Tips Membeli Kerang Hijau



Tips kali ini mungkin terdengar terlalu simple bagi Anda. Saya tahu itu, tapi ... biarlah ... sesekali menulis artikel tips singkat tak apa kan? Hehe ...

Kerang hijau adalah makanan yang sering kita jumpai, mulai dari di restoran mewah sampai di pinggir jalan. Namun tahukah Anda bahwa di zaman sekarang ini kerang hijau mulai tercemar?

Ternyata banyak juga kerang hijau yang diambil dari lokasi perairan tercemar. Anda tahu perairan tercemar? Ya, perairan yang memiliki kadar asam dan kadar logam berat yang tinggi. Sekilas kita dengar kata ' perairan tercemar' ini bukanlah masalah besar. Tetapi ternyata hewan – hewan yang hidup di perairan tercemar ini sungguh tidak layak dikonsumsi.

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan terasa efeknya bagi kesehatan tubuh, tetapi jika dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan bahkan memicu munculnya penyakit minamata ( penyakit yang membuat seseorang berkelakuan di luar saraf sadar, seperti orang gila dan seperti orang kerasukan )

Nah, maka dari itu kita harus pandai – pandai memilah makanan laut yang aman dikonsumsi dengan yang tidak. Untuk kali ini saya akan membahas tentang makanan laut 'kerang hijau' yang dijual secara bebas di pasaran.

Berikut cara membedakan kerang hijau yang aman dikonsumsi dengan yang cacat :

Dikarenakan kerang hijau tidak memiliki tangan, kaki, maupun badan yang bisa dijadikan indikator, maka kita hanya dapat membedakan kerang hijau yang aman dikonsumsi dengan yang tidak dilihat dari bagian cangkangnya.

Ada orang yang berkata bahwa cangkang yang berwarna hijau cerah berarti aman dikonsumsi, sedangkan yang berwarna hijau gelap berarti tidak layak dikonsumsi. Yah, mungkin saja pernyataan itu benar, tetapi ada cara lain yang lebih pasti.

Silakan Anda lihat bentuk dari cangkang kerang hijau tersebut. Jika bentuknya pipih, maka kerang hijau tersebut layak dikonsumsi. Namun jika cangkang kerang hijau itu menggembung, berarti kerang tersebut sudah cacat dan tercemar. Jangan dikonsumsi.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.