Tips Bersekolah di Sekolah yang Tidak Disukai



Saya rasa cukup banyak anak yang mengeluh dengan sekolah barunya, entah itu karena teman-teman barunya tidak asyik atau lingkungan sekolah barunya yang tidak lebih nyaman ketimbang sekolah lamanya. Apabila keluhan ini telah muncul, lantas apa yang harus dilakukan si anak dan orangtua?

Sebisa mungkin orangtua memberi dukungan agar si anak mau beradaptasi dengan lingkungan barunya tersebut. Berikan sugesti bahwa lingkungan yang buruk bukanlah alasan untuk tidak beradaptasi. Namun apabila anak masih saja mengeluh tentang sekolahnya, alangkah baiknya orangtua mulai berpikir untuk memindahkan sekolahnya agar psikologis anak tidak terganggu terus menerus.

Untuk anak, sebelum mengeluh tentang sekolah yang tidak nyaman alangkah baiknya coba dulu beradaptasi dengan lingkungan. Siapa tahu ternyata sekolah itu berisi murid-murid yang seru dan asyik diajak bersosialisasi.

Tetapi bagaimana caranya beradaptasi di sekolah yang tidak kita sukai?

1. Tetap Tenang

Saya tahu, jika Anda membenci sekolah Anda, pasti ada rasa malas ketika hendak memasuki sekolah tersebut. Hal tersebut terjadi karena Anda terlalu membesar-besarkan kebencian Anda terhadap sekolah Anda. Alhasil emosi Anda tidak akan terkendali acapkali berada di sekolah tersebut. Padahal Anda tidak akan bisa beradaptasi dengan baik jika Anda tidak dapat mengendalikan emosi Anda sendiri.

2. Senyum

Ya, senyum adalah salah satu cara tercepat untuk memperbaiki mood yang tidak stabil. Tersenyumlah! Meskipun hati Anda sedang risau karena merasa tidak nyaman bersekolah di sekolah yang tidak Anda sukai, tetaplah tersenyum!

3. Cari Teman Sependeritaan

Percayalah, jika Anda merasa tidak nyaman bersekolah di sekolah tersebut, pasti ada murid lain yang merasakan hal serupa. Cari tahu siapa orang yang sependeritaan dengan Anda. Ajak orang tersebut untuk berbagi keluh kesah bersama. Cari tahu bagaimana cara orang tersebut menghilangkan rasa galaunya, lalu tiru. Bahkan Anda boleh mengajak orang tersebut memaki-maki sekolah Anda bersama-sama. Secara tidak sadar, akan muncul rasa semangat bercampur senang pada diri Anda ketika Anda bertemu dengan orang yang sependeritaan dengan Anda.

4. Berteman dengan Murid-Murid di Sekolah Lain

Jika Anda sulit bergabung dengan murid-murid di sekolah baru, cobalah untuk mencari teman di luar sekolah atau di sekolah lain. Siapa tahu Anda bisa menemukan teman yang lebih baik ketimbang orang-orang di sekolah Anda.

5. Menambah Jadwal Liburan

Bersekolah di sekolah yang tidak Anda sukai akan membuat Anda sedih hampir di setiap saat. Hal ini dapat menyebabkan stres yang mengganggu kesehatan mental Anda. Oleh karena itu, saya sarankan Anda untuk menambah jadwal berlibur Anda agar Anda tidak terlalu tertekan dengan situasi sekolah yang tidak nyaman.

6. Berdoa

Tentunya, tahap terakhir setelah melakukan kelima poin di atas adalah berdoa. Berdoalah pada Yang Mahakuasa dan tingkatkan keimanan Anda. Niscaya Tuhan akan memberikan jalan terbaik pada Anda. Aamiin.

 

Demikianlah artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.