Cara Berlari yang Benar





Berlari adalah aktivitas sederhana yang sudah pasti bisa dilakukan semua orang yang memiliki kaki yang normal. Tetapi tidak semua orang tahu bagaimana caranya berlari yang benar.

Berlari memang terlihat mudah. Dan faktanya, berlari memang dapat menyehatkan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa jika Anda berlari dengan cara yang salah maka berlari malah akan menjadi aktivitas yang menyiksa sendi dan otot.

Bagaimanakah cara berlari yang benar?

1. Jangan Mengayunkan Tangan Secara Berlebih

Mengayunkan tangan secara berlebih dapat mengganggu keseimbangan tubuh Anda saat berlari. Maka dari itu, hindarilah mengayunkan tangan secara berlebih.

2. Jangan Tertawa

Tertawa akan merilekskan otak Anda sehingga langkah kaki Anda menjadi tidak terkontrol. Jika ingin berlari, maka fokuslah berlari sehingga kecepatan berlari Anda lebih terkontrol dan lemakpun lebih banyak yang terbakar.

3. Bernapas Menggunakan Hidung

Pernahkah Anda berlari lalu berhenti setelah beberapa ratus meter karena kerongkongan Anda terasa kering? Mengapa bisa begitu? Itu karena Anda bernapas melalui mulut Anda. Ketika Anda bernapas melalui mulut, maka udara yang masuk ke paru-paru jauh lebih cepat. Akibatnya kerongkongan Anda lebih cepat kering. Saran saya, alangkah baiknya jika Anda bernapas menggunakan hidung ketika berlari agar jarak tempuh Anda bisa lebih jauh dari biasanya.

4. Jangan Gunakan Sepatu yang Salah

Gunakan sepatu khusus olahraga agar saat berlari kaki Anda lebih nyaman dan tidak mudah terluka / lecet. Menggunakan sepatu yang salah saat berlari juga dapat menyebabkan kaki cepat pegal.

5. Lakukan Pemanasan

Sebelum berlari, lakukan pemanasan pada otot-otot kaki Anda agar kaki Anda tidak mudah lelah saat berlari.

 

Ya itulah beberapa tips berlari yang benar. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.