Pertolongan Pertama Bagi Korban Luka Bakar





Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati kemanapun Anda pergi. Apabila ada indikator bencana, cepat-cepat Anda menjauh dan mencari tempat Aman.

Tidak hanya itu, selain menyelamatkan diri dari bencana, Anda juga dituntut untuk menjadi penyelamat bagi orang lain. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memberikan pertolongan pertama bagi para korban luka bakar entah itu pada saat peritiwa kebakaran atau bencana apapun itu.

Baik langsung saja, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan para korban luka bakar :

  1. Siram bagian yang terbakar dengan air dingin atau olesi dengan es. Ada yang bilang bisa dengan menggunakan pasta gigi, mungkin karena terdapat "mint" pada pasta gigi. Tetapi menurut saya "mint" pada pasta gigi masih kurang dingin ketimbang dengan air dingin atau es. Maka dari itu saya sarankan anda siram saja bagian yang terluka dengan air dingin atau es agar penyembuhannya lebih optimal.
  2. Setelah disiram menggunakan air dingin atau diolesi es, maka bagian yang terluka itu harus dikeringkan. Gunakan kain halus untuk mengeringkannya dan harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menyakiti korban.
  3. Terakhir, setelah dikeringkan, balutlah bagian yang terluka tersebut menggunakan perban.

 

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Inilah Gaya Hidup Orang Sehat



Sebenarnya gaya hidup seperti apakah yang disebut dengan gaya hidup sehat? Apakah berolahraga setiap saat? Apakah cukup dengan nongkrong di gym?

Pertanyaan itu sering sekali terlontar dari mulut orang-orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Rata-rata sebenarnya orang sudah ingin memulai hidup sehat, hanya saja mereka terhalang oleh kesibukan mereka sendiri. Mereka lebih mementingkan pekerjaan daripada kesehatan. Padahal sehat itu tidak akan pernah sebanding dengan uang.

Nah, pada artikel kesehatan kali ini saya akan membahas tentang seperti apa gaya hidup yang baik untuk kesehatan. Langsung saja, berikut beberapa gaya hidup yang bermanfaat bagi kesehatan :

1. Tidak Merokok

Tentu saja. Albert Enstein pernah bilang bahwa rokok sangat bermanfaat untuk merilekskan pikiran sehingga memudahkan untuk berpikir. Tetapi sayangnya rokok dapat berefek buruk pada kesehatan. Terutama pada paru-paru dan jantung. Saya sarankan pada Anda agar tidak usah merokok saja. Rokok hanya akan menimbulkan ketergantungan yang tentunya akan berakibat buruk pada diri Anda sendiri.

2. Olahraga Rutin

Ingat, olahraga berjam-jam selama seminggu jauh lebih buruk ketimbang berolahraga rutin 30 menit setiap hari. Saya sarankan Anda untuk meluangkan waktu 30 menit saja perharinya demi kesehatan Anda.

3. Makan Makanan Bernutrisi

Tentu, jika Anda ingin sehat, maka Anda harus banyak-banyak makan-makanan yang bernutrisi seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan lain-lain. Ingat, mengkonsumsi terlalu banyak sayuran atau terlalu banyak buah tidak akan membuat Anda sehat, malah asupan gizinya menjadi tidak seimbang. Yang benar adalah mengkonsumsi sayur, daging, buah, dan karbohidrat secara seimbang setidaknya dalam satu bulan.

4. Hindari Stress

Anda pasti sadar, orang yang mudah stress adalah orang yang mudah sakit. Pikiran yang semrawut akan membuat metabolisme tubuh Anda juga jadi tidak baik. Saran saya sebaiknya Anda tahu hal apa saja yang akan membuat Anda stress dan aktivitas apa saja yang dapat menghilangkan stress Anda.

5. Bersosialisasi

Bersosialisasi adalah salah satu cara untuk menghindari stress. Bicaralah tentang apa saja dengan rekan Anda. Selain dapat bertukar pikiran, aktivitas bersosialisasi ini juga bisa menjadi refreshing bagi otak Anda.

 

Nah, gaya hidup seperti itulah yang dapat dikatakan gaya hidup sehat. Apakah gaya hidup Anda sehat?
baca selengkapnya...

Bagaimana Caranya Agar Bahagia Setiap Saat?





"Mas Sayogand, bagaimana caranya agar kita selalu bahagia setiap saat? Terimakasih."

Tidak mungkin. Anggap saja sebuah baterai tidak ada kutub negatifnya, maka baterai tersebut tidak akan bisa memberi energi pada remote atau jam dinding. Begitupun manusia, tanpa kesedihan maka Anda tidak akan merasa sedang hidup di dunia.

Kebahagiaan dan kesedihan selalu mewarnai kehidupan manusia. Tidak ada manusia yang tidak pernah merasakan bahagia, dan tidak pernah ada manusia yang tidak pernah merasakan sedih. Semua sama. Semua orang pernah merasakan hal itu. Jadi, jangan berharap Anda bisa lari dari kesedihan.

