Tips Menghindari Senar Gitar dari Karat



Saya sudah bertahun – tahun bermain gitar dan memelihara gitar di kamar saya. Rasanya mengganti senar karena sudah berkarat itu adalah hal yang biasa. Senar gitar yang berkarat / mengalami korosi memang bukanlah hal yang sepele. Kuman – kuman dan bakteri yang ada di karat tersebut dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh Anda melalui berbagai media. Mungkin saja jari – jari Anda.

Pertanyaan kembali muncul dari salah satu Sahabat Inspiratif,

" Om Sayogand, tolong kasih tahu tips – tips merawat senar gitar supaya tidak mudah berkarat dong. Terimakasih sebelumnya. "

Bagaimana caranya membuat senar gitar menjadi lebih awet dan tidak mudah berkarat? Mudah saja. Pada artikel kali ini saya akan membeberkan beberapa tips agar senar gitar tidak mudah mengalami korosi / berkarat.

1. Sebelum bermain gitar, pastikan jari - jari Anda tidak dalam keadaan basah.

2. Selalu sedia tissue kain kering di dekat anda ketika Anda sedang bermain gitar. Ketika Anda mulai merasakan telapak tangan Anda berkeringat, maka segera ambil kain kering dan keringkan tangan Anda.

3. Jangan terlalu sering membawa gitar secara 'telanjang' ke tempat outdoor.

4. Jangan menyimpan gitar di dekat jendela, ventilasi, ataupun tempat – tempat yang berangin lainnya. Udara keluar-masuk bisa saja membuat senar gitar semakin mudah mengalami korosi.

5. Simpan gitar di tempat yang kering, jangan di tempat lembab ataupun dingin.

 

Baik, saya rasa cukup 5 poin saja untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. Om, ijin nambahin ya, kalau ane gitarnya dah terlanjur berkarat pake minyak kayu putih digosok kesenarnya, insyaA mujarab :D

    ReplyDelete
  2. @Ilham NurFaqih : Ok, thanks tipsnya :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.