Cara Me-rename Banyak File di Windows


"Bang Sayogand, gimana caranya ngerename file yang banyak tapi tanpa software tambahan? Trims.."

Pertanyaan semacam ini sering dilontarkan beberapa teman saya, hanya saja jawaban saya selalu sama, "Pakai saja aplikasi A atau aplikasi B.". Dan ini adalah pertama kalinya saya mendapat pertanyaan bagaimana cara me-rename banyak file tanpa menggunakan aplikasi apapun alias langsung di Windowsnya.

Tapi akhirnya saya tahu bagaimana cara me-rename banyak file tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Ternyata caranya cukup mudah.

1. Sorot file-file yang akan Anda rename tersebut. Jika file-file tersebut berbeda ekstensinya, maka pisahkan. Misalkan sorot yang berekstensi .JPEG dulu, setelah file yang berekstensi .JPEG di-rename barulah rename file yang berekstensi lain semacam .docx atau yang lainnya.


2. Setelah disorot, tekan tombol F2 pada keyboard.

3. Ketikkan nama file yang akan Anda rename tersebut. Misalkan saja Anda ingin me-rename kumpulan file tersebut menjadi Sayogand de`Radeons (1), Sayogand de`Radeons (2), Sayogand de`Radeons(3), dan seterusnya, maka Anda tinggal mengetikkan " Sayogand de`Radeons" ( Tanpa tanda kutip ).

4. Tekan Enter

5. Setelah itu mungkin akan muncul jendela baru yang menanyakan apakah Anda akan me-rename semua dengan nama yang sama. Anda tinggal klik tombol 'Yes'.

 
6. Selesai. Kini kumpulan file tersebut sudah berhasil di-rename dengan nama yang sama tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Dampak Negatif Mengkonsumsi Mi Instan



Mi instan adalah makanan yang sudah menjadi makanan pengganti jika tak ada makanan sama sekali. Tentu saja karena mie instan mengandung karbohidrat yang bisa menjadi makanan pengganjal perut alias makanan pengganti makanan pokok. Biasanya anak kost-lah yang sering mengkonsumsi makanan pengganjal perut ini. Tentu karena harganya yang murah dan rasanya yang nikmat.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya terlalu sering mengkonsumsi makanan semacam mi instan dapat memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan? Mulai dari mie-nya sampai bumbunya, semua itu berisiko merusak organ-organ tubuh Anda jika terlalu sering dikonsumsi. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang akan Anda terima jika terlalu sering mengkonsumsi mi instan.

1. Malnutrisi

Anda mungkin pernah merasa kesal dengan gambar depan bungkus mie yang mengilustrasikan mi instan yang sangat lezat dengan tambahan ayam atau sayur-sayuran. Apakah Anda mengerti apa maksud dari gambar ilustrasi tersebut? Bukan, sang produsen bukan ingin menipu Anda. Sebenarnya produsen mencoba menyarankan konsumen untuk menambahkan sayuran atau daging ke mi instan yang sudah jadi. Apa tujuannya?

Seperti yang kita tahu, mi instan hanya berperan sebagai makanan pengganjal perut. Itu artinya, mi instan hanya mengandung karbohidrat dan lemak. Hanya itu. Kadar protein, vitamin, dan nutrisi yang lainnya sangatlah sedikit. Oleh karena itu, agar Anda tidak mengalami malnutrisi maka Anda harus menambahkan sayur-sayuran atau daging pada mi instan yang sudah jadi.

2. Obesitas

Mi instan memiliki kandungan protein dan nutrisi yang sedikit namun memiliki kadar lemak dan karbohidrat yang banyak. Ya, maka dari itu mi instan sering disebut-sebut sebagai makanan pengganjal perut. Namun sayangnya kadar lemak yang tinggi itu dapat memicu terjadinya penggemukan tubuh secara berlebih. Saya sarankan batasi konsumsi mi instan jika Anda tak ingin mengalami obesitas.

3. Kegagalan Janin

Bagi Anda yang sedang hamil, saya sarankan hentikan konsumsi mi instan karena ternyata zat pengawet ( MSG ) yang terdapat dalam bumbu mi instan dapat memicu terjadinya keguguran atau gagalnya janin.

