9 Manfaat Bernyanyi




Anda suka bernyanyi? Jika Anda bukan seorang tunarungu, pasti jawabannya 'ya'. Ya, tak ada orang yang tak suka bernyanyi. Bahkan orang yang pekerjaannya serius pun pasti selalu menyempatkan diri untuk bersenandung setiap harinya. Mengapa bisa begitu?

Hiburan. Ya, bernyanyi merupakan hiburan murah meriah yang bisa kita dapatkan kapanpun kita mau. Tidak hanya hiburan, ternyata bernyanyi juga memiliki manfaat lainnya. Mau tahu?

Secara psikis:

1. Melepas Stress

Bernyanyi merupakan salah satu cara aman melepas stress. Ya, tanpa harus marah-marah sembari mengacak-acak barang di rumah, tanpa harus menangis tersedu-sedu tanpa henti, menyanyi dapat menjadi solusi cerdas melepaskan stress. Tidak percaya? Cobalah!

2. Memicu Munculnya Rasa Bahagia

Ternyata tidak hanya saat berolahraga saja, ketika bernyanyi pun tubuh kita memproduksi hormon endorphin. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang. Anda tidak percaya? Cobalah!

3. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel terdahulu saya yang berjudul '5 Manfaat Mendengarkan Musik', nada-nada yang diterima telinga kita dapat menyebabkan seseorang memiliki kecerdasan mental yang baik. Coba perhatikan, orang yang sering mendengarkan musik biasanya jarang tersinggung apabila dihina, kan?

Secara Fisik:

1. Menghilangkan Kantuk

Bernyanyi terbukti dapat menghilangkan kantuk. Hal ini disebabkan karena saat bernyanyi, pernapasan kita dituntut untuk stabil. Hal ini menyebabkan detak jantung kita menjadi sulit rileks. Jika detak jantung kembali normal, asupan oksigen ke otak menjadi kembali normal. Jika asupan oksigen ke otak kembali normal, maka kita tidak akan bisa tidur. Memang, beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel tentang tips menghilangkan kantuk. Tetapi di sana saya tidak menganjurkan Anda untuk bernyanyi. Mengapa? Toh rasanya tidak mungkin jika Anda harus bernyanyi di kantor atau di dalam kelas :D

2. Membuat Awet Muda

Mengapa awet muda? Ketika bernyanyi, otot-otot wajah kita dipaksa untuk berkontraksi. Semakin sering otot-otot wajah berkontraksi, maka kulit menjadi lebih kencang. Akibatnya kulit Anda akan tampak lebih muda dan tidak mudah keriput.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Hal ini juga saya rasakan ketika saya mulai rutin berlatih vokal. Bernyanyi membutuhkan pernapasan yang baik. Pernapasan yang baik didapatkan ketika postur tubuh berada dalam kondisi sempurna (tegap). Semakin sering Anda bernyanyi, secara tidak sadar postur tubuh Anda akan membaik dengan sendirinya. Tidak percaya? Cobalah!

4. Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Tentu saja, bernyanyi menuntut Anda untuk membuka mulut dan berbicara. Semakin sering Anda berbicara, maka secara tidak sadar kemampuan bertutur kata, berintonasi, berartikulasi, dan kemampuan berbicara lainnya menjadi lebih baik. Itu artinya, bernyanyi sama saja dengan melatih kemampuan berbicara.

5. Meningkatkan Kinerja Jantung

Seperti yang telah saya singgung pada poin nomor 1, bernyanyi melibatkan pernapasan. Pernapasan yang terolah dengan baik akan membuat detak jantung berada dalam kondisi normal, tidak dalam kondisi lemah.

6. Mengobati Berbagai Penyakit Pernapasan

Anda punya penyakit bronkitis? Anda punya penyakit asma? Anda terserang batuk ringan? Jangan berpikir bahwa obat dari penyakit-penyakit tersebut hanya dapat disembuhkan oleh obat-obatan. Ternyata, aktivitas yang mengolah pernapasan seperti berenang dan bernyanyi dapat mengobati penyakit-penyakit tersebut.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai berbagai manfaat yang akan kita dapatkan jika kita bernyanyi. So, let we sing!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.