Tips Memilih Sekolah


Tahun ajaran baru sudah dekat nih sahabat, sekiranya pada mau ngelanjutin sekolah kemana? Bingung? Coba baca postingan sayogand kali ini. Mudah – mudahan membantu buat anak – anak dan para orang tua yang lagi kebingungan menjelanga tahun ajaran baru.

Memang, ada banyak sekolah di setiap daerah. Namun yang manakah yang harus dipilih? Terkadang kita tidak tahu mana yang terbaik buat diri kita sendiri. Bahkan ada juga yang bilang, “halah,sekolah sih gimana nanti aja. Sekarang sih belajar aja yang bener”. Ok, pernyataan seperti itu tidak salah. Namun sayogand menyarankan agar lebih baik mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memasuki suatu sekolah karena sekolah akan berpengaruh besar terhadap masa depan kita atau anak – anak kita. Baik, berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah :

1.Biaya


Tentu saja. Biaya adalah hal nomor satu yang harus kita perhatikan. Cari tahu berapakah biaya yang diperlukan untuk  masuk suatu sekolah. Sesuaikan dengan ekonomi keluarga. Ada sekolah yang gratis, dan ada juga yang berbayar bahkan sampai 3 juta perbulannya. Biasanya semakin mahal maka berarti semakin bagus sekolah tersebut. Namun kalau ekonomi tidak mendukung ya jangan dipilih.

2. Kenyamanan


Coba survei ke sekolah tujuan dan coba lihat lingkungannya. Kalau terlalu kumuh ya jangan dipilih, karena sudah pasti tidak baik bagi kita atau anak kita. Dan, jangan lupa tanyakan juga kepada murid – murid disitu, “apa gak enaknya sekolah di sekolah ini?” dan biasanya mereka akan memberi jawaban yang membuat anda jadi lebih memperhitungkan lagi “waduh sekolah disini gak enak banget. Gurunya killer semua, pelit nilai semua, ngejelasin materi gak jelas semua...huhuhu”

3. Kurikulum


Hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah kurikulum. Biasanya sekolah yang kurikulumnya tinggi akan lebih baik. Tapi kalau otak tidak mendukung ya jangan dipaksakan karena kedepannya pasti akan semakin buruk.

4.Lokasi


Ya, terkadang lokasi menjadi salah satu faktor terpenting dalam prestasi anak. Semakin jauh sekolah, maka semakin cepat lelah, semakin cepat lelah maka akan malas untuk belajar dan lebih memilih untuk beristirahat saja. Namun kalau terlalu dekat dengan rumah juga buruk. Karena anak akan cepat bosan dan ia tidak akan pernah bisa mengeksplor tempat yang luas. Yah,, ibarat katak dalam tempurung lah...

5. Luas sekolah dan fasilitas bukanlah perhitungan!


Percayalah! Tidak sedikit sekolah internasional yang luas sekolahnya Cuma beberapa meter saja dan minim fasilitas.

Ok, cukup sampai disini saja. Mudah mudahan 5 poin diatas bisa membantu anda memilih sekolah agar masa depan lebih cerah lagi. Salam SAHABAT INSPIRATIF !

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.