Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Programmer



Programmer adalah salah satu profesi yang paling dihindari para laki – laki. Mengapa? Ya karena biasanya para programmer itu adalah laki – laki yang workaholic alias maniak kerja. 

Sedangkan laki – laki yang doyan kerja jumlahnya sangat sedikit. Mayoritas laki – laki lebih suka hiking, berolahraga, atau bermain bola ketimbang berdiam diri di depan komputer.

Belum lagi menjadi seorang programmer adalah hal yang tidak mudah. Perjuangan untuk mempelajari keahlian programming sangatlah besar. Tidak sembarangan orang bisa menguasai dunia programming. Banyak sekali orang yang tumbang di tengah perjalanan dikarenakan tidak kuat dengan berbagai logika dan hitungan yang luar biasa rumit.

Bagi anda yang merasa memiliki kemampuan otak alias IQ lebih pasti cocok bekerja di bidang ini. Nah, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa saja yang harus dikuasai seseorang untuk menjadi seorang programmer.

1. Disiplin



Mempelajari bahasa pemrograman tidaklah mudah. Anda harus sering – sering berlatih agar bisa menguasai bahasa tersebut. Belum lagi ketika memasuki dunia kerja anda dituntut bekerja dengan sangat cepat. Dengan kata lain, anda haruslah menjadi orang yang disiplin berlatih agar mampu bersaing di dunia kerja nantinya.

2. Logika Tinggi



Disamping disiplin anda juga harus memiliki logika yang tinggi. Handa harus mampu berhitung dengan cepat dan harus mempu berfikir cepat. Inilah dia kunci menjadi seorang programmer handal.

3. Kreativitas



Terkadang ketika menjadi seorang programmer anda dituntut untuk mendesain software sekaligus membuat programnya sendirian. Itu artinya anda haruslah memiliki kreativitas yang tinggi agar software anda bernilai tinggi.

4. Bahasa Pemrograman



Nah, jika anda sudah menguasai ketiga poin diatas, saatnya anda mempelajari bahasa pemrograman. Jika anda ingin membuat program yang berjalan di atas sistem operasi windows, maka saya sarankan pelajarilah visual basic .NET. Namun jika anda ingin membuat program untuk gadget semacam smartphone, maka bahasa pemrograman java merupakan pilihan yang tepat. Sebenarnya masih banyak lagi bahasa pemrograman yang bisa anda pelajari seperti bahasa C, Delphi, netBeans, dan bahasa – bahasa pemrograman yang lainnya. Jika ada waktu saya akan menuliskan artikelnya.

5. Sabar



Sebuah program tidak akan lengkap tanpa database. Anda tahu bagaimana cara membuat database? Jika ada waktu saya akan jelaskan pada anda apa itu database dan bagaimana cara membuatnya. Pokoknya ketika anda mengenal database, anda dituntut harus ekstra sabar.


Baiklah saya rasa cukup sekian saja penjelasan saya mengenai kemampuan apa saja yang dibutuhkan seorang programmer. Semoga bermanfaat bagi anda yang berminat meniti karir di dunia TI dan menjadi seorang programmer. Salam!

7 komentar:

  1. semoga yang posting dapat pahala

    BalasHapus
  2. gusti randa bo'ne27 Maret 2013 15.44

    thanks tips2nya...ox qt ini kuliah ambil jurusan SI dan pengen skli jadi seorang programmer

    BalasHapus
  3. @gusti randa bo&39;ne : ok, mudah-mudahan bisa jadi programmer yang sukses dan mampu berinovasi ya!

    BalasHapus
  4. gan bahasa netBeans tuh yang kayak gimana ya ?

    BalasHapus
  5. @Suhendar endar: Semoga sukses :) Salam kenal :)

    BalasHapus

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...