo software yang ini saya belum pernah pakai. Tetapi de`Radeons band pernah rekaman di suatu studio yang menggunakan software ini. Dan hasilnya, sangat jernih dan memuaskan. Cukup memuaskan untuk sound engineer pemula.

3.Adobe audition


Software besutan Adobe yang satu ini lumayan powerful. Meskipun masih banyak kelemahan terutama dalam hal midi yang begitu membingungkan. Selain itu software ini juga berbayar.

4. Steinberg Cubase


Software buatan steinberg ini begitu asyik digunakan. Harganya yang terjangkau dan penggunaannya yang sangat mudah menjadi nilai plus bagi software ini. Namun sayangnya cubase diciptakan hanya untuk audio. Sehingga untuk membuat video klip yang powerful anda harus membeli software baru.

5. Steinberg Nuendo


Dianggap sebagai DAW paling professional. Para ahli audio banyak yang menggunakan software ini untuk kepentingan pembuatan background musik. Software ini sudah sangat perfect. Hanya saja ukurannya yang agak memakan harddisk ( sekitar 8 giga ) lalu anda harus merogoh kocek untuk mengupgrade processor ke 2.0 GHz.


Itulah dia nominasi DAW terbaik. Dari sekian banyak DAW saya menyarankan anda untuk menggunakan salah satu software yang saya sarankan di atas sesuai dengan spesifikasi komputer anda.

Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Digital Audio silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4188/1/Dokumen%20Presentasi.pdf

    ReplyDelete
  2. @Rizka Muslimaturrohman : Oke, terimakasih infonya, sudah saya baca dan cukup informatif :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.