4. Kanker

Saya yakin Anda sudah tahu bahwa bumbu dari mi instan mengandung penguat rasa yang bernama MSG. Dan saya juga yakin Anda sudah tahu bahwa MSG bersifat karsinogenik alias memicu timbulnya sel kanker. Maka dari itu, berhati-hatilah.

5. Gangguan Metabolisme

Saya juga baru tahu bahwa ternyata zat pengawet dan pewarna yang terkandung dalam mi instan dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan Anda. Antara lain gangguan pada otot dinding usus, dan masih banyak lagi.

 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai dampak negatif dari mengkonsumsi mi instan. Semoga menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Manfaat Merapikan Kamar



Sewaktu kecil saya sering merasa kesal pada orang tua saya karena sering memarahi saya ketika kamar saya dalam keadaan penuh dengan barang-barang. Beliau berkata bahwa kamar yang rapi mencerminkan kepribadian pemiliknya. Saya hanya bisa mengangkat alis, 'Benarkah? Bukankah yang mencerminkan kepribadian seseorang adalah tulisannya?'

Pertanyaan itu masih tersimpan di kepala saya hingga saya memasuki jenjang pertengahan remaja. Saya semakin penasaran dengan teori konyol itu. Akhirnya saya putuskan untuk merapikan kamar tidur saya setiap hari. Saya ingin tahu apakah kepribadian saya akan berubah seiring dengan semakin rapinya kamar saya?

Ternyata tidak. Memang, teori itu hanyalah karangan orang tua agar anaknya mau merapikan kamarnya. Tidak akan ada perubahan sikap pada Anda meski Anda menjaga kerapihan kamar tidur Anda. Namun ternyata ada manfaat yang saya rasakan di balik rapinya kamar. Apa sajakah manfaat itu?

1. Enak Dipandang

Ternyata kamar yang tertata rapi lebih sedap dipandang daripada kamar yang ruwet dan penuh dengan barang-barang. Tidak percaya? Cobalah!

2. Memperluas Ruang Gerak

Semakin banyak benda yang berserakan di lantai, maka semakin sulit Anda bergerak kesana kemari. Dengan merapikan barang-barang tersebut setidaknya dapat memperluas ruang gerak Anda sehingga Anda lebih mudah untuk bergerak kesana-kemari tanpa harus khawatir menginjak sesuatu.

3. Sehat

Secara tidak sadar, ketika Anda merapikan kamar Anda juga membersihkannya. Tidak hanya pada barang-barang tetapi juga pada furniture yang ada di kamar pribadi Anda. Jika kamar Anda bersih dan bebas dari debu, maka udara dalam kamar pun akan bersih. Jika udara dalam kamar bersih, maka tubuh Anda akan sehat. Itu artinya, merapikan kamar sama saja dengan menjaga kesehatan Anda sendiri.

4. Me-refresh Otak

Keadaan kamar yang tertata rapi dan tidak semrawut akan membuat otak Anda tidak mudah penat. Hal ini tentu bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja otak Anda.

5. Terlihat Luas

Punya kamar yang terbilang sempit? Merasa tidak betah dengan ruangan seperti itu? Saya sarankan rapikan kamar Anda dan tata ulang agar lebih rapi. Niscaya ruangan kamar pribadi Anda akan terlihat lebih luas dan enak ditempati.

 

Jadi, apa masih ada alasan untuk tidak merapikan kamar?
baca selengkapnya...

Pertolongan Pertama Pada Orang yang Mimisan



Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang berada di dekat hidung. Pecahnya pembuluh darah tersebut dapat disebabkan karena posisi tubuh yang salah, berada di lingkungan panas, dan masih banyak lagi.

Mimisan sangat berbeda dengan lendir yang keluar saat Anda flu. Saat mimisan Anda tidak boleh melecit darah ke dalam hidung. Dan Anda juga tidak boleh berada di tempat yang suhunya tinggi.

Nah, lantas bagaimana caranya memberikan pertolongan kepada orang yang sedang mimisan?

