Tips Menjadi Orang yang Bijaksana



Anda pasti pernah bertemu dengan orang yang bijaksana entah itu dalam bersosial maupun dalam memimpin. Saya yakin Anda pasti kagum pada orang semacam itu. Ya, hampir semua orang mengaku kagum kagum pada orang-orang yang mampu bersosial dengan baik dan dianggap bijaksana oleh banyak orang.

Tapi saya rasa tidak baik rasanya mengagumi orang hebat tanpa meneladaninya. Ok, mungkin kendala paling utama yang akan Anda temui adalah "Bagaimana caranya menjadi sosok yang bijaksana?"

Nah, pada artikel singkat kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya menjadi sosok yang bijaksana.

1. Jangan Egois

Belajarlah untuk tenangkan diri Anda setiap saat. Jangan bersikeras ingin selalu menjadi yang terbaik. Meskipun Anda berada di jalan yang benar, toh tidak ada salahnya sekali-kali Anda mengalah kepada orang lain.

2. Jangan Jadi Pemarah

Bagaimana Anda bisa dikagumi jika Anda selalu marah-marah? Belajarlah untuk mengontrol emosi Anda. Ingat, orang bijaksana adalah orang yang tahu kapan harus marah, sedih, dan bahagia.

3. Berpikir Panjang

Orang bijaksana tak akan pernah berpikir secara dangkal. Bila Anda hendak mengambil sebuah keputusan, pikirkanlah secara mendalam tentang apa yang akan terjadi, apa yang akan Anda dapatkan, dan apa yang harus Anda tanggung di masa depan. Dengan begitu, niscaya Anda tidak akan pernah membuang-buang waktu Anda.

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang bijaksana, maka jadilah pendengar yang baik. Dengarkanlah ucapan orang lain baik itu salah maupun benar. Jika perkataan lawan bicara Anda itu salah, maka beritahu dan ingatkan secara halus. Jika lawan bicara Anda tetap merasa perkataannya yang paling benar, maka Anda harus ingat poin nomor 2 : Mengalahlah dan tetap tersenyum.

5. Tingkatkan Wawasan

Ini sudah pasti. Orang yang berwawasan luas pasti memiliki pola pikir yang mendalam. Orang yang berwawasan luas lebih kuat menghadapi berbagai masalah yang ada di depan matanya. Orang yang berwawasan luas juga tahu kapan harus marah, sedih, dan bahagia. Jadi, orang yang memperluas wawasannya itu sama saja dengan orang yang meningkatkan kebijaksanaannya.

 

Baik, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini tentang tips menjadi pribadi yang bijaksana, semoga bermanfaat!

Komentar

  1. Terimakasih banyak atas tipsnya,sangat bermanfaat untuk diri saya pribadi,mudah-mudahan juga bermanfaat untuk sahabat lainnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)