Tips Menghadapi Kenaikan BBM


BBM naik? Hmm...rakyat biasanya hanya bisa mengeluh. Toh pada akhirnya mereka akan terbiasa dengan harga BBM yang naik. Ingatlah, BBM naik adalah suatu kebijakan yang dibuat pemerintah dan saya yakin pasti ada maksud baik dibalik semua ini. Namun meski begitu saya tetap prihatin pada rakyat rakyat kecil yang masih meratapi kesengsaraannya. Kasihan kan mereka semakin sulit mendapatkan sesuap nasi...

Nah, meski begitu kita sebagai manusia harus berani positif thinking. Mungkin dengan naiknya harga BBM justru malah menambah pendapatan negara sehingga semakin besar uang nominal yang disumbangkan ke rakyat miskin. Bisa saja kan? Yah, asalkan tidak ada koruptor  :D

Ok, postingan kali ini masih berhubungan dengan naiknya harga BBM. Biasanya ketika BBM naik harga maka barang-barang yang lainpun akan terbawa-bawa jadi mahal. Nah, untuk mengantisipasi semua itu, saya akan memberikan tips bagaimana cara menghadapi lonjakan harga BBM agar keuangan anda tidak terganggu :

1.Simpan tabungan anda di rekening dengan baik


Ini merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran anda. Dengan begitu maka keuangan anda tidak akan memburuk meski harga BBM naik.

2. Kurangi jalan-jalan


Apabila anda biasa jalan-jalan saat weekend, saya sarankan dikurangi saja karena dengan banyak berkendara maka bensin kendaraan anda akan cepat habis. Dengan begitu maka anda akan sering membeli bensin. Boros dong. Kendaraan umum pun pasti akan naik tarif. Jadi alangkah baiknya anda kurangi kebiasaan jalan-jalan saat weekend. Tetapi kalau jalan-jalannya tanpa menggunakan kendaraan sepertinya tidak masalah.

3. Unsubscribe!


Mengerti tidak? Maksudnya mulailah berhenti berlangganan koran, TV satelit, Majalah, atau apapun yang tidak terlalu penting. Saya sarankan mulailah beralih ke internet. Dengan internet anda bisa mendapatkan informasi teraktual, hiburan yang menyenangkan, dan artikel-artikel menarik yang bisa menambah wawasan anda. Dan saya yakin, dengan berhenti berlangganan koran, TV satelit, Majalah, dll maka pengeluaran anda akan berkurang. Dengan begitu saya yakin keuangan anda tidak akan memburuk meski harga BBM naik terus.

4. Belajar masak sendiri


Buat yang belum bisa masak sendiri nih...saya sarankan belajar masak dari sekarang. Kenapa? Karena dengan memasak makanan sendiri maka ujung-ujungnya akan lebih murah dan bisa mengurangi pengeluaran anda. Lagipula dengan makan di rumah maka anda tidak perlu lagi menggunakan kendaraan untuk pergi ke rumah makan. Hemat deh...

5. Gunakan peralatan hemat listrik


Ya, ini juga merupakan salah satu cara agar pengeluaran anda jauh lebih terkontrol. Dengan begitu iruan listrik bulanan anda akan mengecil dan bisa mengurangi pengeluaran anda. Dengan begitu, meskipun harga BBM naik, keuangan anda tidak akan terganggu.

5. Ayo jalan kaki!


Mulailah hidup sehat dengan jalan kaki. Apabila jarak dari rumah anda ke kantor kurang dari 3 Km saya sarankan jalan kaki saja. Selain mengemat ongkos, kesehatan anda di masa tua juga jadi lebih terjamin. Ayo jalan kaki!

Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...