Tips Belajar yang Baik


Beberapa waktu yang lalu ada seseorang yang mengirim email kepada saya. Pertanyaan yang ia lontarkan cukup singkat namun menjadi pertanyaan yang paling sering dilontarkan para pelajar.

 
" Mas Sayoga, nama saya ***. Umur saya 15 tahun. Saya adalah seorang pelajar SMP di ******. Jujur saja sebagai pelajar saya merasa kesulitan menerima pelajaran – pelajaran SMP. Apa karena kurikulumnya terlalu tinggi dan gurunya kurang bagus atau memang saya yang bodoh ya? Sekalian mas, bagi – bagi tips belajar yang baik dan benar ya mas...hehe...makasih sebelumnya "

Ok, akan saya jawab.

 
Satu prinsip yang harus ditanamkan ke kepala seorang pelajar adalah di dunia ini tidak ada kata bodoh. Mungkin yang ada hanyalah malas. Jadi, janganlah berfikiran bahwa anda bodoh. Anda itu pintar. Hanya saja anda masih belum tahu bagaimana cara melatih kecerdasan anda itu.

 
Bicara soal kurikulum, jujur saja saya juga merasakan hal yang sama. Kurikulum SD, SMP, SMA, maupun SMK bisa dibilang "acak – acakan". Kadang terasa terlalu sulit, kadang terasa terlalu mudah. Tapi ya masalah ini harus kita telan bersama. Toh itu sudah jadi kebijakan pemerintah.

 
Nah, untuk menyiasatinya, rajin – rajinlah belajar dan membaca buku. Niscaya pelajaran – pelajaran yang sulit akan terasa ringan. Bagaimanakah cara belajar yang baik? Berikut saya berikan tips – tipsnya :


  1.  Pertama, anda harus enjoy. Jangan dibawa sulit karena nantinya malah akan kerasa sulit betulan.
  2.  Pernahkan anda mendengar pepatah "ikatlah ilmu dengan tulisan"? Ya, pepatah ini menyuruh anda untuk menuliskan ilmu yang baru saja masuk ke otak anda. Ibarat menangkap kijang dengan tali, menangkap ilmu pun membutuhkan 'tali pengikat' berupa tulisan. 'Pertama – tama tangkaplah kijang hingga tak berkutik lagi, lalu ikatlah dengan tali'. Apakah anda mengerti? Jadi pertama – tama pahami dulu materi yang anda pelajari, setelah itu baru tulis. Jangan asal tulis tapi anda tidak paham materinya. Itu sama saja bohong.
  3.  Apabila ada tugas, sepulang sekolah langsung dikerjakan agar tidak terlalu membebani di kemudian waktu. Namun jika tidak ada, baca kembali buku catatan anda untuk sekedar mereview materi pelajaran sepanjang hari itu.
  4.  Setengah jam sebelum tidur, bacalah buku pelajaran esok hari. Tidak usah sampai menghafal dan sebagainya, cukup baca sekilas saja.

Dengan kebiasaan seperti itu saya berani jamin anda akan lebih mudah memahami materi yang diberikan guru di kelas. Terimakasih kepada pembaca setia sayogand yang sudah mengirimkan email tersebut kepada saya. Mudah – mudahan artikel ini bisa menjawab pertanyaan tersebut, salam sahabat inspiratif!

Komentar