Dampak Positif Banjir



Banjir. Siapa yang mau? Tentu tak ada. Banjir memang merupakan sebuah bencana alam yang merugikan banyak pihak. Bahkan banyak yang berkata bahwa banjir adalah salah satu bencana alam yang paling berbahaya. Bayangkan, ribuan kendaraan terpaksa harus dibawa ke bengkel karena rusak terendam air, dinding-dinding rumah menjadi berlumut, serta masih banyak lagi kerusakan-kerusakan yang merugikan banyak orang.

Dengan sederet kisah mengerikan itu, kita langsung berasumsi bahwa banjir adalah suatu bencana alam yang tidak ada manfaatnya. Padahal kalau kita kaji ulang, banjir juga memiliki dampak positif. Diantaranya:

1. Melatih Kreativitas

Perhatikan, dengan adanya banjir, kita malah jadi memiliki ide untuk membangun rumah dengan pondasi yang lebih tinggi. Dengan adanya banjir, kita jadi memiliki ide untuk keliling kota dengan speedboat. Dengan adanya banjir, kita jadi memiliki ide untuk mengubah gerobak menjadi alat transportasi yang nyentrik. Perhatikan, betapa kreatifnya kita ketika banjir datang. Jika saja tak ada banjir, mungkin tak akan ada ide-ide unik semacam itu.

2. Menjadi Ajang Sosialisasi yang Baik

Ketika banjir, banyak sekolah yang mengizinkan muridnya untuk libur sekolah. Beberapa kantor pun mengizinkan karyawannya untuk cuti kerja. Hal semacam ini dapat membuat kita lebih banyak bersosial dengan orang-orang di sekitar kita. Belum lagi seusai banjir nanti, kita akan bergotong royong untuk membersihkan lingkungan. Ini juga menjadi salah satu ajang sosialisasi yang baik.

3. Mengingatkan Kita Untuk Mencintai Alam

Banjir juga bisa menjadi salah satu 'alarm' untuk mengingatkan kita agar tidak merusak lingkungan dengan cara menebang pohon atau membuang sampah sembarangan.

 

Jadi, sebenarnya positif atau tidaknya suatu kejadian bergantung pada sudut pandang kita sendiri, mau mengambil hikmahnya atau mau mengeluh saja.

Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.