Cara Me-rename Banyak File di Windows


"Bang Sayogand, gimana caranya ngerename file yang banyak tapi tanpa software tambahan? Trims.."

Pertanyaan semacam ini sering dilontarkan beberapa teman saya, hanya saja jawaban saya selalu sama, "Pakai saja aplikasi A atau aplikasi B.". Dan ini adalah pertama kalinya saya mendapat pertanyaan bagaimana cara me-rename banyak file tanpa menggunakan aplikasi apapun alias langsung di Windowsnya.

Tapi akhirnya saya tahu bagaimana cara me-rename banyak file tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Ternyata caranya cukup mudah.

1. Sorot file-file yang akan Anda rename tersebut. Jika file-file tersebut berbeda ekstensinya, maka pisahkan. Misalkan sorot yang berekstensi .JPEG dulu, setelah file yang berekstensi .JPEG di-rename barulah rename file yang berekstensi lain semacam .docx atau yang lainnya.


2. Setelah disorot, tekan tombol F2 pada keyboard.

3. Ketikkan nama file yang akan Anda rename tersebut. Misalkan saja Anda ingin me-rename kumpulan file tersebut menjadi Sayogand de`Radeons (1), Sayogand de`Radeons (2), Sayogand de`Radeons(3), dan seterusnya, maka Anda tinggal mengetikkan " Sayogand de`Radeons" ( Tanpa tanda kutip ).

4. Tekan Enter

5. Setelah itu mungkin akan muncul jendela baru yang menanyakan apakah Anda akan me-rename semua dengan nama yang sama. Anda tinggal klik tombol 'Yes'.

 
6. Selesai. Kini kumpulan file tersebut sudah berhasil di-rename dengan nama yang sama tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.