Tips Merawat Gitar Akustik


Beberapa waktu lalu saya sempat menulis artikel tentang " Tips Membeli Gitar Akustik ". Setelah menulis artikel tersebut, muncul lagi sebuah pertanyaan baru,

" Bagaimana cara merawatnya agar gitarnya tidak mudah rusak? "

Sebenarnya barang apapun juga pasti akan mengalami kerusakan. Kita tidak bisa membuat suatu barang menjadi awet selamanya, namun kita bisa memperlambat kerusakannya.

Bagaimana cara memperlambat kerusakan gitar akustik?

1. Kendorkan Senar

Kendorkan senar kalau sekiranya Anda akan vakum bermain gitar untuk waktu yang cukup lama. Tujuannya agar leher gitar tidak mudah bengkok.

2. Hindari Penggunaan Pick Berbahan Keras

Jangan gunakan pick / clubber yang terbuat dari plat, tembaga, bahkan besi. Pick – pick semacam itu dapat merusak senar.

3. Bersihkan Secara Teratur

Meskipun Anda menggunakannya setiap hari, terkadang ada saja debu yang menempel pada gitar Anda. Cobalah untuk mengelap gitar Anda dengan tissue kering seusai dimainkan. Berdebu ataupun tidak, tetap saja Anda lap.

4. Jangan Memetik Terlalu Keras

Jika Anda menginginkan suara gitar yang keras, gunakanlah pengeras suara. Jangan memetik gitar dengan keras karena dapat merusak senar dan mengurangi kualitas suaranya.

5. Tutup Lubang Gitar

Anda pasti pernah mengintip isi dari badan gitar. Ya, kosong. Ruang kosong itu bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi para serangga semacam laba – laba dan kecoa. Oleh karena itu, jika sekiranya Anda tidak akan memainkan gitar selama beberapa hari maka tutuplah lubang pada badan gitar tersebut agar tidak ada serangga yang masuk ke dalamnya.

6. Gunakan Tas Gitar

Gunakanlah tas gitar ketika Anda akan membawa gitar akustik Anda ke luar rumah. Tujuannya agar gitar Anda terlindung dari debu. Jika Anda memiliki uang lebih, saya sarankan belilah tas gitar yang berbentuk hardcase agar gitar Anda terlindung dari air hujan dan berbagai benturan.

 

Semoga bermanfaat!

5 komentar:

  1. wah kalo gitar yang pasti sering dilap,,,dan jangan dijemur atau sering terkena air saja,,,,,

    ReplyDelete
  2. @My God: Yap, terlalu sering kena air bisa bikin kayunya cepet lapuk :) Salam kenal :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.