5 Manfaat Mandi Air Hangat



Anda mungkin sering mandi menggunakan air hangat. Bagaimana rasanya? Nyaman dan membuat rileks, bukan? Ya, mandi menggunakan air hangat memang nyaman dan menyenangkan. Tidak salah jika banyak orang yang memiliki kebiasaan mandi menggunakan air hangat setiap pagi dengan alasan agar lebih rileks bekerja.

Mandi air hangat memang memiliki banyak manfaat terhadap tubuh kita. Tidak ada salahnya jika kita memiliki kebiasaan mandi air hangat setidaknya satu kali dalam seminggu dengan tujuan relaksasi tubuh. Lantas sebenarnya apa sajakah manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mandi menggunakan air hangat?

1. Mengendurkan Otot

Air hangat yang membalut tubuh akan membuat otot-otot Anda mengendur. Hal ini mengakibatkan tubuh Anda terasa rileks dan segar seusai mandi.

2. Menyehatkan Jantung

Tidak hanya mengendurkan otot, air hangat juga memiliki manfaat untuk menstabilkan detak jantung Anda sehingga dapat menyehatkan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Memperlancar Aliran Darah

Selain menstabilkan detak jantung, air hangat juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang melebar disertai stabilnya detak jantung akan menyebabkan aliran darah dalam tubuh Anda menjadi lebih lancar dari biasanya. Lancarnya aliran darah akan meningkatkan kinerja organ-organ tubuh, meningkatkan konsentrasi otak, dan membuat otak menjadi lebih sulit untuk stress.

4. Membuka Pori-Pori Kulit

Lalu air hangat juga berfungsi untuk membuka pori-pori kulit Anda. Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda mandi dalam keadaan pori-pori kulit terbuka, diantaranya:
  • Pori-pori yang terbuka akan memudahkan air sabun untuk mengeluarkan kotoran di kulit.
  • Pori-pori yang terbuka akan membantu proses pengeluaran racun di bawah kulit.

5. Mengobati Batuk

Uap air hangat biasanya akan terhirup oleh kita dan ternyata secara tidak sadar uap tersebut dapat mebersihkan tenggorokan kita dari dahak dan kotoran-kotoran yang mengganggu saluran pernafasan.

 

Baik, saya rasa cukup 5 poin saja untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya :)

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.