Namun ternyata memang ada beberapa tips agar Anda tidak terlalu lama terpuruk dalam kesedihan. Berikut beberapa cara agar Anda bisa bangkit dari kesedihan Anda.

1. Cintai Prosesnya, Bukan Hasilnya

Anggap saja Anda adalah seorang murid yang rajin belajar. Tapi anehnya Anda tidak lulus ujian sedangkan murid-murid lain yang lebih malas daripada Anda bisa lulus dengan santainya. Saya yakin jika Anda benar-benar berada di posisi itu, Anda pasti akan kesal bercampur sedih. Jika terjadi seperti itu, ingatlah bahwa proses yang baik itu jauh lebih menentukan masa depan daripada hasil yang baik. Anda harus ingat berapa tetes keringat yang keluar dari dahi Anda selama proses belajar, dan itulah yang sebenarnya Tuhan hargai.

2. Melihat ke Bawah

Dalam keadaan sedih, Anda boleh sekali-kali melirik ke bawah. Lihatlah orang-orang yang jauh lebih tidak beruntung dari Anda. Dan biasanya pada posisi inilah Anda akan bersyukur atas apa yang telah Anda dapatkan.

3. Anggap Segalanya itu Simple


Ketika Anda dihadapi berbagai rintangan yang harus dihadapi, Anda jangan resah dan jangan pernah takut. Anggaplah semua rintangan itu mudah dan simple, anggap semua tugas-tugas yang menumpuk itu adalah tugas yang mudah dikerjakan dan dapat selesai dalam waktu singkat, sugesti dapat mempengaruhi suasana hati Anda.

4. Lakukan Satu Hal Baru Setiap Hari

Berilah warna pada kehidupan Anda. Masukkan pada agenda to do list Anda : "Lakukan hal baru". Anda bisa saja melakukan jogging di hari ini, lalu berjalan-jalan ke tempat tak dikenal esok hari, bermain video games esok lusa, dan masih banyak lagi. Selain dapat memicu kreativitas Anda, cara unik yang satu ini juga dapat memperbaiki mood Anda dan mengurangi stress di kepala.

5. Mantabkan Masa Depan Anda

Anda harus mengetahui kemana arah masa depan Anda. Anda harus tahu target apa yang harus dicapai pada kurun waktu sekian tahun dan kenapa Anda memilih itu. Masa depan yang terarah juga dapat memfokuskan Anda pada satu hal tanpa harus pusing-pusing memikirkan hal yang lain.

6. Lakukan Hal yang Penting Dulu

Salah satu hal yang dapat membuat Anda stress adalah pekerjaan yang menumpuk. Nah, saya sarankan pada Anda untuk melakukan hal-hal yang penting terlebih dahulu. Setidaknya dengan cara seperti itu maka pekerjaan Anda tidak akan semrawut.

 

Cukup 6 poin saja artikel tips saya kali ini, semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Cara Berlari yang Benar





Berlari adalah aktivitas sederhana yang sudah pasti bisa dilakukan semua orang yang memiliki kaki yang normal. Tetapi tidak semua orang tahu bagaimana caranya berlari yang benar.

Berlari memang terlihat mudah. Dan faktanya, berlari memang dapat menyehatkan tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa jika Anda berlari dengan cara yang salah maka berlari malah akan menjadi aktivitas yang menyiksa sendi dan otot.

Bagaimanakah cara berlari yang benar?

1. Jangan Mengayunkan Tangan Secara Berlebih

Mengayunkan tangan secara berlebih dapat mengganggu keseimbangan tubuh Anda saat berlari. Maka dari itu, hindarilah mengayunkan tangan secara berlebih.

2. Jangan Tertawa

Tertawa akan merilekskan otak Anda sehingga langkah kaki Anda menjadi tidak terkontrol. Jika ingin berlari, maka fokuslah berlari sehingga kecepatan berlari Anda lebih terkontrol dan lemakpun lebih banyak yang terbakar.

3. Bernapas Menggunakan Hidung

Pernahkah Anda berlari lalu berhenti setelah beberapa ratus meter karena kerongkongan Anda terasa kering? Mengapa bisa begitu? Itu karena Anda bernapas melalui mulut Anda. Ketika Anda bernapas melalui mulut, maka udara yang masuk ke paru-paru jauh lebih cepat. Akibatnya kerongkongan Anda lebih cepat kering. Saran saya, alangkah baiknya jika Anda bernapas menggunakan hidung ketika berlari agar jarak tempuh Anda bisa lebih jauh dari biasanya.

4. Jangan Gunakan Sepatu yang Salah

Gunakan sepatu khusus olahraga agar saat berlari kaki Anda lebih nyaman dan tidak mudah terluka / lecet. Menggunakan sepatu yang salah saat berlari juga dapat menyebabkan kaki cepat pegal.

