Bahaya Makan Sambil Berdiri



Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah memposting tentang bahaya minum sambil berdiri. Ada sebuah respon yang datang dari seorang Sahabat Inspiratif,

"Lha, kalau begitu makan sambil berdiri boleh dong? Kan sering tuh di acara kawinan gak disediain kursi."

Bukan begitu teorinya. Minum dan makan, keduanya sama-sama merupakan aktivitas yang tidak boleh dilakukan sembari berdiri. Tapi memang, alasannya masing-masing berbeda.

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya saya jelaskan dulu beberapa aturan yang harus ditaati pada saat makan :

1. Jangan Makan Sambil Bicara
2. Jangan Makan Sambil Bersandar
3. Jangan Makan Sambil Berdiri

Sekarang saya akan fokus pada poin nomor 3.

Disfungsi pencernaan yang terjadi pada saat minum sambil berdiri dapat Anda baca dengan cara klik di sini. Untuk kali ini saya tidak akan membahas hal yang sama, kali ini saya akan membahas tentang alasan mengapa tidak diperkenankan makan sambil berdiri. Melalui sudut pandang ilmiah tentunya.

Berbeda dengan air, makanan tidak akan dibawa ke ginjal melainkan diproses di lambung dan usus. Ketika Anda berdiri, makanan yang masuk dari rongga mulut akan tersalur ke lambung melalui kerongkongan dengan cepat. Ya, lebih cepat dibanding ketika Anda menelan dalam kondisi duduk. Akibatnya, makanan akan jatuh ke lambung Anda secara kasar. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka akan terjadi luka pada lambung.

Tapi ingat, jika dalam keadaan mendesak, misalnya saja Anda datang ke sebuah acara pernikahan yang kebetulan kursinya sudah penuh. Nah, pada kondisi seperti itu Anda boleh saja makan sambil berdiri. Mengapa? Karena lambung bukanlah benda semacam balon dari karet tipis yang sekali ditusuk benda tajam langsung meletus. Tidak. Lambung mampu menahan jatuhnya makanan dari kerongkongan. Tapi jika terlalu sering, barulah akan terjadi luka pada lambung.

Jadi, Anda boleh saja sesekali makan sambil berdiri. Tapi jika Anda menyayangi organ pencernaan Anda alangkah baiknya hindari makan sambil berdiri. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.