6 Tips Beradaptasi dengan Sekolah Baru






Sekolah baru bisa jadi sesuatu yang ditunggu, bisa jadi sesuatu yang ditakuti. Ya, memang bagi sebagian orang, sekolah baru adalah hal baru. Bagi mereka sekolah baru adalah pemandangan baru yang menyenangkan. Tapi di samping itu ternyata ada juga orang yang berkata bahwa sekolah baru adalah hal yang menakutkan. Entah itu lingkungan baru yang tidak senyaman sekolah lama, entah itu para senior yang kejam, entah itu peraturan baru yang harus dipatuhi, dan masih banyak lagi. Menurut saya, kedua pendapat itu sama benarnya. Namun tetap saja semuanya bergantung pada individu itu sendiri.


Bagi Anda yang memiliki teman di sekolah baru mungkin proses adaptasi akan menjadi lebih mudah. Namun bagaimana jadinya bila Anda tidak punya teman di sana sama sekali? Apa yang harus dilakukan agar orang-orang di sekolah baru bisa menerima Anda?

Nah, berikut tips-tips beradaptasi di sekolah baru a la sayogand.

1. Jadilah Pribadi yang Ramah

Jangan pernah memasang wajah kesal di sekolah baru. Sekolah baru adalah hal baru bagi Anda. Itu artinya Anda bisa menemukan hal baru entah itu hal positif maupun negatif. Jadikan hal itu sebagai pemandangan baru yang menyenangkan. Meskipun suasananya sangat tidak nyaman, tetaplah menjadi pribadi yang terlihat bahagia. Dengan begitu biasanya orang-orang di sekolah baru akan menganggap Anda sebagai pribadi yang menyenangkan dan ramah.

2. Banyak Senyum

Saling melempar senyum bisa jadi salah satu cara membina persahabatan. Jika Anda benar-benar tidak memiliki kenalan di sekolah baru, maka lemparlah senyum pada siapapun yang melihat wajah Anda. Niscaya orang-orang di sekolah baru Anda akan menyukai Anda.

3. Sapalah!

Jangan berdiam diri di sudut kelas sembari melamun. Jangan pernah menunggu orang lain menyapa Anda. Seharusnya Andalah yang menyapa mereka terlebih dahulu. Bangkit dan sapalah teman-teman sekelas Anda. Ajak mereka bicara dengan topik apapun. Meski topiknya tidak seru, tetaplah mengajaknya bicara.

4. Jaga Penampilan

Sebelum berangkat ke sekolah baru, alangkah baiknya Anda berkaca terlebih dahulu. Sudah pantaskah Anda menjadi murid baru yang bisa diterima orang-orang di sana? Sudah rapikah penampilan Anda? Jika belum maka perbaiki penampilan Anda. Biasanya orang yang berpenampilan rapi akan lebih mudah mendapatkan teman baru.

5. Kenali Karakteristik Orang-Orang di Sekolah Baru

Cobalah untuk mengenali karakteristik lawan bicara Anda. Jika lawan bicara Anda lembut, maka Anda pun harus bicara dengan lembut. Menyamakan karakteristik dengan lawan bicara biasanya akan membuat lawan bicara semakin nyaman dengan kita.

6. Jangan Sombong

Menurut pengalaman saya, banyak sekali murid-murid baru yang mengeluarkan kesombongannya di hari pertama orang itu masuk sekolah. Entah itu menyombongkan kemampuannya berhitung, kemampuannya menghafal cepat, dan lain-lain. Saya sarankan Anda untuk tidak seperti itu. Kenapa? Ya, bagaimanapun ceritanya, pribadi yang sombong akan sulit mendapatkan teman. Meskipun Anda handal dalam suatu pelajaran, cobalah untuk tenangkan diri dan merendah. Niscaya orang-orang di sekolah baru akan semakin menyukai Anda.

 

Baiklah, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips-tips beradaptasi dengan sekolah baru. Semoga bermanfaat!

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. bismillah YaAllah, semoga engkau memudahkan hamba. aamiin :'( o:)

    ReplyDelete
  3. @syifa nabila: Aamiin :) salam kenal ya :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.