Cara Memasak Mie Instant yang Benar



Halo sahabat, kali ini saya akan sedikit share tentang makanan. Ya, sangat jarang dibahas di sayogand.

Mie instant. Makanan yang disukai semua orang termasuk saya. Namun, tahukah anda bahwa banyak bagian dari mie instant yang harus dihindari? Mayoritas orang – orang hanya asal membuat tanpa tahu efek sampingnya. Mari kita lihat prosedur yang benar tentang cara – cara membuat mie instant yang baik dan benar agar tidak merusak kesehatan :

1.Panaskan air.

2. Sambil menunggu air hingga mendidih, buka bungkus mie instantnya. Lalu tuangkan bumbu, sambal, dll di MANGKUK, jangan di AIR YANG DIPANASKAN barusan. Oh ya, minyaknya JANGAN DITUANGKAN. Gantilah minyak yang ada di dalam mie instant dengan MINYAK GORENG secukupnya saja.

3. Setelah airnya mendidih, rendam mie yang masih keras ke air mendidih tersebut. Tahukah anda mengapa prosedurnya begitu? Mie dalam kemasan bentuknya keras karena mie tersebut dilapisi oleh lapisan LILIN agar mie tersebut bisa awet dalam kemasan. Nah, ketika mie tersebut akan dimakan, maka lapisan lilin tersebut harus dilepas. Anda tahu kan lilin bisa meleleh dengan sesuatu yang panas? Nah, konsep itulah yang digunakan mie instant. Anda harus merendamnya di air yang panas agar lilin itu meleleh dan tidak menyatu lagi dengan mie.

4. Setelah itu tunggu hingga mie benar – benar empuk. Karena apabila mienya sudah benar benar empuk berarti 100 % lilin itu sudah meleleh. Kalau masih agak keras ya berarti masih ada zat lilin yang menempel.

5. Nah, apabila sudah benar – benar empuk jangan langsung di tuangkan ke mangkuk! Karena zat lilin tersebut bercampur ke air mendidih barusan. Maka dari itu warna airnya akan menjadi kuning. Air panas yang berwarna kuning itu BUANG SAJA karena air itu mengandung lilin. Saya sarankan buang ke luar rumah saja, jangan dibuang ke pipa saluran air karena air lilin itu bisa menyumbat saluran pipa suatu saat nanti.

6. Sekarang simpan mienya diatas bumbu – bumbu. Lantas aduk. Kalau mie goreng berarti sudah siap saji. Lha kalau mie rebus? Tenang saja. Panaskan air untuk yang kedua kalinya lalu tuangkan ke dalam mie rebus yang kering itu. Selesai.


Meski dengan rasa yang berbeda dan prosedur yang merepotkan, membuat mie instant dengan cara ini saya berani jamin tidak akan merusak kesehatan anda. Mohon maaf ya saya tidak bisa menyertakan fotonya, harap maklum saya masih dalam proses menabung untuk membeli kamera. Selamat makan semuanya  :)
baca selengkapnya...

Biodata Personil Super Junior



1.Park Jung – Soo (Leeteuk)

TTL : Seoul, 1 Juli 1983
Golongan darah : A
Tinggi badan : 178 cm
Berat Badan 59 kg

2. Kim Hee-Chul (HeeChul)

TTL : Gangwon, 10 Juli 1983
Golongan darah : AB
Tinggi Badan : 179 cm
Berat Badan : 60 kg

3. HanKyun (Hangeng)

TTL : Mudanjiang, 9 Februari 1984
Golongan Darah : O
Tinggi badan : 181 cm
Berat badan : 66 kg

4. Kim Kibum (Kibum)

TTL : Seoul, 21 Agustus 1987
Golongan darah : A
Tinggi badan : 177 cm
Berat badan : 58 kg

5. Choi Siwon (Siwon)

TTL : Seoul, 10 Februari 1987
Golongan darah : B
Tinggi badan : 183 cm
Berat badan : 65 kg

6. Lee Dong – Hae (DongHae)

TTL : Mekpo, 15 Okrober 1986
Golongan darah : A
Tinggi badan : 175 cm
Berat badan : 60 kg

