5 Penyebab Stress saat Bangun Tidur



Tidur adalah salah satu obat stress yang cukup manjur. Biasanya semua masalah tidak akan menjadi beban saat bangun tidur. Ya, pada saat terlelap maka kinerja otak Anda akan menurun sehingga dapat 'mendinginkan' pikiran yang semrawut.

Tapi ada kalanya kita malah merasa stress saat bangun tidur. Hmm ... apakah penyebabnya?

1. Begadang

Begadang membuat kemampuan otak Anda menurun. Selain itu begadang juga membuat otak Anda mudah lelah dan mudah kehilangan konsentrasi. Jika Anda merasa stress saat bangun tidur, mungkin salah satu faktornya adalah karena semalam Anda begadang. Mungkin otak Anda masih meminta jatah istirahat.

2. Snooze Alarm

Anda tahu snooze alarm? Jika Anda menggunakan jam weker digital mungkin Anda sudah familiar dengan istilah yang satu ini. Snooze alarm adalah salah satu fitur jam weker digital, dimana bunyi alarm dapat dimatikan sementara, lalu berbunyi lagi 5 atau 10 menit kemudian. Penelitian membuktikan bahwa ketika Anda menekan tombol snooze pada jam weker maka otak Anda tidak akan bisa beristirahat lagi. Saat Anda menekan tombol snooze maka otak Anda akan merespon bahwa akan ada bunyi alarm lagi 5 – 10 menit kedepan. Dengan begitu otak tidak akan bisa rileks dan bisa berujung stress.

3. Bunyi Jam Weker Terlalu Keras

Jangan menggunakan jam weker dengan suara terlalu keras. Suara yang keras dapat membuat Anda terkejut. Otak Anda yang tadinya rileks otomatis akan bekerja cepat. Tentunya hal seperti ini dapat memicu stress pada diri Anda. Belum lagi suara jam weker yang terlalu keras dapat merusak gendang telinga Anda. Jika Anda ingin menggunakan jam weker yang suaranya keras, maka pilihlah yang suara awalnya pelan lalu perlahan mengeras sehingga tidak mengejutkan diri Anda sendiri.

4. Mimpi Buruk

Saya yakin Anda pasti pernah mengalami mimpi buruk, bahkan mimpi yang sangat buruk hingga saat terbangun pikiran Anda masih terngiang – ngiang mimpi buruk yang baru saja Anda alami. Ternyata mimpi buruk juga menjadi salah satu faktor penyebab diri Anda menjadi stress setelah terbangun dari tidur.

5. Kondisi Ruangan

Mungkin saja kasur yang Anda gunakan untuk tidur tidak begitu nyaman untuk lekuk tubuh Anda. Atau mungkin dalam ruangan Anda ada bau busuk, suara bising, atau cahaya lampu yang terlampau terang yang mengganggu kualitas tidur Anda. Faktor – faktor tersebut juga bisa menjadi penyebab stress saat bangun tidur.

 

Baik, cukup sekian artikel saya kali ini tentang penyebab – penyebab munculnya stress saat bangun tidur. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.