Pertolongan Pertama Pada Orang yang Mimisan



Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang berada di dekat hidung. Pecahnya pembuluh darah tersebut dapat disebabkan karena posisi tubuh yang salah, berada di lingkungan panas, dan masih banyak lagi.

Mimisan sangat berbeda dengan lendir yang keluar saat Anda flu. Saat mimisan Anda tidak boleh melecit darah ke dalam hidung. Dan Anda juga tidak boleh berada di tempat yang suhunya tinggi.

Nah, lantas bagaimana caranya memberikan pertolongan kepada orang yang sedang mimisan?

1. Bawa ke Lokasi yang Lebih Teduh / Sejuk

Ketika berada di lingkungan yang panas, pembuluh darah manusia secara otomatis akan melebar untuk mempertahankan suhu tubuh ke suhu normal. Nah, ketika mimisan, pembuluh darah di sekitar hidung Anda sedang dalam keadaan berlubang. Itu sebabnya ketika menemukan orang yang mimisan maka Anda harus segera membawanya ke tempat yang teduh / sejuk.

2. Tekan Hidung

Pertolongan paling pertama yang harus Anda lakukan adalah memerintah kepada korban untuk bernapas menggunakan mulut sedangkan tangan Anda menekan hidung korban sampai darah berhenti mengalir.

3. Gunakan Air Dingin

Rendamlah sebuah handuk pada air yang bersuhu dingin, lalu tempelkan pada hidung bagian atas. Tujuannya adalah untuk mempersempit pembuluh darah yang ada di sekitar hidung sehingga membantu menghentikan aliran darah yang keluar lewat hidung.

4. Bawa ke Dokter

Jika hidung korban masih saja mengeluarkan darah, saya sarankan segera bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.