Akibat Terlalu Sering Mengupil


Barusan ada yang request, 

”bang sayogand, maaf pertanyaannya agak jorok. Ngupil itu berbahaya nggak sih? Apa efek sampingnya? Benarkah kalau kita keseringan mengupil maka kita akan cepat mati? Trimz sebelumnya.”

Wah, sebelumnya terimakasih dulu nih, pertanyaannya unik sekali. Yup, ngupil adalah kebiasaan manusiawi. Rasanya kalau tidak mengupil maka saluran pernafasan kita akan mudah kotor dan mudah tersumbat. Tetapi, apakah benar ada mitos yang mengatakan “semakin sering mengupil, maka semakin besar resiko kematian” ?

Setelah agak lama browsing akhirnya saya dapat jawabannya. Mitos yang dikatakan di  masyarakat luas itu BENAR, apabila kita sering mengupil maka kita akann cepat mati. Mengapa bisa begitu? Sebelum saya jelaskan alangkah baiknya anda membaca beberapa akibat yang akan terjadi jika anda terlalu banyak mengupil :

1.Mudah sakit

Mengapa mudah sakit? Ya karena tangan kita adalah salah satu bagian tubuh yang kotor. Betul kan? Bayangkan saja dari pagi hari anda memegang bermacam – macam benda yang kotor, mulai dari besi pagar yang berkarat, uang, handphone, tombol lift, gagang pintu toilet umum, dll. Tangan anda begitu kotor bukan? Nah, sekarang bayangkan jutaan kuman yang telah bersarang di tangan anda itu masuk ke hidung anda, lalu masuk ke tubuh anda dengan mudahnya. Nah, baru sadar kan?

2. membuat bulu hidung rontok

Lho? Terus apa hubungannya? Tentu saja berhubungan, anda tahu kan fungsi dari bulu hidung ini? Ya, untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam tubuh, supaya udara yang masuk ke dalam tubuh hanyalah udara – udara yang bersih saja, sedangkan kotorannya tidak bisa masuk. Nah, dengan rontoknya bulu hidung ini maka virus akan mudah masuk ke dalam tubuh anda karena pada hidung tidak ada penyaringnya. Parah kan?

Nah, dari 2 poin di atas, dapatkah diambil kesimpulan mengapa mengupil menyebabkan kematian? Hmm...kalau poin ini beda lagi. Resiko kematian kita akan bertambah jika terlalu sering mengupil, karena di hidung manusia ada sebuah tulang yang disebut ethmoid. Tulang jenis ini berguna untuk memisahkan hidung dari otak. Apabila saat kita mengupil kita menusuk tulang ini, maka cairan di otak akan bocor dan kita akan mati. Mengerti?

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.