Mengenal HIV AIDS dan Pencegahannya



HIV AIDS adalah penyakit yang cukup ditakuti manusia. Penyakit AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome ) disebabkan oleh masuknya virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) ke dalam tubuh. HIV menyebabkan daya tahan tubuh hilang, sehingga seseorang yang terserang virus HIV AIDS akan begitu mudah terserang berbagai macam penyakit.

Penyakit HIV AIDS memang merupakan penyakit menular, tetapi proses penularannya tidak sama seperti penyakit flu atau batuk yang dapat menular dengan medium udara. HIV AIDS yang berada di dalam tubuh seseorang tidak punya kemampuan menularkan virus ke individu lain, terkecuali virus HIV yang berada pada darah, sperma, dan cairan vagina.

Berikut beberapa aktivitas yang dapat menularkan virus HIV ke individu lain :

1. Melakukan hubungan seksual dengan penderita HIV
2. Menggunakan jarum suntik / tindik / tatto yang sebelumnya dipakai oleh penderita HIV AIDS
3. Transfusi darah dari penderita HIV AIDS
4. Mengkonsumsi ASI seorang penderita AIDS

Meskipun darah merupakan medium penularan virus HIV, tetapi nyamuk yang menghisap darah penderita AIDS tidak akan menularkan virus HIV.

Salah satu hal yang membuat penyakit AIDS ini menakutkan adalah tidak adanya gejala yang muncul pada penderita AIDS. Para penderita AIDS ini akan merasakan gejala – gejala AIDS setelah virus HIV yang berkembang di tubuh mereka sudah mencapai tahap simptomatik. Tahap simptomatik ini merupakan tingkat keparahan tinggi, dimana penderita AIDS sudah tidak bisa disembuhkan lagi.

Tahap simptomatik ini akan tiba setelah virus HIV bersarang di tubuh penderita selama 5 – 10 tahun. Di tahap inilah baru muncul gejala – gejala HIV AIDS, diantaranya :

1. Berat badan turun drastis
2. Mudah lelah
3. Terjadinya pembengkakan pada lipatan ketiak atau lipatan paha
4. Gatal – gatal
5. Terjadi kelainan pada rambut, kulit, dan alat kelamin
6. Selalu berkeringat pada malam hari
7. Suhu tubuh meningkat

Penurunan daya tahan tubuh menyebabkan tubuh tidak punya pertahanan saat ada virus masuk. Akibatnya tubuh mudah terserang penyakit bahkan penyakit komplikasi. Namun ternyata kini sudah ada obat yang disediakan secara gratis oleh pemerintah untuk penderita HIV. Obat ini akan menggantikan antibodi yang rusak dalam tubuh sehingga para penderita HIV AIDS dapat terus bertahan hidup.

Kini Anda sudah tahu betapa bahayanya HIV AIDS bukan? Nah, sekarang saya akan memberi tahu Anda tentang bagaimana caranya mencegah penularan virus HIV :

1. Pastikan jarum suntik apapun yang akan disuntikkan ke tubuh Anda merupakan jarum suntik yang steril

2. Hendaknya Anda berhubungan dengan satu pasangan saja, hindari bergonta – ganti pasangan.
3. Biasakan hidup sehat. Makan makanan yang bergizi seimbang dan higienis. Jangan lupa olahraga secara teratur.

 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai penyakit HIV AIDS dan cara pencegahannya. Semoga Anda semakin berhati – hati dengan penyakit yang satu ini. Salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.