7 Manfaat Bersepeda





Sepeda atau biasa disebut "kendaraan gowes" adalah alat transportasi paling ramah lingkungan dan efisien. Tanpa bahan bakar dan tanpa arus listrik transportasi ini bisa melaju. Sungguh transportasi yang efisien bukan?

Namun sayangnya angka kesadaran masyarakat akan pentingnya bersepeda ini terus menurun. Harga sepeda yang mahal dan langkanya bengkel sepeda membuat masyarakat enggan bersepeda. Belum lagi harga sepeda motor yang terus menurun, hal itu menuntut masyarakat untuk meninggalkan sepeda dan beralih ke sepeda motor yang lebih cepat.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya mengendarai sepeda jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda ketimbang mengendarai motor? Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapat dari mengendarai sepeda.

1. Menyehatkan Jantung

Kegiatan mengayuh sepeda dapat meningkatkan irama detak jantung. Dengan begitu kesehatan jantung Anda lebih terjamin. Detak jantung yang cepat dapat melebarkan pembuluh darah sehingga membuat Anda jadi tidak mudah mengalami kelelahan.

2. Menyehatkan Tulang

Kegiatan bersepeda ( terutama di pagi hari ) membuat kulit Anda mau tidak mau terkena sinar matahari. Fakta mengatakan, 15 menit saja kulit Anda terkena sinar matahari, maka sinar matahari itu akan dirubah menjadi vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kekuatan tulang dan pertumbuhan badan.

3. Meningkatkan Stamina

Seperti yang saya singgung pada poin pertama, detak jantung yang cepat pada saat mengayuh sepeda membuat pembuluh darah melebar. Jika pembuluh darah melebar, maka semakin cepat oksigen dialirkan ke seluruh organ tubuh. Dengan asupan oksigen yang cukup, maka tubuh Anda akan senantiasa segar bugar.

4. Menghilangkan Stress

Jika Anda bersepeda maka secara tidak langsung Anda menatap lingkungan sekitar. Aktivitas menatap lingkungan itu dapat me-refresh otak Anda. Ya ... setidaknya dapat membuat Anda melupakan penatnya bekerja seharian di depan komputer.

5. Menurunkan Berat Badan

Gerakan mengayuh sepeda melibatkan seluruh otot di tubuh Anda. Maka jangan salah, aktivitas bersepeda dapat membakar kalori cukup banyak. Lemak-lemak yang menumpuk ( terutama di bagian paha ) akan berkurang dan digantikan oleh otot. Akibatnya, berat badan Anda akan turun.

6. Hemat

Ya, jika Anda menggunakan sepeda maka Anda tidak perlu khawatir akan dana perbulan yang harus dikeluarkan untuk jasa service. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar. Intinya, bersepeda membuat Anda sehat dan mampu berhemat.

7. Bebas Polusi

Sepeda tidak menggunakan bahan bakar. Itu artinya, tidak ada jejak karbon yang akan dikeluarkan sepeda. Semakin banyak orang yang bersepeda, maka udara di sekitar kita pun akan semakin bersih.

 

Baik, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai 7 manfaat bersepeda. Semoga bermanfaat. Mari kita bersepeda!

1 komentar:

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.