5. Lakukan Pemanasan

Sebelum berlari, lakukan pemanasan pada otot-otot kaki Anda agar kaki Anda tidak mudah lelah saat berlari.

 

Ya itulah beberapa tips berlari yang benar. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Gejala-Gejala Amnesia



Amnesia adalah salah satu penyakit yang cukup ditakuti karena ketika mengalami amnesia biasanya seseorang tidak mampu melakukan apapun dengan baik termasuk tertawa dan aktivitas ekspresif lainnya.

Sebelumnya akan saya perkenalkan dulu apa itu amnesia.

Amnesia adalah sebuah penyakit yang menyerang otak dimana sebagian bahkan seluruh ingatan seseorang hilang secara tiba-tiba dikarenakan sebuah benturan yang keras entah saat kecelakaan mobil atau apapun.

Lantas bagaimana caranya kita tahu bahwa seseorang menderita amnesia atau tidak? Sulit bukan? Nah, pada artikel kali ini saya akan mengupas tentang apa saja ciri-ciri / gejala orang-orang yang terkena penyakit amnesia.

1. Tidak Mampu Mengingat Masa Lalu

Ya, orang yang terkena amnesia tidak mampu mengingat hal-hal yang terjadi di masa lalunya. Untuk mengeceknya, ajaklah orang yang Anda curigai terkena amnesia itu untuk mengenang masa lalunya. Jika ia terlihat kebingungan atau mengeluarkan keringat, maka gantilah topik menjadi lebih santai agar ia tidak pingsan. Itu sudah membuktikan bahwa orang itu mengalami gangguan pada ingatannya.

2. Tidak Mampu Mempelajari Hal Baru

Tidak hanya hal-hal di masa lalu, hal-hal di masa sekarang pun para penderita amnesia akan kesulitan untuk menghadapinya. Untuk mengeceknya, ajaklah orang yang Anda curigai terkena amnesia itu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jika orang itu meminta Anda untuk menjelaskannya secara berulang-ulang, berarti orang itu memang memiliki gangguan pada otaknya.

3. Sulit Berbicara

Ciri-ciri yang terakhir, pada penderita amnesia merasa kesulitan dalam berkomunikasi. Jika Anda mengajak seseorang berbicara namun pembicaraan orang itu "tidak nyambung" dengan pembicaraan Anda, maka orang itu sudah pasti mengalami gangguan pada otaknya. Mungkin saja orang itu sedang mabuk atau menderita amnesia.

 

Itulah ciri-ciri / gejala dari penyakit amnesia. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menghilangkan Memori Mimpi Buruk





Hampir semua orang pasti pernah mengalami mimpi buruk ketika tidur. Tidak hanya mengganggu kualitas tidur, mimpi buruk juga dapat mempengaruhi pikiran Anda di kemudian hari. Jika Anda mengalami mimpi buruk yang berlebih, maka efek takutnya akan terus membekas hingga Anda terbangun. Imajinasi Anda akan kembali memanggil memori mimpi buruk yang baru saja Anda alami.

Apakah ini buruk? Tentu saja. Bagi Anda yang memiliki imajinasi berlebih pasti akan merasakan takut yang berlebih pula setelah mengalami mimpi buruk. Nah, imajinasi yang terus muncul ini akan memengaruhi konsentrasi Anda saat bekerja.

Lantas bagaimana caranya agar setelah terbangun dari tidur itu imajinasi kita tidak terus menerus memanggil memori mimpi buruk? Nah, berikut tips-tips menghilangkan memori mimpi buruk.

1. Berdoa

Berdoa adalah cara paling manjur untuk menghilangkan memori mimpi buruk. Mintalah pada Tuhan untuk segera menghapus ingatan mimpi buruk itu dari kepala Anda. Niscaya Tuhan akan mengabulkan permintaan Anda.

2. Menonton

Salah satu kesalahan orang yang baru saja mengalami mimpi buruk adalah berdiam diri. Ketika Anda berdiam diri maka ingatan mimpi buruk itu akan terus bersarang di kepala Anda bahkan akan semakin kuat. Nah, salah satu cara agar imajinasi Anda berhenti memanggil ingatan mimpi buruk adalah dengan menonton video, film ataupun televisi. Menonton televisi ternyata dapat mengendalikan imajinasi Anda secara tidak sadar. Otak Anda akan diajak untuk berimajinasi sesuai dengan apa yang Anda saksikan. Tapi ingat, jangan menonton film horor. Bisa-bisa malah rasa takut Anda semakin tinggi.

3. Mendengarkan Musik

Cara berikutnya agar imajinasi Anda berhenti memanggil ingatan mimpi buruk adalah dengan cara mendengarkan musik. Ingat, musik yang saya maksud di sini bukanlah musik-musik seram dan bertempo lambat, tetapi justru musik-musik semacam rock atau pop yang dapat menghilangkan rasa takut Anda.

