Bagaimana Cara Membedakan Ular Berbisa dengan yang Tidak Berbisa?



"Mas Sayoga, bagaimana caranya membedakan ular yang berbisa dengan yang tidak berbisa? Apakah dilihat dari bentuknya, dari perilakunya, atau dari warna kulitnya? Terimakasih sebelumnya ...."

Baiklah, sekarang akan saya jawab pertanyaan yang satu ini.

Sebenarnya sederhana saja. Jika kita ingin mengetahui apakah seekor ular berbisa atau tidak, kita melihatnya dari berbagai aspek, diantaranya:

Dilihat dari Ukuran Tubuh

Contoh ular berbisa. Ukuran tubuhnya cenderung ramping.

Apabila dilihat dari ukuran tubuh, biasanya ular yang dianugerahi dengan tubuh yang besar memiliki bisa yang lebih lemah atau bahkan tidak berbisa sama sekali. Sedangkan ular yang bertubuh kecil biasanya memiliki bisa yang lebih kuat dan lebih mematikan.

Dilihat dari Bekas Gigitannya

Seperti inilah bekas gigitan ular berbisa.

Berbisa atau tidaknya seekor ular juga dapat dilihat dari bekas gigitan yang ada pada kulit korban. Jika bekas gigitan berbentuk huruf "U", maka dapat dipastikan bahwa ular itu tidak berbisa. Jika bekas gigitan terlihat seperti dua titik yang sejajar, maka dapat dipastikan bahwa ular tersebut berbisa dan korban harus diberi pertolongan sesegera mungkin. 

Meskipun gigitan ular berbisa dan ular yang tidak berbisa dapat dibedakan dengan jelas, namun tetap saja saya menyarankan Anda untuk segera membawa korban ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel singkat saya kali ini, semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.