Alasan Mengapa Home Schooling Dihindari Para Orangtua



Home schooling adalah sekolah yang dilakukan di rumah. Mulai dari kegiatan belajar – mengajar hingga bermain, semuanya dilakukan di rumah. Memang, home schooling ini memiliki banyak sisi positif dalam berbagai aspek. Banyak orang yang menyekolahkan anaknya dengan home schooling. Namun sebelum anda memutuskan untuk menyekolahkan anak anda dengan home schooling, alangkah baiknya anda tahu beberapa konsekuensi yang harus anda terima.

1. Sosialisasi


Salah satu masalah yang akan diterima anak anda ketika ia disekolahkan dengan cara home schooling adalah masalah sosialisasi. Seperti yang anda tahu, home schooling bukan seperti sekolah umum yang memiliki banyak murid. Home schooling sama saja dengan bimbingan belajar secara privat. Anak anda tidak akan pernah belajar tentang kekompakan dan persahabatan. Dan pada akhirnya anak anda akan sulit untuk bermasyarakat di kemudian hari.

Untuk masalah yang satu ini Anda dapat menyiasatinya dengan cara mengenalkan anak pada lingkungannya dan membiarkan anak Anda mengikuti organisasi sosial atau komunitas-komunitas yang ada di lingkungan Anda.

2. Mahal


Home schooling menjamin anak anda menjadi lebih cerdas daripada anak – anak seumurannya. Home schooling akan memperlakukan anak anda secara khusus sehingga anak anda pun akan merasa nyaman. Namun dengan begitu iuran perbulan yang harus anda keluarkan juga akan cukup menguras dompet. Memang tidak semua home schooling biayanya mahal. Ada juga home schooling yang biayanya sukarela. Hanya saja home schooling dengan biaya terjangkau ini hanya berada di tempat-tempat tertentu. Di tempat saya pun bahkan tak ada.

3. Tantangan


Dengan menyekolahkan anak anda dengan cara home schooling, maka anak anda tidak akan mengenal persaingan antar pelajar. Anak anda tidak akan pernah disuruh maju ke depan kelas untuk membacakan pidato atau puisi pada saat pelajaran bahasa. Anak anda tidak akan pernah tahu berbagai masalah yang dihadapi para pelajar di sekolah umum.

4. Petualangan


Seperti yang kita tahu, anak – anak sangat menyukai sesuatu yang baru. Mereka senang berpetualang kesana kemari. Jika anak anda home schooling, maka anak anda cenderung tidak tahu lingkungan di sekitarnya. Mereka tidak akan pernah tahu betapa kerasnya kehidupan di jalanan, mereka tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya naik angkutan umum kesana kemari. Yah ... ibarat katak dalam tempurung.

 

Nah, setelah membaca beberapa poin di atas, apakah anda masih berniat menyekolahkan anda dengan cara home schooling?

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.