4. Bersosialisasi

Jika ketika Anda terbangun ternyata sudah ada orang yang bangun lebih awal daripada Anda, maka ajaklah orang itu bicara. Ajak ia bicara tentang apa saja. Berbicara dan mendengarkan pembicaraan orang lain juga dapat membuat Anda berhenti berimajinasi tentang mimpi buruk yang baru saja Anda alami.

5. Lihat Warna Cerah

Cara lain untuk menghilangkan memori mimpi buruk dari kepala Anda adalah dengan cara melihat warna-warna cerah semacam merah muda, kuning, biru muda, dan masih banyak lagi. Warna-warna cerah ini akan menstimulasi otak Anda agar tetap berpikir positif. Alangkah baiknya jika Anda mengecat dinding kamar tidur Anda dengan warna yang cerah sehingga Anda akan semakin mudah melupakan mimpi buruk saat terbangun.

6. Bernyanyi

Bernyanyi juga dapat menghentikan imajinasi mimpi buruk. Bernyanyilah sesuka hati Anda. Tetapi ingat, tips yang satu ini tidak akan berlaku jika Anda terbangun di tengah malam :)

7. Bermain Game

Tentu saja. Bermain video game dapat mengalihkan imajinasi mimpi buruk Anda menjadi imajinasi permainan dalam video game tersebut. Cobalah!

 

Baik, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips menghilangkan memori mimpi buruk. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Membersihkan Lumut pada Dinding




Mungkin Anda sering merasa terganggu dengan adanya bercak-bercak hijau di dinding yang lembab. Lumut. Ya, Selain tidak enak dipandang, lumut juga bisa membuat dinding keropos sehingga dinding pun rusak.

Beberapa orang ada yang mencoba menggunakan pembersih lumut. Hanya saja masih saja ada orang yang mengeluh bahwa pembersih lumut masih kurang optimal membersihkan dinding.

Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya membersihkan lumut yang menempel pada dinding rumah Anda.

1. Untuk Lumut yang Masih Tipis

Coba Anda perhatikan lumut yang ada pada dinding Anda. Jika lumut itu masih terbilang tipis alias masih sedikit, maka sebaiknya Anda bersihkan dengan air asam. Baik, pertama-tama Anda harus menyiapkan handuk kecil dan cuka. Teteskan cuka pada handuk tersebut sampai handuk itu basah. Lalu gosokkan handuk yang basah tersebut ke dinding. Pada beberapa kasus, lumut-lumut akan lepas dengan sendirinya. Ada yang bilang harus dilakukan sekali saja, ada yang bilang harus dilakukan selama berhari-hari. Semua itu berbeda-beda tergantung tingkat kelembaban udara di sekitar dinding.

2. Untuk Lumut yang Sudah Tebal

Untuk lumut yang sudah tebal, Anda harus menggunakan bata merah. Silakan Anda coba gosokkan bata merah tersebut pada lumut tebal yang menempel di dinding. Saya yakin lumut-lumut yang tebal itu akan berjatuhan dengan sendirinya. Hanya saja masalahnya metode ini dapat merusak cat dinding Anda. Maka dari itu, jika Anda sudah siap untuk mencoba teknik kedua ini, maka Anda harus mengecat ulang ruangan terutama bagian dinding yang catnya rusak karena bergesekan dengan bata merah.

 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini tentang tips menghilangkan lumut pada dinding. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Manfaat Rambut Kaki



"Mas Sayogand, bagaimana caranya menghilangkan rambut pada kaki? Jujur saya terganggu dengan ejekan teman saya ketika melihat rambut kaki saya yang lebat. Terimakasih."

Tadinya saya mau menjawab pertanyaan ini. Tapi setelah membaca kalimat berikutnya, saya malah jadi bingung sendiri, lha memangnya punya rambut kaki yang lebat adalah hal yang memalukan? Saya yakin orang yang menertawakan lebatnya bulu kaki Anda adalah orang yang tidak mengerti kesehatan.

Dalam dunia kesehatan, rambut kaki dianggap cukup bermanfaat. Memang manfaatnya tidak terlalu banyak, namun tetap saja berpengaruh pada kesehatan Anda. Apa sajakah manfaat dari rambut kaki?

1. Sebagai Indra Peraba Sensitif

Jika ada banyak rambut pada bulu kaki Anda, maka Anda harus bersyukur karena itu berarti kaki Anda bersih dari kutu. Mengapa? Sebenarnya rambut pada kaki dapat menambah sensitivitas kulit, sehingga ketika ada kutu yang bersarang di kaki yang penuh rambut maka kaki orang tersebut akan terasa gatal. Dan ketika digaruk maka kutu itu akan jatuh. Berbeda dengan orang yang kakinya tidak berambut. Orang yang kakinya tidak berambut maka sensitivitas kulitnya biasa saja. Dengan begitu ketika ada kutu maka orang itu tidak akan merasakan apa-apa. Akibatnya banyak kutu yang bersarang di kaki seseorang yang tidak berambut.

