Tips Menghilangkan Ketombe


Saya rasa ketombe adalah masalah yang sama beratnya dengan jerawat. Ya, tidak begitu berpengaruh terhadap penampilan Anda, tetapi bisa membuat Anda tidak percaya diri. Jadi jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri Anda, maka Anda harus mencari cara untuk menghilangkan ketombe Anda.

Namun masalahnya adalah bagaimana cara menghilangkan ketombe tersebut? Saya beri tahu, sebenarnya ketombe yang ada di kepala seseorang penyebabnya berbeda-beda. Dan tentunya, penyebab yang berbeda maka berbeda pula cara mengatasinya. Baiklah, berikut beberapa penyebab munculnya ketombe dan solusinya:

1. Stress

Stress dapat merusak sel-sel kulit kepala secara perlahan-lahan. Sel yang rusak tersebut nantinya akan mati dan berubah menjadi ketombe.

Solusi: Hindari stress. Sesibuk apapun Anda, dalam waktu satu minggu usahakan ada waktu minimal 2 jam untuk refreshing. Entah itu berjalan-jalan sembari menikmati udara segar ataupun menonton film. O ya, beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel tentang tips-tips menyegarkan otak, silakan klik disini.

2. Cuaca

Faktor lain yang dapat memicu munculnya ketombe adalah cuaca panas. Cuaca panas yang menyengat dapat menyebabkan kulit kepala Anda cepat kering. Kulit kepala yang kering akan memicu rusaknya sel-sel kulit kepala. Sama seperti poin pertama, sel-sel kulit kepala yang rusak ini nantinya akan mati dan berubah menjadi ketombe.

Solusi: Saya sarankan hindari cuaca panas. Jika terpaksa harus berpanas-panasan Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa saja meminimalisir munculnya ketombe. Caranya gunakan pelindung semacam topi atau payung agar kepala Anda tidak mengalami kontak langsung dengan cahaya matahari, selesai.

3. Alergi

Faktor ketiga sekaligus faktor terakhir dari munculnya ketombe adalah alergi. Ya, bisa saja kulit kepala Anda ternyata alergi pada produk sampo yang Anda gunakan sehingga ketika kulit kepala Anda melakukan kontak dengan sampo tersebut maka sel-sel kulit kepala Anda akan rusak. Kembali, ujung-ujungnya hal ini menyebabkan ketombe di kepala Anda.

Solusi:
  • Ketahui zat apa yang memicu alergi dan membuat kulit kepala Anda rusak
  • Ketika membeli sebuah merek sampo tertentu, lihat komposisinya. Jika ternyata sampo tersebut mengandung zat yang memicu alergi Anda, maka jangan pernah gunakan produk tersebut.
  • Anda tidak tahu zat apa yang memicu alergi pada kulit kepala Anda? Tenang, Anda bisa mencoba cara manual: Coba berbagai merek sampo satu persatu. Ya, tentunya jika sudah tidak ada jalan lain. O ya, sebelumnya saya ingatkan, bergonta-ganti merek sampo dalam waktu singkat dapat memicu rusaknya rambut Anda. Jadi berhati-hatilah.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips menghilangkan ketombe. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.