Kebiasaan Sederhana yang Bisa Memajukan Bangsa



Memajukan bangsa memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan tekad yang kuat dan keberanian yang tinggi untuk berhasil mengukir prestasi. Tidak hanya itu, persaingan yang ketat juga ternyata membuat banyak orang menjadi pesimis dapat berprestasi. Padahal saya yakin mereka semua punya potensi yang luar biasa. Sayang sekali..

Tetapi sebenarnya, ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memajukan bangsa. Apa sajakah kebiasaan itu?

1. Cintai Produk Dalam Negeri

Gunakan produk-produk dalam negeri. Soal kualitas, tidak kalah kok dengan produk-produk luar negeri. Tentu jika produk-produk dalam negeri ini semakin banyak pemakainya, maka produsen produk tersebut pastinya akan berpikir untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

2. Cintai Budaya Dalam Negeri

Tentu saja, Indonesia dikenal akan kekayaan budayanya. Tidak hanya banyak, tetapi juga menarik untuk dipelajari. Yah ... setidaknya Anda menguasai tarian atau alat musik khas wilayah Anda. Apa ada yang tidak tertarik dengan itu? Tenang, mengapresiasi orang yang melestarikan budaya juga merupakan wujud kecintaan kita terhadap bangsa ini.

3. Mencintai Pariwisata Dalam Negeri

Memang, beberapa waktu lalu saya pernah menyinggung Indonesia dalam artikel alasan mengapa berlibur ke luar negeri lebih menyenangkan ketimbang berlibur di dalam negeri, tetapi saya ingatkan kembali, pariwisata Indonesia tidak kalah menarik kok! Selain dapat mengenal dan mengapresiasi keindahan alam Indonesia, berpariwisata di dalam negeri juga merupakan salah satu cara untuk mencegah uang kita "lari" ke negara lain.

4. Banyak Membaca

"Buku adalah gudangnya ilmu dan jendela dunia"

Pepatah tersebut sudah menghantui saya sejak saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Dan sekarang saya menyadari betapa bermanfaatnya membaca buku. Membaca buku dapat memperluas pengetahuan Anda. Efeknya, Anda akan banyak tahu dan sulit dibohongi orang lain. Banyak membaca juga ternyata dapat meningkatkan daya ingat otak. Tidak hanya itu, banyak membaca juga dapat memperbaiki kemampuan berbahasa seseorang. Dengan segudang manfaat ini, apakah Anda masih enggan membaca buku?

5. Berbagi

Bagikanlah ilmu yang sudah terkumpul di kepala Anda, toh tidak ada ruginya. Ilmu yang ada di kepala Anda tidak akan pernah berkurang. Jangan khawatir Anda akan tersaingi. Tidak akan kok! Saya selalu ingat pepatah: "Semakin banyak ilmu yang kita berikan pada orang lain, semakin banyak pula ilmu yang kita dapat dari orang lain."

Jadi tidak usah khawatir ilmu Anda akan tersaingi, meskipun ilmu yang Anda miliki diberikan kepada orang lain, toh nanti Anda pun akan mendapatkan ilmu yang baru.


Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai berbagai kebiasaan sederhana yang bisa memajukan bangsa. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.