2. Penghangat Kulit

"Mas Sayogand, apa gunanya rambut di kulit manusia zaman sekarang? Kalau zaman dulu kan fungsinya untuk menghangatkan tubuh, lha kalau zaman sekarang kan sudah ada pakaian."

Pertanyaan yang satu ini bisa dikatakan "Satu topik" dengan pertanyaan tentang rambut pada kaki.
Selain sebagai penambah sensitivitas kulit, rambut pada kaki dan bagian tubuh lainnya juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Hangatnya tubuh Anda dapat membantu pelebaran pembuluh darah. Melebarnya pembuluh darah membuat asupan oksigen ke setiap organ tubuh (termasuk otak) menjadi semakin optimal. Meningkatnya kadar oksigen dalam otak dapat meningkatkan konsentrasi Anda.

 

Jadi, sebenarnya rambut pada kaki itu bukanlah parasit. Anda boleh mencukurnya ataupun tidak. Jika sudah terlampau tebal hingga tidak sedap dipandang maka silakan Anda cukur rambut kaki Anda. Namun saran saya, jangan terlalu sering mencukur rambut kaki. Karena semakin sering Anda mencukur rambut kaki Anda, itu artinya semakin cepat pula rambut kaki Anda tumbuh lagi.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menjadi Orang yang Bijaksana



Anda pasti pernah bertemu dengan orang yang bijaksana entah itu dalam bersosial maupun dalam memimpin. Saya yakin Anda pasti kagum pada orang semacam itu. Ya, hampir semua orang mengaku kagum kagum pada orang-orang yang mampu bersosial dengan baik dan dianggap bijaksana oleh banyak orang.

Tapi saya rasa tidak baik rasanya mengagumi orang hebat tanpa meneladaninya. Ok, mungkin kendala paling utama yang akan Anda temui adalah "Bagaimana caranya menjadi sosok yang bijaksana?"

Nah, pada artikel singkat kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya menjadi sosok yang bijaksana.

1. Jangan Egois

Belajarlah untuk tenangkan diri Anda setiap saat. Jangan bersikeras ingin selalu menjadi yang terbaik. Meskipun Anda berada di jalan yang benar, toh tidak ada salahnya sekali-kali Anda mengalah kepada orang lain.

2. Jangan Jadi Pemarah

Bagaimana Anda bisa dikagumi jika Anda selalu marah-marah? Belajarlah untuk mengontrol emosi Anda. Ingat, orang bijaksana adalah orang yang tahu kapan harus marah, sedih, dan bahagia.

3. Berpikir Panjang

Orang bijaksana tak akan pernah berpikir secara dangkal. Bila Anda hendak mengambil sebuah keputusan, pikirkanlah secara mendalam tentang apa yang akan terjadi, apa yang akan Anda dapatkan, dan apa yang harus Anda tanggung di masa depan. Dengan begitu, niscaya Anda tidak akan pernah membuang-buang waktu Anda.

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang bijaksana, maka jadilah pendengar yang baik. Dengarkanlah ucapan orang lain baik itu salah maupun benar. Jika perkataan lawan bicara Anda itu salah, maka beritahu dan ingatkan secara halus. Jika lawan bicara Anda tetap merasa perkataannya yang paling benar, maka Anda harus ingat poin nomor 2 : Mengalahlah dan tetap tersenyum.

5. Tingkatkan Wawasan

Ini sudah pasti. Orang yang berwawasan luas pasti memiliki pola pikir yang mendalam. Orang yang berwawasan luas lebih kuat menghadapi berbagai masalah yang ada di depan matanya. Orang yang berwawasan luas juga tahu kapan harus marah, sedih, dan bahagia. Jadi, orang yang memperluas wawasannya itu sama saja dengan orang yang meningkatkan kebijaksanaannya.

 

Baik, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini tentang tips menjadi pribadi yang bijaksana, semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Kondisi Tidur yang Bisa Jadi Pertanda Penyakit





Siapa bilang kondisi tidur semua orang sama? Kenyataannya memang semua orang memiliki kondisi tidur yang berbeda-beda. Kondisi tidur seseorang dipengaruhi oleh aktivitas, keadaan ruangan, usia, dan makanan. Jika kondisi tidur Anda kurang baik, alangkah baiknya Anda mulai memperbaiki gaya hidup Anda.

Kondisi tidur yang buruk juga ternyata bisa jadi pertanda penyakit serius yang ada di dalam tubuh Anda. Kondisi tidur yang seperti apakah yang dapat dikatakan buruk?

