Asal Mula Kata “Suer”



"Aku barusan tidak pergi kok, suer."

Ya, kata "suer" biasa digunakan seseorang untuk meyakinkan kata-katanya kepada lawan bicara. Kata suer bisa digunakan di awal kalimat ataupun akhir kalimat dengan tanda pemisah koma (,). Mungkin kebanyakan orang tua tidak tahu apa maksudnya "suer" ini. Biasanya kata suer ini hanya digunakan oleh kaum muda saja.

Untuk kali ini saya tidak akan menulis panjang lebar, singkat saja. Anda tahu kata "suer" kan? Namun apakah Anda tahu darimanakah asal-usul kata "suer" itu sendiri?

Kata "suer" diambil dari Bahasa Inggris, "swear", yang artinya "bersumpah". Kata-kata ini tentu bukan bahasa anak muda, orang tua pun banyak yang menggunakan kata swear untuk mengatakan "bersumpah" kepada lawan bicara. Hanya saja dulu kata "swear" ini jarang sekali dipakai di Indonesia.

Penggunaan kata "swear" tiba-tiba menjadi populer karena sering digunakan oleh beberapa grup lawak Indonesia dalam melontarkan lawakannya di media massa pada abad-20. Otomatis, kata "swear" ini semakin terkenal di telinga masyarakat.

Hanya saja dikarenakan kata ini disebarkan oleh para pelawak, banyak pelawak yang mengganti kata "swear" menjadi "suer" agar lucu. Dan akhirnya hingga saat ini kata yang biasa kita pakai untuk bersumpah adalah kata "suer", bukannya "swear".

Semoga bermanfaat!

2 komentar:

  1. Ternyata dari bahasa inggris toh! kirain dr bahasa mana gan! Jadi tahu nih! Makasih gan

    ReplyDelete
  2. @dzaky dewan: sama sama gan, salam kenal ya :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.