Gejala-Gejala Amnesia



Amnesia adalah salah satu penyakit yang cukup ditakuti karena ketika mengalami amnesia biasanya seseorang tidak mampu melakukan apapun dengan baik termasuk tertawa dan aktivitas ekspresif lainnya.

Sebelumnya akan saya perkenalkan dulu apa itu amnesia.

Amnesia adalah sebuah penyakit yang menyerang otak dimana sebagian bahkan seluruh ingatan seseorang hilang secara tiba-tiba dikarenakan sebuah benturan yang keras entah saat kecelakaan mobil atau apapun.

Lantas bagaimana caranya kita tahu bahwa seseorang menderita amnesia atau tidak? Sulit bukan? Nah, pada artikel kali ini saya akan mengupas tentang apa saja ciri-ciri / gejala orang-orang yang terkena penyakit amnesia.

1. Tidak Mampu Mengingat Masa Lalu

Ya, orang yang terkena amnesia tidak mampu mengingat hal-hal yang terjadi di masa lalunya. Untuk mengeceknya, ajaklah orang yang Anda curigai terkena amnesia itu untuk mengenang masa lalunya. Jika ia terlihat kebingungan atau mengeluarkan keringat, maka gantilah topik menjadi lebih santai agar ia tidak pingsan. Itu sudah membuktikan bahwa orang itu mengalami gangguan pada ingatannya.

2. Tidak Mampu Mempelajari Hal Baru

Tidak hanya hal-hal di masa lalu, hal-hal di masa sekarang pun para penderita amnesia akan kesulitan untuk menghadapinya. Untuk mengeceknya, ajaklah orang yang Anda curigai terkena amnesia itu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jika orang itu meminta Anda untuk menjelaskannya secara berulang-ulang, berarti orang itu memang memiliki gangguan pada otaknya.

3. Sulit Berbicara

Ciri-ciri yang terakhir, pada penderita amnesia merasa kesulitan dalam berkomunikasi. Jika Anda mengajak seseorang berbicara namun pembicaraan orang itu "tidak nyambung" dengan pembicaraan Anda, maka orang itu sudah pasti mengalami gangguan pada otaknya. Mungkin saja orang itu sedang mabuk atau menderita amnesia.

 

Itulah ciri-ciri / gejala dari penyakit amnesia. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.