1. Insomnia

Mungkin Anda pernah mengalami insomnia. Insomnia adalah suatu keadaan dimana Anda sedang tertidur lalu tiba-tiba terbangun di tengah malam karena ada suatu hal yang mengganggu tidur Anda. Bisa jadi karena suara yang mengejutkan, ingin buang air kecil, dan masih banyak lagi. Namun tahukah Anda bahwa orang yang mengalami insomnia tanpa alasan dapat menjadi indikator terganggunya kesehatan? Orang yang mendadak terbangun tanpa ada alasan apapun bisa jadi pertanda adanya gangguan pada otak, dimana otak mengalami kesulitan untuk rileks. Jika Anda mengalami insomnia selama berbulan-bulan tanpa ada alasan yang jelas, alangkah baiknya Anda periksa kesehatan Anda ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

2. Gelisah

Anda pernah melihat bagaimana kondisi tidur orang gelisah? Ya, kaki, tangan, dan seluruh anggota tubuhnya terus menerus bergerak saat tidur. Ingin mengetes apakah tidur Anda gelisah apa tidak? Mudah saja, silakan Anda taruh banyak benda di sekeliling Anda sebelum tidur. Ketika terbangun, perhatikanlah benda-benda tersebut. Apakah benda-benda tersebut kini sudah terjatuh ke lantai? Jika "ya", maka dapat dipastikan kondisi tidur Anda gelisah. Penyebab tidur gelisah adalah antara lain kurang relaksasi dan terlalu banyak olahraga sehingga otot-otot di tubuh Anda sulit untuk melakukan relaksasi.

3. Mendengkur

Mendengkur bisa jadi pertanda adanya gangguan pada saluran pernapasan Anda. Mendengkur dapat berakibat buruk jika tidak segera ditangani. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

4. Tidur Miring

Posisi tidur yang miring sebenarnya tidak baik jika dilakukan selama berjam-jam. Tidur miring dapat mengganggu pertumbuhan tulang Anda. Selain itu juga ternyata tidur miring dapat menjadi indikator adanya gangguan pada pernapasan.

5. Mengigau

Mengigau atau berbicara saat tidur juga dapat menjadi indikator penyakit yang bersarang di tubuh Anda. Banyak orang berkata bahwa orang mengigau itu biasa, asal suhu tubuhnya tidak panas. Saya kurang setuju. Toh bisa saja orang itu memang sakit tapi suhu tubuhnya tidak jauh dari suhu normal.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Cara-Cara yang Salah untuk Menunjukkan Kebencian





Agama mengajarkan kepada umat manusia agar tidak saling membenci. Tapi anehnya masih banyak orang yang membenci orang lain. Entah itu karena masalah harta, perilaku, dan masih banyak lagi. Bagi saya hal itu wajar saja, mengingat manusia itu bukanlah mahluk yang sempurna.

Namun ada yang janggal. Saya perhatikan, banyak orang yang menunjukkan kebencian mereka kepada orang lain dengan cara yang salah. Nah, berikut beberapa cara menunjukkan kebencian yang salah.

1. Berbohong

Bagaimanapun ceritanya, berbohong itu salah. Apalagi jika kebohongan itu mengarah kepada keburukan. Memang, terkadang ada rasa senang yang timbul jika Anda berhasil membohongi orang yang Anda benci. Tapi ingat, jika Anda ingin menjadi individu yang bijaksana, maka belajarlah untuk mengontrol emosi Anda. Tetap tenang dan jujurlah!

2. Membully


Anda tahu bully? Di Indonesia, kata bully lebih dikenal sebagai premanisme. Apakah Anda pernah membully orang yang Anda benci? Bully tidak hanya identik dengan kekerasan. Menurut saya korupsi dan pemungutan liar juga termasuk bully. Apakah Anda pernah membully orang yang Anda benci? Saya yakin dalam seumur hidup Anda setidaknya Anda pernah membully orang yang Anda benci sebanyak satu kali.

3. Kekerasan

Kekerasan atau violence juga merupakan cara melampiaskan kebencian yang salah. Kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Anda dan orang yang Anda benci tidak akan pernah menemukan titik temu agar dapat akur. Jadi, jika Anda membenci seseorang, jangan tunjukkan kebencian Anda dengan kekerasan. Itu adalah tindakan bodoh.

4. Mendoakan yang Tidak Baik

Saya juga pernah melihat seseorang yang selalu mendoakan orang yang dibencinya dengan doa-doa yang tidak baik. Saya sangat tidak setuju dengan kelakuan semacam itu. Meskipun Anda membenci seseorang, maka Anda harus tetap memberikan doa yang terbaik bagi orang itu. Niscaya Tuhan akan membalas kebaikan Anda.

 

Jadi, bagi Anda para Sahabat Inspiratif yang kini tengah membenci seseorang, mulailah berkata dalam diri Anda sendiri : "Saya terlalu sibuk mencintai orang yang saya cintai, maka saya tidak punya waktu untuk membenci orang yang saya benci."