1. Bawa ke Lokasi yang Lebih Teduh / Sejuk

Ketika berada di lingkungan yang panas, pembuluh darah manusia secara otomatis akan melebar untuk mempertahankan suhu tubuh ke suhu normal. Nah, ketika mimisan, pembuluh darah di sekitar hidung Anda sedang dalam keadaan berlubang. Itu sebabnya ketika menemukan orang yang mimisan maka Anda harus segera membawanya ke tempat yang teduh / sejuk.

2. Tekan Hidung

Pertolongan paling pertama yang harus Anda lakukan adalah memerintah kepada korban untuk bernapas menggunakan mulut sedangkan tangan Anda menekan hidung korban sampai darah berhenti mengalir.

3. Gunakan Air Dingin

Rendamlah sebuah handuk pada air yang bersuhu dingin, lalu tempelkan pada hidung bagian atas. Tujuannya adalah untuk mempersempit pembuluh darah yang ada di sekitar hidung sehingga membantu menghentikan aliran darah yang keluar lewat hidung.

4. Bawa ke Dokter

Jika hidung korban masih saja mengeluarkan darah, saya sarankan segera bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Alami Redakan Sinusitis



Sinusitis adalah penyakit yang berupa peradangan yang terjadi pada sinus. Sinus terletak di bagian pipi kanan dan pipi kiri hidung. Biasanya para penderita sinusitis ini merasakan sulit konsentrasi karena hidungnya sering terasa gatal dan sering bersin. Penyakit ini menyebabkan turunnya kualitas hidup seseorang.

Banyak orang berkata bahwa sinusitis tidak bisa diobati. Ya, itu benar. Sangat jarang ada orang yang berhasil menyembuhkan penyakit sinusitisnya. Oleh karena itu, satu-satunya hal yang dapat dilakukan penderita sinusitis adalah mengurangi rasa gatal pada hidung dan mencegah sinusitis mereka kambuh.

Berikut beberapa cara mengurangi rasa gatal pada hidung bagi penderita sinusitis.

1. Konsumsi Madu

Madu sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Sering-sering mengkonsumsi madu dapat menghangatkan tubuh sekaligus mengurangi rasa gatal pada hidung bagi penderita sinusitis. Anda boleh mencampurkan madu pada segelas air hangat, atau boleh juga mencampurkan madu dengan teh hangat. Semua itu tergantung selera Anda.

2. Banyak Minum

Salah satu fakta yang saya ketahui seputar sinus adalah sinus harus dalam keadaan lembab agar tidak terjadi peradangan. Nah, itu berarti Anda harus banyak minum air untuk menjaga kelembaban sinus Anda.

3. Istirahat

Pada saat istirahat, tubuh Anda akan membentuk antibodi lebih banyak. Jadi semakin banyak Anda beristirahat, maka semakin besar kemungkinan rasa gatal di hidung Anda hilang.

4. Gunakan Bantal

Pada saat tidur, para penderita sinusitis biasanya merasakan sesak napas karena rongga hidungnya terganggu. Gunakan bantal untuk meringankan pernapasan Anda. Ya, tapi ini bukan cara mencegah sesak napas bagi penderita sinusitis, ini hanya cara untuk mengurangi kemungkinannya saja.

 

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menghilangkan Rasa Gugup



Presentasi dimulai 5 menit lagi. Anda ditunjuk sebagai pembicara utama yang akan berbicara terus menerus selama lebih dari setengah jam. Kini Anda tengah duduk di belakang layar dengan tangan gemetar ...

Tidak hanya dalam kondisi seperti itu saja. Bertemu dengan orang yang belum pernah bertatap muka sebelumnya atau mungkin tampil di depan kamera sebagai pembicara tentunya akan memicu rasa gugup yang timbul dari dalam diri Anda.

Masalahnya adalah, rasa gugup itu biasanya mengganggu gaya bicara Anda dan ekspresi Anda yang mungkin saja bisa menjadi hal yang memalukan ketika disaksikan banyak orang. Agar rasa gugup itu tidak mengganggu, maka Anda harus mencoba menghilangkan rasa gugup itu sedini mungkin.

Baik langsung saja, berikut beberapa tips menghilangkan rasa gugup a la Sayogand.

