Cara Membuat Drive Baru dari Folder


Nah, kali ini kita beralih ke dunia teknologi. Dari judulnya apa sudah tertebak? Belum? Ok, saya jelaskan.

Jadi kali ini kita akan mencoba membuat sebuah drive baru yang merupakan shortcut ke suatu folder. Misalnya kita akan membuat sebuah drive baru, misalkan saja drive “Z”. Namun anda tidak ingin membuat partisi baru. Tujuannya ya untuk mempercepat akses ke folder yang anda anggap penting. Ingat, kita akan membuat DRIVE bukan PARTISI.

Masih juga belum mengerti? Ok, kita langsung praktek saja agar anda mengerti. Saya menggunakan windows 7, tetapi apabila anda menggunakan windows XP juga saya yakin pasti bisa.

1.Pertama – tama persiapkan folder yang akan dirubah menjadi drive. Apabila anda punya 2 partisi, system di drive C dan file di drive D, maka saya sarankan anda menyimpan folder yang akan dijadikan drive itu di drive D saja dan tidak usah disimpan di dalam folder lagi ( Sebenarnya disimpan di folder manapun tidak masalah, namun saya hanya ingin memberi anda jalan termudah ). Lalu jangan lupa nama foldernya di rename saja menjadi satu kata. Karena sesuai dengan pengalaman saya, folder yang diberi nama 2 kata atau lebih tidak bisa dijadikan drive. Oh ya, nama foldernya jangan pakai simbol – simbol atau karakter yang aneh-aneh. Karena nanti akan sulit untuk menulisnya di command prompt.

2. Nah, apabila anda sudah menyiapkan foldernya dengan benar, sekarang saatnya anda membuka command prompt.

3. Lalu ketikkan subst Z:*Lokasi folder yang akan dijadikan drive baru*
Contoh :
Subst Z: G:\sayogand

4. Kalau sudah yakin benar, tekan enter

5. kalau ada pesan gagal berarti ada yang salah dalam penginputan data barusan. Coba ulangi saja lagi sampai berhasil.

6. Tidak ada pesan error? Langsung saja cek ke my computer. Ada drive baru kan? Dan ketika anda kik maka itu akan menuju ke folder yang anda pilih barusan. Selamat !!

7. Nah, kalau sudah begitu, bagaimana cara menghapusnya? Ingat, ini bukan PARTISI, tapi DRIVE yang bisa anda hapus kapan saja tanpa khawatir akan terjadi kerusakan harddisk. Sebenarnya caranya sangat mudah, anda hanya tinggal membuka command prompt , lalu ketikkan subst Z: /d


Selesai deh  :)  semoga bermanfaat  :)

3 komentar:

  1. terima kasih atas infonya jangan lupa mampir kesini http://www.unsri.ac.id

    ReplyDelete
  2. Ada masalah Mas, gimana kalau nama folder yang ingin dijadikan drive itu, penamaannya menggunakan space, misalnya kita ingin menjadikan folder yang bernama "Data 2013" sebagai drive.

    dibantu diemailkan ya solusinya...
    terima kasih,

    email: ridho.andika@gmail.com

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.