Tips Mencegah Sakit Gigi



Rasa ngilu dan sakit yang terasa pada gigi dapat menjalar menjadi sakit kepala bahkan sakit Rasa ngilu dan sakit yang terasa pada gigi dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh lain. Sakit kepala contohnya.

Sakit gigi dianggap fenomena yang sudah biasa di kalangan masyarakat. Rata-rata para penderita sakit gigi mengonsumsi obat-obat keras yang terdapat di warung terdekat. Padahal, penggunaan obat keras harus diikuti dengan resep dokter. Toh, rasa sakit yang timbul di gigi Anda itu harus didiagnosa dulu penyebabnya. Barulah Anda dapat mengobatinya.

Memang, rasanya merepotkan apabila Anda harus konsultasi ke dokter setiap sakit gigi. Tidak hanya repot, tetapi juga mahal. Jadi, apakah solusi terbaik?

Satu-satunya solusi terbaik yang dapat saya berikan adalah: Cegah sakit gigi. Bagaimana cara mencegahnya?

1. Banyak Minum Air Putih

Air putih atau air mineral yang masuk ke dalam mulut akan membersihkan sisa-sisa makanan dan cairan-cairan asam yang menempel pada gigi. Hal ini tentu dapat menjaga gigi tetap bersih dari zat sisa makanan. Jika gigi bersih dari zat sisa makanan, maka tentunya gigi kita akan terjaga kesehatannya. Dan ternyata, air mineral murni (air layak minum) mengandung fluor yang dapat memperkuat email gigi. Tetapi, fluor ini akan hilang jika air mineral tersebut berada dalam kondisi panas atau dimasak.

2. Sikat Gigi Secara Rutin

Tentunya, sikatlah gigi Anda secara rutin. Para ahli gigi menyarankan kita untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Menyikat gigi dapat melepaskan zat sisa makanan dan asam amino dari gigi. Asam amino yang menempel pada gigi berisiko mengikis lapisan email gigi sehingga membuat gigi keropos atau berlubang.

Tetapi harap diingat, menyikat gigi seusai makan dapat menyebabkan asam amino dan zat sisa makanan terdorong masuk ke dalam gigi dan memperparah kesehatan gigi. Oleh karena itu, jika Anda ingin menyikat gigi seusai makan, tunggulah dulu hingga satu jam lamanya. Barulah Anda dapat menyikat gigi Anda dengan aman. Dan jangan lupa, gunakan pasta gigi untuk memutihkan gigi dan menyegarkan mulut.

3. Perhatikan Asupan Kalsium

Perhatikan makanan yang Anda makan. Pastikan ada makanan atau minuman berkalsium yang Anda konsumsi setiap hari. Kalsium berfungsi untuk memperkokoh tulang rahang atas dan rahang bawah sebagai penopang utama gigi kita.

4. Konsumsi Vitamin C

Apa hubungan antara gigi dengan vitamin C? Tentu tidak ada. Tetapi vitamin C dapat memperbaiki dan memperkuat gusi. Kondisi gusi yang baik tentunya akan membuat kita jarang merasakan sakit gigi.

5. Konsultasikan Kesehatan Gigi Anda Secara Berkala

Jalan terakhir, adalah konsultasi ke dokter setiap 6 bulan sekali untuk megecek seberapa sehat gigi kita dan untuk mendiagnosa penyakit pada gigi sedini mungkin.

 

Demikianlah artikel saya kali ini tentang tips mencegah sakit gigi. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.