Kondisi Tidur yang Bisa Jadi Pertanda Penyakit





Siapa bilang kondisi tidur semua orang sama? Kenyataannya memang semua orang memiliki kondisi tidur yang berbeda-beda. Kondisi tidur seseorang dipengaruhi oleh aktivitas, keadaan ruangan, usia, dan makanan. Jika kondisi tidur Anda kurang baik, alangkah baiknya Anda mulai memperbaiki gaya hidup Anda.

Kondisi tidur yang buruk juga ternyata bisa jadi pertanda penyakit serius yang ada di dalam tubuh Anda. Kondisi tidur yang seperti apakah yang dapat dikatakan buruk?

1. Insomnia

Mungkin Anda pernah mengalami insomnia. Insomnia adalah suatu keadaan dimana Anda sedang tertidur lalu tiba-tiba terbangun di tengah malam karena ada suatu hal yang mengganggu tidur Anda. Bisa jadi karena suara yang mengejutkan, ingin buang air kecil, dan masih banyak lagi. Namun tahukah Anda bahwa orang yang mengalami insomnia tanpa alasan dapat menjadi indikator terganggunya kesehatan? Orang yang mendadak terbangun tanpa ada alasan apapun bisa jadi pertanda adanya gangguan pada otak, dimana otak mengalami kesulitan untuk rileks. Jika Anda mengalami insomnia selama berbulan-bulan tanpa ada alasan yang jelas, alangkah baiknya Anda periksa kesehatan Anda ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

2. Gelisah

Anda pernah melihat bagaimana kondisi tidur orang gelisah? Ya, kaki, tangan, dan seluruh anggota tubuhnya terus menerus bergerak saat tidur. Ingin mengetes apakah tidur Anda gelisah apa tidak? Mudah saja, silakan Anda taruh banyak benda di sekeliling Anda sebelum tidur. Ketika terbangun, perhatikanlah benda-benda tersebut. Apakah benda-benda tersebut kini sudah terjatuh ke lantai? Jika "ya", maka dapat dipastikan kondisi tidur Anda gelisah. Penyebab tidur gelisah adalah antara lain kurang relaksasi dan terlalu banyak olahraga sehingga otot-otot di tubuh Anda sulit untuk melakukan relaksasi.

3. Mendengkur

Mendengkur bisa jadi pertanda adanya gangguan pada saluran pernapasan Anda. Mendengkur dapat berakibat buruk jika tidak segera ditangani. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

4. Tidur Miring

Posisi tidur yang miring sebenarnya tidak baik jika dilakukan selama berjam-jam. Tidur miring dapat mengganggu pertumbuhan tulang Anda. Selain itu juga ternyata tidur miring dapat menjadi indikator adanya gangguan pada pernapasan.

5. Mengigau

Mengigau atau berbicara saat tidur juga dapat menjadi indikator penyakit yang bersarang di tubuh Anda. Banyak orang berkata bahwa orang mengigau itu biasa, asal suhu tubuhnya tidak panas. Saya kurang setuju. Toh bisa saja orang itu memang sakit tapi suhu tubuhnya tidak jauh dari suhu normal.

Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.