4 Dampak Negatif Terlalu Lama Tidur



Tidur memang sudah menjadi aktivitas wajib yang rutin dilakukan manusia untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk mengistirahatkan otot-otot tubuh, tidur juga bermanfaat untuk menambah konsentrasi otak.

Tapi disamping itu, ternyata ada banyak dampak negatif yang akan Anda terima jika Anda mengambil jam tidur terlalu lama. Apa sajakah dampak negatif itu?

1. Diabetes Melitus

Makanan berkarbohidrat yang kita konsumsi nantinya akan diubah menjadi glukosa. Nah, glukosa yang berada di pembuluh darah ini nantinya akan diubah menjadi zat yang bernama glikogen oleh hormon yang bernama insulin. Nantinya glikogen ini akan disimpan dalam otot dan dijadikan sumber energi bagi otot untuk melakukan kontraksi dan relaksasi (Kontraksi dan relaksasi otot berfungsi untuk menggerakkan tulang pada anggota tubuh kita).

Ketika kita terlalu lama tidur, secara otomatis otot kita pun akan jarang bergerak. Jika otot kita tidak menggerakkan anggota tubuh kita, maka otot tidak akan berkontraksi dan berelaksasi. Jika otot tidak berkontraksi dan berelaksasi, maka otot tidak membutuhkan glikogen. Jika glikogen tidak dibutuhkan, maka glukosa tidak akan diubah menjadi glikogen. Jika glukosa tidak diubah, maka kadar glukosa dalam darah akan meningkat. Meningkatnya kadar glukosa (gula) dalam darah memicu terjangkitnya penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

Itulah alasan mengapa ketika kita kelebihan jam tidur maka kita harus menambah jam olahraga. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

2. Sakit kepala

Jam tidur berlebih menyebabkan tidak teraturnya jam tidur malam Anda. Tidak teraturnya jam tidur tersebut dapat memicu terjadinya sakit kepala.

3. Obesitas

Tentu saja, tidur yang terlalu lama dapat memperlambat proses pencernaan makanan. Akibatnya, Anda akan lebih cepat gemuk.

4. Nyeri Punggung

Hal ini mungkin akan terjadi pada Anda yang tidur terlalu lama di kasur yang tidak sehat (terlalu keras atau terlalu empuk). Kemungkinan besar tulang punggung Anda terasa sakit karena tulang punggung Anda terlalu lama berada dalam posisi yang tidak baik.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai dampak negatif jika Anda tidur terlalu lama. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.