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Last Child - Diary Depresiku



Malam ini hujan turun lagi
Bersama kenangan yang mungkin luka di hati
Luka yang harusnya dapat terobati
Yang ku harap tiada pernah terjadi

Ku ingat saat ayah pergi dan kami mulai kelaparan
Hal yang biasa buat aku hidup di jalanan
Di saat ku belum mengerti arti sebuah perceraian
Yang hancurkan semua hal indah
Yang dulu pernah aku miliki


Reff:
 

Wajar bila saat ini ku iri pada kalian
Yang hidup bahagia berkat suasana indah di dalam rumah
Hal yang selalu aku bandingkan dengan hidupku yang kelam
Tiada harga diri agar hidupku terus bertahan


Mungkin sejenak dapat aku lupakan
Dengan minuman keras yang saat ini ku genggam
Atau menggoreskan kaca di lenganku
Apapun kan ku lakukan, ku ingin lupakan


Namun bila ku mulai sadar dari sisa mabuk semalam
Perihnya luka ini semakin dalam ku rasakan
Di saat ku telah mengerti betapa indah dicintai
Hal yang tak pernah ku dapatkan
Sejak aku hidup di jalanan


[Back to reff]

Tiada harga diri agar hidupku terus bertahan
Tiada harga diri agar hidupku terus bertahan



baca selengkapnya...

Lirik Lagu Spongebob Squarepants - Ripped Pants


When big larry came around just to put him down
Spongebob turned into a clown
And no one ever wants to dance
With a fool who went and ripped his pants

I know I souldn't mope round I souldn't curse
But the pain feels so much worse
'Cause windin' up with no one is a lot less fun
Than a burn from the sun or sand in your buns

Now I learned a lesson I won't soon forget
So listen and you won't regret
Be true to yourself don't miss your chance
And you won't end up like the fool who ripped
his pants

baca selengkapnya...

Kelebihan dan Kekurangan Kotak Komentar Disqus



Ada seorang Sahabat Inspiratif yang bertanya pada saya,

"Bang Yoga, tau kelebihan dan kekurangan pake kotak komentar 'disqus' ga? Makasih."

Terimakasih atas pertanyaannya. Sekarang akan saya jawab.

Mungkin Anda juga menyadari, blog Sumber Inspirasi ini sudah sangat sering saya utak-atik HTML-nya. Jadi kotak komentar di blog Sumber Inspirasi sedikit terganggu, yakni tidak adanya fitur 'balas' komentar. Sempat terpikir untuk memasang kotak komentar Disquss, tapi ternyata banyak hal yang harus saya pertimbangkan.

Baik, sebelum mengenal Disqus lebih dalam, alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan aplikasi web yang satu ini.

Disqus adalah salah satu situs yang menyediakan kode untuk dipasang di blog Anda. Nantinya kode itu akan berubah menjadi kotak komentar yang ciamik dengan fitur yang cukup melimpah. Cukup menarik, tapi sebelum mencoba alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan jika Anda memasang kotak komentar Disqus di blog Anda.

Kelebihan :
  • Kotak komentar Disqus memiliki tampilan yang menarik. Dengan begitu semakin banyak pengunjung blog Anda yang ingin berkomentar.
  • Dengan kotak komentar Disqus, Anda bisa berkomentar menggunakan akun jejaring sosial Anda.
  • Kotak komentar Disqus memiliki fitur 'like' dan 'dislike'. Kedua tombol itu berguna untuk menilai suatu komentar. Dengan begitu visitor blog Anda akan berlomba-lomba menulis komentar yang berkualitas. Selain itu, fitur ini juga membuat pengunjung blog Anda betah berlama-lama memandani kotak komentar.
Kekurangan :
  • Memasang kotak komentar Disqus di blog dapat membuat loading blog Anda semakin lama. Pada pasalnya, kotak komentar disqus memiliki beban tersendiri yang akan menambah beban blog Anda. Jadi, tidak sedikit pengunjung blog Anda yang akan 'lari' ke blog lain karena koneksi internet mereka tidak cukup kuat untuk membuka blog Anda.

Ya, kekurangannya memang hanya satu, tapi cukup vital bagi sebagian blogger. Jadi, apakah Anda akan memasang kotak komentar Disqus di blog Anda? Semua itu terserah Anda, yang penting bijaksanalah dalam mengelola sebuah blog. Jangan sampai pengunjung blog Anda meninggalkan kesan tidak nyaman dengan blog Anda. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

5 Tips Alami Redakan Batuk


Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menulis artikel tentang tips alami meredakan flu. Nah, untuk kali ini saya akan membahas tentang tips alami meredakan batuk.

Bagi sebagian orang, batuk menjadi pengganggu aktivitas. Maka tak jarang orang yang sedang sakit batuk produktivitasnya turun. Maka dari itu, sekarang saya akan membahas tentang bagaimana caranya mengobati batuk tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang mengandung zat kimia.

1. Gunakan Masker

Gunakan masker setiap saat. Partikel-partikel debu halus yang berterbangan di udara dapat mengganggu tenggorokan Anda. Selain itu, penggunaan masker juga berfungsi agar virus-virus pada tubuh Anda tidak menular ke orang-orang yang ada di sekitar Anda.

