Risiko Menjadi Blogger



Menjadi blogger bisa jadi cita-cita bagi sebagian orang. Terutama bagi orang-orang yang sudah mendengar kesuksesan para blogger meraup sukses hanya dari sebuah blog yang dikelola perorangan. Ya, menjadi blogger memang menyenangkan. Anda boleh menulis apapun sesuka hati Anda, jika Anda tidak ingin diprotes maka Anda tinggal menonaktifkan fitur komentar pada blog Anda. It`s so easy and fun!


Yap, dunia blogging memang sesederhana itu. Kerjanya sederhana, sesuka hati kita, tapi gajinya bersaing dengan para pekerja kantoran bahkan bersaing dengan para pebisnis. Anda boleh mengatakan hal itu. Tapi jangan langsung tertarik begitu saja.

Sebaiknya Anda tahu bahwa sebenarnya di balik itu semua ada banyak risiko yang akan Anda tanggung ketika Anda menjadi blogger. Apa sajakah risiko itu?

1. "Teori tidak mendasar!"

Celaan tersebut mungkin akan Anda dapatkan ketika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan dari para komentator blog. Ya, komentator memang sangat beragam. Ada yang santai, ada yang senang berpromosi, ada juga yang kritis.

Sebagai blogger, Anda dituntut untuk menyajikan tulisan yang bermanfaat bagi para pembacanya. Tapi selain itu, Anda juga dituntut untuk melayani pertanyaan dari para komentator sebagai bentuk tanggung jawab atas apa yang telah Anda tulis di blog Anda. Jika ternyata sang komentator adalah seorang pakar / ahli yang lebih cerdas daripada Anda, bersiap-siaplah untuk kalah debat dan menerima kritikan yang pedas atas tulisan Anda.

2. Sulit Mendapat Perhatian Wanita

"Kamu blogger ya? Ih keren banget.."

Sangat jarang saya mendengar wanita melontarkan perkataan di atas. Malah tidak pernah.

Ya, beberapa waktu lalu saya sudah pernah menulis artikel tentang profesi-profesi laki-laki yang digemari para wanita, dan kenyataannya blogger bukanlah profesi pria idaman wanita. Wanita jelas lebih tertarik pada lelaki yang senang berpetualang, berolahraga, dan bersosialisasi. Bukan pada blogger yang aktivitas sehari-harinya hanya menulis dalam kamar.

3. Sukses Butuh Keberuntungan

Mayoritas blogger mengatakan hal ini. Jangan terlalu bermimpi bisa jadi kaya raya hanya dengan blogging. Karena ternyata untuk sukses dari sebuah blog sangatlah sulit. Mengapa? Tentunya karena jumlah blog yang ada di seluruh dunia sangatlah banyak dengan genre yang beragam. Persaingan untuk mendapatkan popularitas dan kesuksesan semakin ketat. Anda butuh kreativitas dan sebuah keberuntungan agar bisa sukses dan meraup untung dari sebuah blog.

4. Dijiplak

Risiko berikutnya yang akan Anda terima jika Anda menjadi seorang blogger adalah dijiplak. Ya, tulisan Anda akan dijiplak oleh para blogger lain. Beruntunglah jika blogger tersebut mau bertanggung jawab mau mencantumkan sumber tulisannya. Tapi kalau tidak, saya jamin Anda akan merasa kesal karena tulisan Anda sudah di copy-paste tanpa seizin Anda.

5. Malas

Ketika menjadi blogger, Anda akan bekerja di rumah. Mengapa? Ya, beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menuliskan artikel tentang dampak negatif bekerja di rumah. Di sana sudah dijelaskan bahwa ketika Anda bekerja tanpa seorang bos, maka Anda akan bekerja seenaknya dan kedisiplinan Anda tidak akan terlatih. Anda akan cenderung bermalas-malasan. Saya sarankan meskipun Anda adalah seorang blogger, tidak ada salahnya untuk bangun dan beraktivitas pada pagi hari seperti orang lain.

 

Saya menulis ini bukan untuk menakut-nakuti Anda. Saya tetap berani mengatakan bahwa menjadi blogger adalah pekerjaan yang mengasyikkan. Tetapi, saya harus kembali mengingatkan bahwa menjadi kaya raya dari blog itu adalah sesuatu yang sulit dicapai jika tanpa kreativitas dan kemampuan menulis yang baik.

Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. terus kalua anda tau resiko menjadi blogger
    kenapa anda sendiri menjadi blogger ?

    ReplyDelete
  2. @amir bos: Karena menulis dan berbagi itu menyenangkan bagi saya :) Salam kenal :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.