Mengaktifkan Software Visual Basic yang Tersembunyi Dalam Microsoft Office


Beberapa waktu yang lalu saya meminjam buku panduan visual basic dari perpustakaan. Setelah saya baca beberapa halaman saya sedikit kebingungan. Yah mungkin karena dalam mempelajari pemrograman haruslah disertai dengan praktek. Sedangkan di komputer saya tidak ada software visual basic.

Akhirnya saya pergi ke sebuah kios software. Saya tanyakan apakah ada software visual basic . . . dan ternyata software tersebut sedang kosong. Katanya software itu akan tersedia minggu depan. Padahal waktu pinjam buku visual basic saya ini tinggal 5 hari lagi.

Akhirnya saya pulang dan mengoprak – ngaprek komputer saya. Dan beberapa jam kemudian saya menemukan software visual basic yang ternyata sudah terinstall di komputer saya! Bagaimana bisa?

Ternyata software visual basic itu sudah ‘ built in ‘ di microsoft office. Namun ya . . . visual basic ini berbeda dengan visual basic biasanya. Visual basic ini tidak lengkap. Kalau tampilan sih hampir sama, hanya saja banyak fitur – fitur yang hilang. Bahkan pilihan ‘ save to .exe ‘ saja tidak ada.

Seperti inilah tampilan visual basicnya

Tapi ya lumayan lah untuk pemula yang ingin mengenal visual basic J

Penasaran? Langsung saja akan saya jelaskan cara mengaktifkan software visual basic dari microsoft office :

1. Silahkan anda buka microsoft office anda. Boleh microsoft word, microsoft excel, atau powerpoint.

2. Tekan tombol office di sudut kiri atas.

3. Pilih word option.

4. Apabila kurang paham, anda bisa melihat ilustrasi berikut ini :

Perhatikan Lingkaran warna merah


5. Maka akan muncul jendela baru. Silahkan anda centang opsi “ show developer tab in the ribbon “



6. Setelah itu tekan OK.

7. Nah, sekarang sudah ada tab Ribbon baru bernama “ developer “. Ya kan?

8. Coba klik ribbon tersebut lalu lihat menu paling kiri bernama “ visual basic “

9. Kalau anda belum paham sihalhkan lihat ilustrasi berikut ini :



10. Selamat mencoba!

Komentar