7 Perbedaan Antara Gitar Akustik dan Elektrik



Setelah sekian lama tidak saya cek, email saya penuh dengan request dari beberapa Sahabat Inspiratif. Bagi yang pertanyaannya belum terjawab harap sabar ya, beberapa minggu kemarin saya sempat vakum berinternet karena saya terlibat banyak janji dengan teman – teman saya. Dan sekarang adalah waktunya untuk melayani request yang menumpuk. *sigh*

Baiklah kali ini akan saya bahas sebuah pertanyaan,

" Mas Sayoga, lebih baik beli gitar akustik atau elektrik? Dan apa alasannya? Thx jawabannya.. "

Artikel seputar gitar akustik sudah saya tulis beberapa waktu yang lalu. Namun itu hanyalah gitar akustik. Bagaimana dengan gitar elektrik? Apa yang harus dibeli terlebih dahulu? Gitar Akustik atau Elektrik? Bukankah keduanya sama – sama gitar? Lantas apa yang membedakan?

Berikut beberapa perbedaan antara gitar akustik dan gitar elektrik :

1. Harga

Gitar elektrik memiliki komponen yang lebih kompleks ketimbang gitar akustik yang notabene hanyalah kayu yang dalamnya kosong. Jadi tentu saja harga gitar elektrik jauh lebih mahal ketimbang gitar akustik.

2. Gaya

Gaya atau style antara gitar akustik dan elektrikpun berbeda jauh. Gitar elektrik memiliki style yang jauh lebih elegan dan berkesan keren. Sedangkan style gitar akustik tak begitu menarik. Dari awal gitar akustik diciptakan hingga sekarang tidak ada perubahan bentuk yang signifikan.

3. Bobot

Gitar elektrik ada yang terbuat dari kayu jati, mahoni, bahkan ada yang terbuat dari kaca. Sedangkan gitar akustik jenis apapun pasti bahannya terbuat dari kayu biasa. Belum lagi pada gitar elektrik terdapat banyak komponen kelistrikan. Bandingkan dengan gitar akustik yang bagian dalam bodinya kosong. Dengan ini dapat kita simpulkan bahwa gitar elektrik memiliki bobot yang jauh lebih berat ketimbang gitar akustik. Ini berarti gitar akustik jauh lebih portable.

4. Karakter Suara

Karakter suara dari gitar elektrik cenderung lebih kasar ketimbang karakter suara gitar akustik yang lembut atau soft. Anda harus tahu karakter suara seperti apa yang Anda inginkan. Apakah yang kasar? Atau yang lembut? Jangan sampai Anda salah pilih.

5. Teknologi

Gitar elektrik memiliki female jack secara 'built in' maksudnya sudah ada lubang untuk jack mic yang disediakan. Tinggal pasang kabelnya, gitar sudah langsung terkoneksi dengan amplifier. Coba bandingkan dengan gitar akustik. Jika ingin manggung dengan gitar akustik, maka Anda butuh mic eksternal yang harus ditodong ke arah bodi gitar. Belum lagi pada gitar elektrik Anda bisa menggunakan efek – efek yang membuat Anda bisa mengeksporasi dunia musik lebih dalam lagi. Sedangkan pada gitar akustik? Nyaris tak ada efek yang menarik.

6. Ukuran

Secara ukuranpun gitar akustik dan gitar elektrik memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Gitar elektrik jelas memiliki bodi yang cukup ramping, sedangkan gitar akustik memiliki bodi yang lebih besar.

7. Genre

Jika Anda lebih menyukai musik – musik semacam rock, blues, metal, pop, dan lain – lain, maka saya sarankan Anda memilih gitar elektrik. Namun jika Anda menyukai musik – musik akustik, maka silakan Anda beli saja gitar akustik. Jika Anda bingung mau membeli gitar akustik yang seperti apa, Anda bisa membaca artikel saya terdahulu yang berjudul 'Tips Membeli Gitar Akustik'.

 

Cukup sekian artikel saya kali ini, mudah – mudahan bermanfaat bagi Anda yang kebingungan harus memilih gitar akustik atau elektrik.

Komentar

  1. Balasan
    1. kalo gitar akustik lebih enak pake open chord, kalo gitar elektrik sih pake chord biasa aja enaknya :)

      Hapus
  2. Kalok cuma untuk belajar gitar dan bagus untuk lagu lagu regge dll bagusnya pakek gitar apa?

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)