Bintang Inspirasi


Halo sahabat inspiratif! Sedang mencari inspirasi? Sepertinya anda datang ke situs yang tepat karena kali ini saya akan memberi tahu suatu benda yang bisa memberi inspirasi bagi anda.

Bintang

Ya, benda inspiratif ini sering kita jumpai pada malam hari jika tidak tertutup awan. Anda tahu mengapa benda ini inspiratif?

Definisi aslinya seperti ini : “bintang adalah suatu benda yang dapat memancarkan cahayanya sendiri”

Seperti yang kita rasakan, mempelajari sesuatu dengan definisi dan teori yang bahasanya kaku seperti itu sangat membosankan. Mari kita lihat bendanya langsung dan mari kita komentari benda ini dalam hati masing-masing.

Orang bilang bintang bentuknya seperti gambar di atas. Namun kenyataannya itu hanya khayalan orang-orang masa lalu saja. Mari kita belajar untuk berimajinasi dan membuat bentuk bintang yang baru sesuai dengan imajinasi kita. Coba bayangkan, benda sekecil itu, apabila kita dekati maka bentuknya akan seperti apa? Ambillah sebuah kertas dan coba gambarkan bentuk bintang yang ada di otak anda. Seabstrak mungkin.

Sebagai contoh, ini adalah imajinasi saya. Menurut saya bentuk bintang itu seperti ini :


Lucu? Tertawalah. Karena inspirasi berasal dari otak yang rileks.

Nah, sekarang anda tatap bintik-bintik bintang itu. Anda merasakan sesuatu? Yap, pasti ada sebuah kenangan di masa lalu ketika anda sedang melakukan hal yang sama.mungkin anda akan teringat semasa anda masih berumur 5 tahun dan berkhayal bisa memetik  bintang itu satu persatu.

Apabila anda ingin menangis, menangislah. Apabila anda ingin tersenyum, tersenyumlah. Karena inspirasi itu datang dari suasana hati yang emosional.

Sekarang coba ambil lagi kertas yang barusan anda corat-coret. Belakang kertas itu masih bersih kan? Cobalah buat satu buah kata. Tidak sulit bukan? Buatlah satu kata lagi di sebelahnya. Lakukan hal mudah itu berulang-ulang hingga secara tidak sadar anda sudah berhasil membuat sebuah kalimat. Buat lagi kalimat dibawahnya. Buat lagi dibawahnya. Lakukan terus sesuka hati anda sampai hati anda berkata bahwa semua kalimat ini sudah selesai. 

Baik anda baru saja membuat sebuah puisi. Anda masih belum mengerti? Coba lihat contoh puisi dadakan buatan saya ini :

Kota Malam

Semacam api yang baru saja tertiup nafas manusia
Bumi menggelap
Tanah menghitam
Aku hanya bisa terdiam di atas tanah yang sederhana ini
Sembari melihat ke langit-langit yang indah itu
Sembari menatapi angin yang risau itu
Aku menarik nafas panjang
Mataku meredup
Orang-orang di bawah embun bersalju itu masih saja lalu lalang
bekerja banting tulang
untuk memberi
sebutir padi untuk anaknya masing-masing
terkadang aku hanya bisa melamun
dibalik kaca ini, siapakah yang salah?
Apakah Tuhan?
Ataukah kota redup ini?

Nah, sudah ada gambaran? Buatlah sebebas-bebasnya. Tak ada yang akan membaca puisi anda dan tak akan ada yang menertawakan puisi anda.

Nah, sekarang dimanakah inspirasinya?

Coba perhatikan kertas yang ada di depan anda. Di salah satu sisinya ada gambar bintang dan satunya lagi penuh tulisan dengan bahasa puitis yang saya yakin pasti sangat indah. Gabungkan dengan semua kenangan masa lalu anda.

Apakah anda tahu apa maksud saya menyuruh anda melakukan hal-hal yang aneh? Ini bukan hal yang aneh. Coba anda lihat lagi kertas yang ada di depan anda. Itu adalah suatu karya, karya hasil kreatifitas anda. Mengapa kreatifitas itu datang? Ya, karena ada inspirasi.

Masih juga belum mengerti ya?

Cobalah untuk membaca ulang dari awal, ulangi, ulangi, dan ulangi hingga akhirnya anda paham,

“Tidak perlu berusaha keras mencari inspirasi. Tetaplah rileks dan berusahalah untuk tidak terlalu terkonsentrasi pada satu hal. Karena inspirasi sebenarnya ada di dalam diri anda. Alam dan keadaan sekitar adalah pemicunya.”

-sayogand-

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.