Manfaat Merapikan Kamar



Sewaktu kecil saya sering merasa kesal pada orang tua saya karena sering memarahi saya ketika kamar saya dalam keadaan penuh dengan barang-barang. Beliau berkata bahwa kamar yang rapi mencerminkan kepribadian pemiliknya. Saya hanya bisa mengangkat alis, 'Benarkah? Bukankah yang mencerminkan kepribadian seseorang adalah tulisannya?'

Pertanyaan itu masih tersimpan di kepala saya hingga saya memasuki jenjang pertengahan remaja. Saya semakin penasaran dengan teori konyol itu. Akhirnya saya putuskan untuk merapikan kamar tidur saya setiap hari. Saya ingin tahu apakah kepribadian saya akan berubah seiring dengan semakin rapinya kamar saya?

Ternyata tidak. Memang, teori itu hanyalah karangan orang tua agar anaknya mau merapikan kamarnya. Tidak akan ada perubahan sikap pada Anda meski Anda menjaga kerapihan kamar tidur Anda. Namun ternyata ada manfaat yang saya rasakan di balik rapinya kamar. Apa sajakah manfaat itu?

1. Enak Dipandang

Ternyata kamar yang tertata rapi lebih sedap dipandang daripada kamar yang ruwet dan penuh dengan barang-barang. Tidak percaya? Cobalah!

2. Memperluas Ruang Gerak

Semakin banyak benda yang berserakan di lantai, maka semakin sulit Anda bergerak kesana kemari. Dengan merapikan barang-barang tersebut setidaknya dapat memperluas ruang gerak Anda sehingga Anda lebih mudah untuk bergerak kesana-kemari tanpa harus khawatir menginjak sesuatu.

3. Sehat

Secara tidak sadar, ketika Anda merapikan kamar Anda juga membersihkannya. Tidak hanya pada barang-barang tetapi juga pada furniture yang ada di kamar pribadi Anda. Jika kamar Anda bersih dan bebas dari debu, maka udara dalam kamar pun akan bersih. Jika udara dalam kamar bersih, maka tubuh Anda akan sehat. Itu artinya, merapikan kamar sama saja dengan menjaga kesehatan Anda sendiri.

4. Me-refresh Otak

Keadaan kamar yang tertata rapi dan tidak semrawut akan membuat otak Anda tidak mudah penat. Hal ini tentu bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja otak Anda.

5. Terlihat Luas

Punya kamar yang terbilang sempit? Merasa tidak betah dengan ruangan seperti itu? Saya sarankan rapikan kamar Anda dan tata ulang agar lebih rapi. Niscaya ruangan kamar pribadi Anda akan terlihat lebih luas dan enak ditempati.

 

Jadi, apa masih ada alasan untuk tidak merapikan kamar?

Komentar