5 Kebiasaan yang Dapat Mengurangi Rasa Malas



Rasa malas acapkali menjumpai diri kita terutama ketika kita sedang banyak pekerjaan. Rasa malas yang mengganggu produktivitas kita ini sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi tubuh yang kurang fit hingga pekerjaan yang terlampau sulit.

Nah, lantas bagaimana cara menyiasati malas agar tidak sering berkunjung ke tubuh kita? Sebenarnya ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat mengurangi rasa malas Anda tersebut. Mau tahu?

1. Ketika Bangun Tidur, Langsung Bangun!

Mungkin Anda terbiasa untuk bermalas-malasan dulu beberapa detik setelah terbangun dari tidur Anda. Namun sayangnya, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa bermalas-malasan di atas kasur sesaat setelah bangun tidur tidak ada gunanya untuk kesehatan kita. Yang ada hanyalah waktu yang terbuang percuma. Oleh karena itu, ketika bangun tidur, langsung bangkitkan tubuh Anda dari posisi tidur dan segeralah melakukan gerakan-gerakan pemanasan sederhana agar tubuh Anda enggan berbaring kembali ke atas kasur.

2. Sarapan dengan Makanan Kaya Protein

Seperti yang telah saya singgung di beberapa artikel yang pernah saya tulis, jenis sarapan sangat memengaruhi mood seseorang di sepanjang hari. Oleh karena itu, selalu siapkan jenis sarapan yang enak, sehat, dan bergizi. Saya sarankan perbanyak jenis makanan yang mengandung protein. Protein akan membantu kinerja otak Anda di sepanjang hari agar menjadi lebih optimal. Makanan yang mengandung protein juga akan menambah fokus dan konsentrasi otak Anda di sepanjang hari.

3. Tidur Siang

Mungkin Anda berpikir bahwa aktivitas yang satu ini hanya pantas dilakukan oleh anak kecil. Jika Anda benar-benar memiliki pandangan seperti itu, maka mulai sekarang ubahlah pandangan Anda. Tidur siang merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat terutama untuk mengembalikan energi yang terkuras akibat bekerja. Ketika energi Anda sudah kembali, Anda dapat bekerja dengan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih optimal. Jika Anda ingin mengetahui manfaat lainnya dari tidur siang, silakan baca artikel saya yang berjudul 'Berbagai Manfaat Tidur Siang'

4. Minum Air Putih

Jika Anda ingin tubuh Anda terus bekerja keras dan mempertahankan konsentrasi, maka Anda harus membuat tubuh Anda terhidrasi (terisi cairan) secara terus menerus. Meneguk air putih yang kaya akan oksigen, mineral, dan fluor tentunya jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh kita ketimbang air kemasan bermerk yang sudah bercampur dengan berbagai bahan kimia seperti bahan pewarna makanan dan bahan pengawet minuman.

5. Bergerak

Bergerak adalah aktivitas sederhana yang paling sering dilakukan manusia. Ketika Anda merasa jenuh dengan pekerjaan Anda di depan komputer, maka menjauhlah sejenak dari komputer Anda, lalu lakukan beberapa gerakan relaksasi dan pemanasan otot untuk mengembalikan fokus tubuh.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa kebiasaan sederhana yang dapat mengurangi rasa malas Anda. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.