7. Cho Kyu – Hyun (KyuHyun)

TTL : Seoul, 3 Februari 1988
Golongan darah : -
Tinggi badan : -
Berat badan : -

8. Kim Young Woon ( Kang-In)

TTL : Soul, 17 Januari 1985
Golongan darah : O
Tinggi badan : 180 cm
Berat badan : 70 kg

9. Lee Hyuk – jae ( EunHyuk)

TTL : Neunggok, 4 April 1986
Golongan darah : O
Tinggi badan : 176 cm
Berat badan : 58 kg

10. Lee Sung - Min ( SungMin )

TTL : Gyeonggi, 1 Januari 1986
Golongan darah : A
Tinggi badan : 175 cm
Berat badan : 57 kg

11. Kim Jong – Woon ( Yesung )

TTL : Cheonan, 24 Agustus 1984
Golongan darah : AB
Tinggi badan : 178 cm
Berat badan : 64 kg

12. Sin Dong – hee (SinDong )

TTL : MunYeong, 28 September 1985
Golongan darah : O
Tinggi badan : 178 cm
Berat badan : 90 kg

13. Kim Ryeo – Wook ( RyeoWook)

TTL : Incheon, 21 Juni  1987
Golongan darah : O
Tinggi badan : 173 cm
Berat badan : 58 kg
baca selengkapnya...

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur



Tidur yang berkualitas? Seperti apakah itu? Baik, sebelum saya berikan tips – tipsnya, saya akan menjelaskan sedikit tentang apakah itu ‘ tidur yang berkualitas ‘

Tidur yang berkualitas, maksudnya ya...tidurnya nyenyak. Jadi diibaratkan jika tidur biasa anda butuh waktu 8 jam untuk memulihkan kembali stamina anda, kalau dengan tidur yang berkualitas anda hanya butuh waktu 6 jam saja. Itu artinya ada pemanfaatan waktu dan ada peningkatan produktivitas karena anda akan lebih bersemangat.

Nah, sekarang masalahnya bagaimanakah caranya mendapatkan tidur yang berkualitas? Apakah sulit? Jelas tidak.

Nah pada artikel tips kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana caranya mendapatkan tidur yang berkualitas :

1.Matikan Semua Lampu


Maksudnya matikan lampu – lampu yang bisa mengganggu kualitas tidur anda. lampu kamar contohnya. Dengan mematikan lampu pada saat tidur, maka pada saat bangun anda akan merasa sangat segar, lebih segar dibanding menyalakan lampu.

2. Rapikan Kamar


Usahakan kamar rapi dan bersih. Sehingga ketika membaringkan diri, kepala anda tidak perlu pusing memikirkan betapa berantakannya kamar anda. oh ya, usahakan juga jangan ada komputer atau pekerjaan anda yang tergeletak di kamar, karena itu bisa mengurangi kualitas dan kenyamanan saat tidur.

3. Hindari olahraga 4 jam sebelum tidur


Saya sarankan 4 jam sebelum tidur anda selalu dalam posisi rileks agar kualitas tidur anda meningkat.

4. Tidur pada jam yang sama


Percaya tidak percaya, ternyata tidur malam pada jam yang sama bisa membuat kualitas tidur anda meningkat.


Hanya 4 poin saja yang bisa saya jelaskan disini. Semoga bermanfaat ya :)
baca selengkapnya...

4 Hal yang Paling Ditakuti Laki - Laki



Kalau ditanya, semua laki – laki di seluruh dunia paling takut pada Sang Maha Kuasa. Tapi ternyata disisi lain ada beberapa hal yang membuat hati kecil laki – laki menjadi runtuh alias ketakutan. Apa sajakah yang hal – hal yang paling ditakuti itu? Langsung saja Check it out :

4. Terkena Penyakit


Kalau Cuma sekedar batuk atau flu saja sih saya rasa mayoritas laki – laki tidak terlalu mempedulikannya. Maksudnya penyakit disini adalah beberapa penyakit yang bisa mengganggu kehidupan dan masa depan. Contohnya :
  • Kanker
  • AIDS
  • Impotensi
  • Dan berbagai penyakit menakutkan lainnya.


