Tips Menghilangkan Memori Mimpi Buruk





Hampir semua orang pasti pernah mengalami mimpi buruk ketika tidur. Tidak hanya mengganggu kualitas tidur, mimpi buruk juga dapat mempengaruhi pikiran Anda di kemudian hari. Jika Anda mengalami mimpi buruk yang berlebih, maka efek takutnya akan terus membekas hingga Anda terbangun. Imajinasi Anda akan kembali memanggil memori mimpi buruk yang baru saja Anda alami.

Apakah ini buruk? Tentu saja. Bagi Anda yang memiliki imajinasi berlebih pasti akan merasakan takut yang berlebih pula setelah mengalami mimpi buruk. Nah, imajinasi yang terus muncul ini akan memengaruhi konsentrasi Anda saat bekerja.

Lantas bagaimana caranya agar setelah terbangun dari tidur itu imajinasi kita tidak terus menerus memanggil memori mimpi buruk? Nah, berikut tips-tips menghilangkan memori mimpi buruk.

1. Berdoa

Berdoa adalah cara paling manjur untuk menghilangkan memori mimpi buruk. Mintalah pada Tuhan untuk segera menghapus ingatan mimpi buruk itu dari kepala Anda. Niscaya Tuhan akan mengabulkan permintaan Anda.

2. Menonton

Salah satu kesalahan orang yang baru saja mengalami mimpi buruk adalah berdiam diri. Ketika Anda berdiam diri maka ingatan mimpi buruk itu akan terus bersarang di kepala Anda bahkan akan semakin kuat. Nah, salah satu cara agar imajinasi Anda berhenti memanggil ingatan mimpi buruk adalah dengan menonton video, film ataupun televisi. Menonton televisi ternyata dapat mengendalikan imajinasi Anda secara tidak sadar. Otak Anda akan diajak untuk berimajinasi sesuai dengan apa yang Anda saksikan. Tapi ingat, jangan menonton film horor. Bisa-bisa malah rasa takut Anda semakin tinggi.

3. Mendengarkan Musik

Cara berikutnya agar imajinasi Anda berhenti memanggil ingatan mimpi buruk adalah dengan cara mendengarkan musik. Ingat, musik yang saya maksud di sini bukanlah musik-musik seram dan bertempo lambat, tetapi justru musik-musik semacam rock atau pop yang dapat menghilangkan rasa takut Anda.

4. Bersosialisasi

Jika ketika Anda terbangun ternyata sudah ada orang yang bangun lebih awal daripada Anda, maka ajaklah orang itu bicara. Ajak ia bicara tentang apa saja. Berbicara dan mendengarkan pembicaraan orang lain juga dapat membuat Anda berhenti berimajinasi tentang mimpi buruk yang baru saja Anda alami.

5. Lihat Warna Cerah

Cara lain untuk menghilangkan memori mimpi buruk dari kepala Anda adalah dengan cara melihat warna-warna cerah semacam merah muda, kuning, biru muda, dan masih banyak lagi. Warna-warna cerah ini akan menstimulasi otak Anda agar tetap berpikir positif. Alangkah baiknya jika Anda mengecat dinding kamar tidur Anda dengan warna yang cerah sehingga Anda akan semakin mudah melupakan mimpi buruk saat terbangun.

6. Bernyanyi

Bernyanyi juga dapat menghentikan imajinasi mimpi buruk. Bernyanyilah sesuka hati Anda. Tetapi ingat, tips yang satu ini tidak akan berlaku jika Anda terbangun di tengah malam :)

7. Bermain Game

Tentu saja. Bermain video game dapat mengalihkan imajinasi mimpi buruk Anda menjadi imajinasi permainan dalam video game tersebut. Cobalah!

 

Baik, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips menghilangkan memori mimpi buruk. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.