Pertolongan Pertama pada Orang yang Pingsan





Suatu ketika, Anda tengah berjalan di jalan yang cukup sepi bersama rekan Anda. Namun seketika saja rekan Anda itu terjatuh dan langsung terbaring tak sadarkan diri. Anda langsung menengok ke arah kanan dan arah kiri, tak ada siapapun yang dapat diminta tolong. Apa yang akan Anda lakukan?

Ya, kejadian seperti itu mungkin pernah Anda alami. Jika Anda belum pernah mengalami kejadian semacam itu, artikel ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat di masa yang akan datang. Toh tentu tidak mungkin Anda membiarkan rekan Anda tergeletak di pinggir jalan.

Penyelamatan itu penting. Anda harus menguasai beberapa teknik CPR atau napas buatan untuk menyelamatkan orang yang pingsan dengan pernapasan lemah. Tetapi pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang teknik dasar penyelamatan untuk orang yang pingsan. Apa yang harus kita lakukan pada orang yang pingsan?

1. Periksa saluran pernapasan. Pastikan bahwa napas korban masih teratur. Jika tidak, maka Anda harus memilih antara 3 pilihan:
  • Berikan napas buatan hingga pernapasannya stabil;
  • Cepat-cepat mencari pertolongan orang lain , atau;
  • Cepat-cepat mencari alat transportasi yang dapat membawa korban ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

2. Pindahkah ke tempat yang tidak terpapar sinar matahari Langsung. Jika korban tergeletak di tempat yang terpapar sinar matahari langsung, segera pindahkan ke tempat yang teduh.

3. Baringkan Korban dengan perlahan.

4. Longgarkan pakaian korban untuk melancarkan saluran pernapasannya.

5. Angkat bagian kaki sekitar 15-20 cm hingga posisinya lebih tinggi dari posisi kepala. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pasokan darah ke otak sehingga korban lebih mudah sadar.

6. Berikanlah rangsangan seperti bau menyengat. Contohnya minyak kayu putih, dan lain-lain.

7. Jangan mengerubungi pasien agar kebutuhan oksigen untuk pasien tetap tercukupi.

8. Jika sudah sadar, berikan teh manis atau air putih.

9. Jika butuh pertolongan lebih, segera hubungi dokter.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai cara-cara menyelamatkan nyawa orang yang pingsan. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.