1. Senyum

Beberapa psikolog yang pernah saya ajak bicara berkata bahwa senyum adalah salah satu cara merilekskan diri. Memang senyum tidak akan menghilangkan gugup sepenuhnya, tapi setidaknya akan menguranginya.

2. Tarik Nafas

Tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan. Lakukan aktivitas ini berulang-ulang untuk membantu menenangkan detak jantung yang terlalu cepat.

3. Persiapan

Tentu saja. Persiapan yang matang akan menambah kepercayaan diri Anda dan mengurangi rasa gugup Anda. Lakukanlah persiapan sebaik mungkin agar hasilnya maksimal. Manfaatkan waktu yang ada meski sesedikit apapun untuk latihan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan latihan / persiapan :

  • Apa yang akan Anda lakukan
Latihlah apa yang akan Anda lakukan. Ini adalah poin utama yang harus diutamakan pada saat melakukan latihan. Jika sudah lancar, maka silakan lanjutkan ke poin berikutnya.
  • Latihan Improvisasi
Bayangkan bahwa itu bukanlah latihan. Bayangkan ketika Anda tengah presentasi nanti akan ada orang yang menyela pembicaraan Anda. Persiapkan diri apa yang harus Anda lakukan saat itu dan apa yang harus Anda katakan saat itu. Jika poin ini sudah lancar, silakan baca poin berikutnya.
  • Apa hal buruk yang akan terjadi
Pikirkan hal buruk apa yang sekiranya akan terjadi, bagaimana caranya menghindari hal buruk tersebut, dan apa yang akan Anda lakukan jika hal buruk itu benar-benar terjadi. Misalkan saja Anda tidak terbiasa menggunakan alas kaki high heel, Anda berpikir bahwa akan terjadi hal buruk dengan hal itu. Maka berlatihlah menggunakan alas kaki high heel hingga Anda merasa tidak memiliki kendala dengan hal itu.

Dan jangan lupa pikirkan juga apa yang akan Anda lakukan jika ternyata di depan orang banyak Anda terjatuh karena alas kaki itu. Misalkan melemparkan joke pada pendengar, tersenyum dan meminta maaf, dan lain-lain.

 

Baik, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips mengurangi rasa gugup. Mudah-mudahan bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Westlife - Uptown Girl




Uptown girl
She’s been living in her uptown world
I bet she never had a back street guy
I bet her mama never told her why

I’m gonna try for an uptown girl
She’s been living in her white bread world
As long as anyone with hot blood can
And now she’s looking for a downtown man
That’s what I am

And when she knows what
She wants from her time
And when she wakes up
And makes up her mind

She’ll see I’m not so tough
Just because
I’m in love with an uptown girl
You know I’ve seen her in her uptown world
She’s getting tired of her high class toys
And all her presents from her uptown boys
She’s got a choice

Uptown girl
You know I can’t afford to buy her pearls
But maybe someday when my ship comes in
She’ll understand what kind of guy I’ve been
And then I’ll win

And when she’s walking
She’s looking so fine
And when she’s talking
She’ll say that she’s mine

She’ll say I’m not so tough
Just because
I’m in love
With an uptown girl
She’s been living in her white bread world
As long as anyone with hot blood can
And now she’s looking for a downtown man
That’s what I am

Uptown girl
She’s my uptown girl
You know I’m in love
With an uptown girl
My uptown girl
You know I’m in love
With an uptown girl
My uptown girl
You know I’m in love
With an uptown girl
My uptown girl


baca selengkapnya...

Lirik Lagu Fatin Sidqia - Aku Memilih Setia




Ada banyak cara Tuhan menghadirkan cinta
Mungkin engkau adalah salah satunya
Namun engkau datang di saat yang tidak tepat
Cintaku telah dimiliki

Inilah akhirnya harus ku akhiri
Sebelum cintamu semakin dalam
Maafkan diriku memilih setia
Walaupun ku tahu cintamu lebih besar darinya

Maafkanlah diriku tak bisa bersamamu
Walau kusadar tulusnya rasa cintamu
Takkan mungkin untuk membagi cinta tulusku
Dan aku memilih setia

Seribu kali logika untuk menolak
Tapi aku tak bisa bohongi hati kecilku
Bila saja diriku ini masih sendiri
Pasti ku kan memilih ... kan memilih kamu


baca selengkapnya...