Percayalah bahwa mayoritas laki – laki sangat takut terkena penyakit parah. Tetapi mereka justru tidak mau peduli sebelum mereka ( atau kerabat terdekat mereka ) terkena penyakit tersebut.

3. Banci


Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan teman – teman saya, laki – laki sangat takut pada laki – laki yang berpenampilan seperti perempuan. Sungguh menjijikkan. Mayoritas laki – laki akan menghindar dari para banci yang berkeliaran. Tapi saya rasa poin ini tidak berlaku untuk kakek – kakek.

2. Gagal


Nah, pada poin ‘gagal’ ini  masih terbagi menjadi beberapa bagian :

-Gagal dalam berbisnis

Contohnya ditolak lamaran pekerjaan, usaha bangkrut, gagal menanam modal, dll

-Gagal dalam meniti karir

Contohnya saja anda bercita cita menjadi pemain bola. Sudah sejak kecil anda bermain bola hingga kini bola sudah menjadi sebagian dari hidup anda. Bulan depan anda akan diangkat menjadi anggota dari tim sepak bola favorit anda. Ternyata sebuah kecelakaan terjadi dan mengharuskan anda melakukan amputasi kaki karena kaki anda terluka sangat parah. Sungguh hal ini adalah hal yang paling ditakuti pria, dikala mereka gagal meniti karir dan menggapai cita – cita mereka.

-Gagal dalam hal percintaan

Yup. Saya rasa semua orang pasti sudah tahu hal ini. Contohnya saja cinta yang ditolak, putus dengan kekasih, atau bahkan anda mempersalahkan masalah umur anda yang sudah tua tetapi masih belum punya pasangan juga.

1.Homo


Ahem...ini adalah makhluk yang paling ditakuti oleh pria manapun di muka bumi ( termasuk saya ). No comment deh...
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Gigi - My Facebook



Berawal dari facebook baruku
Kau datang dengan cara tiba – tiba
Bekas kekasih lama yang hilang
Satu dari kekasih yang terbaik

Mungkin waktu yang kupersalahkan
Mungkin saja keadaan yang salah
Terpikir hati untuk mendua
Tapi nurani tak bisa mendua

#
Ku hanya bisa membagi
Kisah – kisah lama
Ku hanya bisa membagi
Cerita nostalgia

Reff :
Cuma itu yang kuberikan
Cuma itu yang ku bisa persembahkan
Karena aku ada yang punya
Tapi separuh hati ini untukmu

Ku bisa saja putuskan dia
Ku bisa menutup semua cintaku
Tapi apakah kau pun setuju
Menyakiti seorang manusia

Back to #



baca selengkapnya...

Penyebab Dengkul Kopong



Ok, kembali saya bongkar email saya dan kembali saya terima request baru :

“ w request donk, apa sih penyebab dengkul kopong? Thx “

Hmm...sahabatku yang baik hatinya...

Banyak rumor – rumor aneh yang beredar tentang dengkul kopong. Tapi saya rasa, artikel sayogand lebih bisa dipercaya  :)

Sebelumnya akan saya jelaskan sedikit, sebenarnya apa sih dengkul “ kopong “ itu?
Begini, pernahkah anda merasakan ngilu di lutut pada saat teman anda mengetuk – ngetuk lutut anda? Nah, apabila rasa ngilu itu terasa, berarti lutut anda sudah kopong.

Pada intinya dengkul kopong itu adalah rasa ngilu yang ditimbulkan lutut saat tersentuh / terketuk. Biasanya sih para manula yang merasakan dengkul kopong ini.

Penyebabnya simple saja, para peneliti berkata bahwa dengkul kopong disebabkan karena lutut yang terlalu sering ditekuk. Maka dari itu saya sarankan jangan terlalu sering menekuk lutut. Jangan terlalu sering jongkok. Dan saat tidur biasakan kaki anda dalam posisi lurus. Kalau mau ya jangan ditekuk terlalu lama supaya lututnya tidak kopong di kemudian hari.

Nah, simple kan? Sebenarnya penyakit - penyakit yang kita rasakan disebabkan oleh hal – hal kecil seperti gaya hidup yang tidak baik, dll. Maka dari itu saya mencoba mengajak anda untuk merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat  :)
baca selengkapnya...

