Mematikan Fitur Autorun pada Windows 7


Autorun / autoplay adalah salah satu fitur yang dimiliki windows yang fungsinya untuk menjalankan dokumen atau aplikasi secara otomatis setelah sebuah perangkat dikoneksikan ke komputer.

Fitur autorun biasa digunakan pada CD atau DVD agar ketika CD atau DVD tersebut dimasukkan ke dalam disk drive, windows eksplorer dapat langsung terbuka. Atau malah pada CD yang isinya dokumen berupa musik / video dapat langsung diputar secara otomatis ketika CD dimasukkan ke dalam disk drive. Kalau dipikir – pikir, ternyata autorun ini adalah salah satu fitur windows yang bermanfaat.

Namun ternyata fitur yang bermanfaat ini banyak disalahgunakan oleh para virus maker untuk menyebarkan virusnya secara otomatis ketika suatu perangkat yang sudah terinfeksi virusnya terkoneksi dengan komputer yang masih 'bersih' dari virus.

Sebenarnya jika Anda tidak terlalu membutuhkan fitur yang satu ini, Anda bisa mematikannya dengan tujuan agar komputer Anda aman dari virus. Lantas bagaimanakah caranya mematikan fitur autorun / autoplay pada windows? ( Pada kasus ini saya menggunakan sistem operasi windows 7 )

1. Buka Control Panel

2. Pilih " Hardware and Sound "

3. Klik " Autoplay "

4. Hapus tanda centang pada " Use AutoPlay for all media and device "


 

Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.