Bahaya Makan Sambil Berdiri



Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah memposting tentang bahaya minum sambil berdiri. Ada sebuah respon yang datang dari seorang Sahabat Inspiratif,

"Lha, kalau begitu makan sambil berdiri boleh dong? Kan sering tuh di acara kawinan gak disediain kursi."

Bukan begitu teorinya. Minum dan makan, keduanya sama-sama merupakan aktivitas yang tidak boleh dilakukan sembari berdiri. Tapi memang, alasannya masing-masing berbeda.

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya saya jelaskan dulu beberapa aturan yang harus ditaati pada saat makan :

1. Jangan Makan Sambil Bicara
2. Jangan Makan Sambil Bersandar
3. Jangan Makan Sambil Berdiri

Sekarang saya akan fokus pada poin nomor 3.

Disfungsi pencernaan yang terjadi pada saat minum sambil berdiri dapat Anda baca dengan cara klik di sini. Untuk kali ini saya tidak akan membahas hal yang sama, kali ini saya akan membahas tentang alasan mengapa tidak diperkenankan makan sambil berdiri. Melalui sudut pandang ilmiah tentunya.

Berbeda dengan air, makanan tidak akan dibawa ke ginjal melainkan diproses di lambung dan usus. Ketika Anda berdiri, makanan yang masuk dari rongga mulut akan tersalur ke lambung melalui kerongkongan dengan cepat. Ya, lebih cepat dibanding ketika Anda menelan dalam kondisi duduk. Akibatnya, makanan akan jatuh ke lambung Anda secara kasar. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka akan terjadi luka pada lambung.

Tapi ingat, jika dalam keadaan mendesak, misalnya saja Anda datang ke sebuah acara pernikahan yang kebetulan kursinya sudah penuh. Nah, pada kondisi seperti itu Anda boleh saja makan sambil berdiri. Mengapa? Karena lambung bukanlah benda semacam balon dari karet tipis yang sekali ditusuk benda tajam langsung meletus. Tidak. Lambung mampu menahan jatuhnya makanan dari kerongkongan. Tapi jika terlalu sering, barulah akan terjadi luka pada lambung.

Jadi, Anda boleh saja sesekali makan sambil berdiri. Tapi jika Anda menyayangi organ pencernaan Anda alangkah baiknya hindari makan sambil berdiri. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Arya Wiguna - Demi Tuhan




Subur... lihat muka saya…
Saya tidak takut
Saya tau siapa yang saya takuti siapa

Subur... ini gaya kamu kan…
Kamu punya senjata ini sebagai jawaban kamu subur

Buktikan kawan-kawan,ini senjata kamu kan
Begitu ...

Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...

Subur ...
Waktumu sudah habis
Waktumu sudah habis
Hartamu akan habis
Subur ... subur ... suburr…
Subur subur…
Burr ... burr ... burr ...
Burr ... burr ... burr ... burr ...

Kamu punya senjata ini sebagai jawaban kamu subur

Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...

Itu kan gaya kamu
Itu kan gaya kamu subur ...
Dan semua yang masih membela subur akan habis sehabis-habisnya
Habisnya ... habisnya ... habisnya ... habisnya ...

Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...
Demi Tuhan ...


baca selengkapnya...

Lirik Lagu Jeremi Teti - BBM Campuran




Sodara … sodara
Sodara … sodara
Anda masih bersama saya Jeremy Teti

Sodara … sodara
Sodara … sodara
Anda masih bersama saya Jeremy Teti

Di Bogor … di Bogor
Gor… gor…
Di Bogor … di Bogor
Gor… gor… 

Dari Bogor kita menuju ke Cilegon
Dari Bogor kita menuju ke Cilegon 

Sodara … sodara
Berhati-hatilah mengisi BBM

Sodara … sodara
Berhati-hatilah mengisi BBM 

Agar kendaraan yang anda isi
Agar kendaraan yang anda isi 
Tidak BBM Campuran

baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.