Efek Samping Tidur Siang



Artikel kali ini sungguh berbanding terbalik dengan artikel sebelumnya tentang manfaat dari tidur siang. Pada artikel sebelumnya saya terlalu terburu – buru browsing sehingga artikel tulisan saya menjadi tidak jelas. Nah, pada postingan kali ini saya mencoba sedikit santai.

Apakah yang akan saya jelaskan sekarang? Ya, sesuai dengan judulnya. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa saja efek samping dari tidur siang? Dan apa penyebabnya? Nah, mari kita bongkar faktanya :

1.Tidur Siang Membuat Kepala Pusing


Saya yakin, anda pasti pernah merasakan setelah bangun tidur siang lalu kepala anda terasa ngilu dan sakit sekali. Kenapa bisa begitu? Jelas saja, pada saat tidur siang biasanya mata kita masih terkena cahaya matahari kan? Ya...meskipun sedikit, ternyata cahaya matahari ini sungguh berpengaruh pada kesehatan anda. Masih belum mengerti? Baik akan saya jelaskan lebih spesifik lagi.

Pakar kesehatan di seluruh dunia telah mengatakan bahwa pada saat tidur, seluruh indra kita tidak boleh menerima rangsangan. Apabila salah satu dari indera kita menerima rangsangan, maka otak kita tidak akan bisa rileks. Dalam arti saat bangun nanti otak anda tidak bisa fresh karena yang tidur hanyalah tubuh anda, otak anda masih bekerja sebagaimana mestinya. Sejauh ini mengerti?

Nah, pada saat tidur siang biasanya mata kita masih menerima rangsangan berupa cahaya kecil yang sedikit menembus kelopak mata. Dengan begitu, otak anda tidak bisa rileks. Nah, lantas apa hubungannya dengan kepala pusing?

Bayangkan saja tubuh anda dalam keadaan rileks sedangkan otak masih panas seperti sedang menghitung soal matematika. Tidak seimbang bukan? Nah, ketidakseimbangan ini membuat otak anda menerima respon yang berbeda dari segala arah. Otak akan bingung harus memberi respon rileks atau fokus. Oleh sebab itu secara otomatis kepala kita akan terasa sakit.

Tipsnya : tidur siang cukup 20 menit. Gunakan alarm dan segeralah bangun. Lalu sebisa mungkin tutup jendela kamar agar ruangan tidak terlalu terang. Setelah itu jangan sampai udara di ruangan anda terlalu panas atau terlalu dingin. Oh ya, jangan biarkan juga ruangan anda terlalu bising.

2. Tidur siang menyebabkan insomnia


Anda tahu insomnia kan? Ya, ketika anda tidur lalu terbangun pada tengah malam, dan ternyata anda tidak bisa tidur sampai pagi. Itu adalah penyakit yang cukup berbahaya. Kenapa? Ya itu berarti pola tidur anda tidak baik dan akan menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah karena tidur siang. Jadi untuk beberapa orang tidur siang itu justru malah memperburuk kesehatan.

3. Tidur siang memperkecil volume otak


Kalau poin ini saya tidak bisa menjelaskan. Saya juga masih ragu – ragu apakah fakta ini benar adanya atau tidak.


Ok, setelah dipertimbangkan, apakah anda mau tidur siang? Semuanya terserah anda. Terimakasih, semoga bermanfaat  :)
baca selengkapnya...

Manfaat Tidur Siang



Tidur siang. Hmmm...bagi sebagian orang aktivitas ini merupakan aktivitas bodoh yang hanya dilakukan oleh para balita. Dan apabila anda juga berfikir seperti itu, maka anda salah.

Tidur siang adalah aktivitas yang sangat bermanfaat bagi manusia di semua umur. Termasuk saya juga sangat sering tidur siang bahkan tidur siang sudah menjadi rutinitas saya. Kenapa? Bukankah itu aktivitas para balita? Tentu saja bukan.

Nah pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang manfaat dari tidur siang. Bukan hanya pada balita tetapi pada semua umur. Ok, langsung saja :

1.Menambah Produktivitas

Tentu saja, tidur siang sejenak dapat mengembalikan konsentrasi anda yang sebelumnya pecah menjadi kuat kembali. Dengan begitu anda akan jadi lebih produktif.