2. Banyak Minum Air Hangat

Meneguk air hangat dapat membersihkan faring dan saluran pernapasan Anda. Selain itu, meneguk air hangat juga berfungsi untuk menghangatkan saluran tenggorokan Anda. Maka dari itu, meski tidak haus, Anda harus tetap minum air hangat.

3. Konsumsi Madu

Hampir sama seperti air hangat, mengonsumsi madu dapat membantu menghangatkan tenggorokan Anda. Selain itu madu juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Dengan meningkatnya kualitas tidur Anda, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk sembuh.

4. Konsumsi Buah-buahan

Jangan lupa untuk terus mengonsumsi buah-buahan terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C. Salah satu ciri-ciri buah yang mengandung vitamin C adalah rasanya masam.

5. Gunakan Penghangat

Jika cuaca dingin, jangan lupa gunakan penghangat seperti jaket atau shal. Pada suhu lingkungan yang rendah, Anda harus tetap menjaga agar tenggorokan Anda tetap hangat. Menghangatkan tubuh dapat menghambat perkembangan virus di tubuh Anda.

 

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

6 Tips Beradaptasi dengan Sekolah Baru






Sekolah baru bisa jadi sesuatu yang ditunggu, bisa jadi sesuatu yang ditakuti. Ya, memang bagi sebagian orang, sekolah baru adalah hal baru. Bagi mereka sekolah baru adalah pemandangan baru yang menyenangkan. Tapi di samping itu ternyata ada juga orang yang berkata bahwa sekolah baru adalah hal yang menakutkan. Entah itu lingkungan baru yang tidak senyaman sekolah lama, entah itu para senior yang kejam, entah itu peraturan baru yang harus dipatuhi, dan masih banyak lagi. Menurut saya, kedua pendapat itu sama benarnya. Namun tetap saja semuanya bergantung pada individu itu sendiri.


Bagi Anda yang memiliki teman di sekolah baru mungkin proses adaptasi akan menjadi lebih mudah. Namun bagaimana jadinya bila Anda tidak punya teman di sana sama sekali? Apa yang harus dilakukan agar orang-orang di sekolah baru bisa menerima Anda?

Nah, berikut tips-tips beradaptasi di sekolah baru a la sayogand.

1. Jadilah Pribadi yang Ramah

Jangan pernah memasang wajah kesal di sekolah baru. Sekolah baru adalah hal baru bagi Anda. Itu artinya Anda bisa menemukan hal baru entah itu hal positif maupun negatif. Jadikan hal itu sebagai pemandangan baru yang menyenangkan. Meskipun suasananya sangat tidak nyaman, tetaplah menjadi pribadi yang terlihat bahagia. Dengan begitu biasanya orang-orang di sekolah baru akan menganggap Anda sebagai pribadi yang menyenangkan dan ramah.

2. Banyak Senyum

Saling melempar senyum bisa jadi salah satu cara membina persahabatan. Jika Anda benar-benar tidak memiliki kenalan di sekolah baru, maka lemparlah senyum pada siapapun yang melihat wajah Anda. Niscaya orang-orang di sekolah baru Anda akan menyukai Anda.

3. Sapalah!

Jangan berdiam diri di sudut kelas sembari melamun. Jangan pernah menunggu orang lain menyapa Anda. Seharusnya Andalah yang menyapa mereka terlebih dahulu. Bangkit dan sapalah teman-teman sekelas Anda. Ajak mereka bicara dengan topik apapun. Meski topiknya tidak seru, tetaplah mengajaknya bicara.

4. Jaga Penampilan

Sebelum berangkat ke sekolah baru, alangkah baiknya Anda berkaca terlebih dahulu. Sudah pantaskah Anda menjadi murid baru yang bisa diterima orang-orang di sana? Sudah rapikah penampilan Anda? Jika belum maka perbaiki penampilan Anda. Biasanya orang yang berpenampilan rapi akan lebih mudah mendapatkan teman baru.

5. Kenali Karakteristik Orang-Orang di Sekolah Baru

Cobalah untuk mengenali karakteristik lawan bicara Anda. Jika lawan bicara Anda lembut, maka Anda pun harus bicara dengan lembut. Menyamakan karakteristik dengan lawan bicara biasanya akan membuat lawan bicara semakin nyaman dengan kita.

6. Jangan Sombong

Menurut pengalaman saya, banyak sekali murid-murid baru yang mengeluarkan kesombongannya di hari pertama orang itu masuk sekolah. Entah itu menyombongkan kemampuannya berhitung, kemampuannya menghafal cepat, dan lain-lain. Saya sarankan Anda untuk tidak seperti itu. Kenapa? Ya, bagaimanapun ceritanya, pribadi yang sombong akan sulit mendapatkan teman. Meskipun Anda handal dalam suatu pelajaran, cobalah untuk tenangkan diri dan merendah. Niscaya orang-orang di sekolah baru akan semakin menyukai Anda.

 

Baiklah, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips-tips beradaptasi dengan sekolah baru. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.