Dampak Negatif Mengkonsumsi Mi Instan



Mi instan adalah makanan yang sudah menjadi makanan pengganti jika tak ada makanan sama sekali. Tentu saja karena mie instan mengandung karbohidrat yang bisa menjadi makanan pengganjal perut alias makanan pengganti makanan pokok. Biasanya anak kost-lah yang sering mengkonsumsi makanan pengganjal perut ini. Tentu karena harganya yang murah dan rasanya yang nikmat.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya terlalu sering mengkonsumsi makanan semacam mi instan dapat memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan? Mulai dari mie-nya sampai bumbunya, semua itu berisiko merusak organ-organ tubuh Anda jika terlalu sering dikonsumsi. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang akan Anda terima jika terlalu sering mengkonsumsi mi instan.

1. Malnutrisi

Anda mungkin pernah merasa kesal dengan gambar depan bungkus mie yang mengilustrasikan mi instan yang sangat lezat dengan tambahan ayam atau sayur-sayuran. Apakah Anda mengerti apa maksud dari gambar ilustrasi tersebut? Bukan, sang produsen bukan ingin menipu Anda. Sebenarnya produsen mencoba menyarankan konsumen untuk menambahkan sayuran atau daging ke mi instan yang sudah jadi. Apa tujuannya?

Seperti yang kita tahu, mi instan hanya berperan sebagai makanan pengganjal perut. Itu artinya, mi instan hanya mengandung karbohidrat dan lemak. Hanya itu. Kadar protein, vitamin, dan nutrisi yang lainnya sangatlah sedikit. Oleh karena itu, agar Anda tidak mengalami malnutrisi maka Anda harus menambahkan sayur-sayuran atau daging pada mi instan yang sudah jadi.

2. Obesitas

Mi instan memiliki kandungan protein dan nutrisi yang sedikit namun memiliki kadar lemak dan karbohidrat yang banyak. Ya, maka dari itu mi instan sering disebut-sebut sebagai makanan pengganjal perut. Namun sayangnya kadar lemak yang tinggi itu dapat memicu terjadinya penggemukan tubuh secara berlebih. Saya sarankan batasi konsumsi mi instan jika Anda tak ingin mengalami obesitas.

3. Kegagalan Janin

Bagi Anda yang sedang hamil, saya sarankan hentikan konsumsi mi instan karena ternyata zat pengawet ( MSG ) yang terdapat dalam bumbu mi instan dapat memicu terjadinya keguguran atau gagalnya janin.

4. Kanker

Saya yakin Anda sudah tahu bahwa bumbu dari mi instan mengandung penguat rasa yang bernama MSG. Dan saya juga yakin Anda sudah tahu bahwa MSG bersifat karsinogenik alias memicu timbulnya sel kanker. Maka dari itu, berhati-hatilah.

5. Gangguan Metabolisme

Saya juga baru tahu bahwa ternyata zat pengawet dan pewarna yang terkandung dalam mi instan dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan Anda. Antara lain gangguan pada otot dinding usus, dan masih banyak lagi.

 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai dampak negatif dari mengkonsumsi mi instan. Semoga menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.