Bagi anda yang beragama muslim, Rasulullah ternyata menyarankan untuk tidur siang loh! Kenapa? Karena dengan tidur siang sejenak, anda akan terbangun dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Maka pada saat membaca Al-Qur`an dan berdzikir pelafalan anda akan lebih baik dibandingkan anda membaca Al-Qur`an sembari menahan kantuk (konsentrasi agak pecah). 

Hanya saja Rasulullah tidak menyarankan tidur siang pada hari Jum`at setelah shalat jum`at.

2. Mengurangi stres

Dengan tidur siang, maka segala kegalauan anda akan berkurang. Kenapa? Hmm...secara ilmiah pun sebenarnya saya kurang tahu kenapa bisa begitu. Tapi saya sudah mencobanya dan memang betul, tidur siang bisa mengurangi beban pikiran.

3. Mengencangkan Kulit

Yup, faktanya, tidur siang bisa membuat tubuh anda mengeluarkan hormon – hormon penting untuk kulit. Sel – sel kulit yang rusak juga akan diperbaiki oleh hormon ini.

Ok, hanya 3 poin saja yang saya ketahui tentang manfaat dari tidur siang. Mohon maaf kalau kurang jelas. Tadinya saya masih mau melengkapinya panjang lebar, hanya saja saya sekarang sudah mulai mengantuk. Lagipula saya belum tahu bagaimana caranya menulis huruf arab di blog...hehe

Semoga bermanfaat ya  :)
baca selengkapnya...

Efek Samping dari Begadang



Halo sahabat inspiratif! Sudah sangat lama saya tidak posting disini untuk menyapa sahabat sekalian dikarenakan kesibukan saya akhir akhir ini. Yah...harap maklum lah.

Postingan kali ini saya terinspirasi oleh lagu legendaris dari Rhoma Irama. Yup, begadang! Begadang adalah hobi yang sudah biasa dilakukan anak muda. Bisa saja karena pacar atau mungkin karena tugas yang belum terselesaikan. Dan anehnya, sebagian besar dari mereka merasa kalau begadang itu tidak apa – apa kalau ada perlunya. Padahal itu sangat salah.

Yang namanya kesehatan tidak bisa tergantikan oleh apapun. Kita harus belajar untuk menjaga kesehatan kita agar tetap sehat dan semangat menjalani aktivitas. Salah satu kegiatan yang dapat merusak kesehatan kita adalah begadang. 

Seperti apakah efek samping dari begadang? Sewaktu muda tidak akan terasa apa – apa, tetapi setelah tua, barulah akan menyesal. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang bahaya begadang. Langsung saja kita cek :

1.Mengurangi Konsentrasi


Konsentrasi anda akan terus menerus berkurang secara perlahan. Apakah ini masalah? Tentu saja. Dengan begitu maka produktivitas anda akan berkurang terus. Padahal seharusnya anda sadar kalau anda masih sangat muda dan masih mampu untuk bekerja keras.

2. Mudah Terserang Penyakit


Percayakah anda? Tim medis di seluruh dunia sudah berani membuktikan kalau begadang bisa membunuh sel antibodi. Dengan begitu tubuh anda tidak akan memiliki penangkal virus. Bersamaan dengan itu, maka anda akan sangat mudah terkena penyakit apapun.

3. Cepat Tua


Anda akan terlihat lesu di segala kondisi. Akibatnya anda jadi tidak energik lagi. Dengan begitu akan banyak orang yang menilai anda sudah tua.

4. Mudah Stress


Masih berhubungan dengan nomor 3, anda akan mudah stress. Anda akan sering merasakan beratnya beban hidup ini. Dengan banyak begadang, maka otak anda akan sulit ‘fresh’.

5. Gemuk


Malam hari merupakan waktu dimana sistem pencernaan bisa mencerna ‘lebih’ dibanding siang hari. Anda yang terbiasa begadang, biasanya tidak akan lepas dari makanan ringan. Padahal makanan seringan apapun bisa membuat anda gemuk. Percayalah!


Ok, hanya sekian yang saya tahu tentang kerugian begadang. Semoga bermanfaat ya, salam sahabat inspiratif!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.